Ini Dia 4 Merek Smartphone 5G Pertama di Dunia

Teknologi 4G tanpa terasa sudah mulai berumur dan kurang mampu lagi menangani kebutuhan konektivitas pengguna di seluruh dunia. Di Indonesia, teknologinya memang baru seumur jagung. Itupun belum tersebar secara merata dan termanfaatkan secara optimal. Tetapi di pasar global, teknologi ini sudah cukup matang dan sudah tiba waktunya untuk menghadirkan teknologi lebih maju.

Menyambut teknologi 5G, sejumlah produsen smartphone tentu tak ingin ketinggalan. Baru saja tahun 2019 dimulai, beberapa vendor utama dunia sudah berlomba-lomba untuk menghadirkan smartphone 5G mereka ke pasaran. Lalu, apa saja 4 merek smartphone 5G pertama di dunia?


Sejauh ini, setidaknya sejumlah produsen top seperti Samsung, Huawei, Xiaomi, dan lain-lain telah ancang-ancang merilis produk yang akan jadi ponsel 5G generasi pertama. Dan mengingat ajang Mobile World Congres (MWC) 2019 juga segera digelar pada bulan Februari ini, informasi lebih lanjut mengenai perangkat-perangkat tersebut sudah mulai tersingkap.
komando.com
Samsung Galaxy S10 X
Nama smartphone 5G dari Samsung yang satu ini memang masih jadi spekulasi. Tetapi yang pasti, perusahaan asal Korea Selatan tersebut disebut-sebut memang sudah punya perangkat 5G yang diprediksi segera dirilis.

Baca juga:

Salah satu kemungkinan nama ponsel 5G dari Samsung itu adalah Galaxy S10 X. Hal itu erat berkaitan dengan momen peluncuran trio Galaxy S10 yang diagendakan pada bulan ini, dengan versi 5G kabarnya akan menyusul bulan Maret depan. Menurut rumor, Galaxy S10 X ini akan dilepas ke pasaran pada 29 Maret di Korea Selatan, dengan wilayah-wilayah lain menyusul setelah itu.

Huawei P30, Mate 30
Huawei sudah berencana memperkenalkan ponsel 5G-nya di ajang MWC 2019. Yang menarik, perangkat itu juga merupakan sebuah ponsel layar lipat. Pada prosesnya perusahaan asal China itu bahkan telah mengumumkan bahwa perangkat ponsel layar lipat 5G tersebut akan diperkenalkan pada tanggal 24 Februari mendatang.

Peluncuran ini ternyata lebih cepat dari rencana Huawei tahun lalu, yakni baru akan merilis ponsel 5G pada Juni 2019. Lebih lanjut, rumor lain yang berkembang menyebutkan bahwa salah satu ponsel yang sudah akan mendukung 5G dari Huawei adalah Huawei P30 atau Huawei Mate 30.


Oppo Find X Pro
Oppo menjadi salah satu perusahaan lain yang juga mengklaim akan punya ponsel 5G pertama. Artinya, itu akan terjadi di awal tahun 2019 dan boleh jadi berkaitan dengan momen MWC mendatang. Sebagai informasi, pada bulan Desember 2018, Oppo setidaknya juga sudah memamerkan prototype ponsel 5G-nya yakni varian baru dari Find X. Sejalan dengan waktu, ada rumor lain yang menyebut bahwa perangkat itu akan dinamakan Oppo Find X Pro.

Honor
Sebagai anak perusahaan atau sub-brand dari Huawei, Honor juga ikut menggarap ponsel 5G. Bahkan sempat terlontar kabar bahwa presiden Honor berambisi agar perusahaannya akan menjadi yang pertama dalam merilis ponsel 5G di tahun 2019 ini. Namun demikian, belum ada informasi lebih lanjut terkait model smartphone 5G yang akan mereka rilis.

Sangat menarik untuk dinantikan maraknya smartphone berteknologi terbaru ke pasaran, khususnya di Indonesia.

Tidak ada komentar