Mau Internetan di Smartphone Tanpa SIM Card dan WiFi, Bisa!

Ada produk yang sangat menarik dirilis ke pasaran Indonesia baru-baru ini. Sebuah smartphone, malah ada dua tipe yang baru saja diperkenalkan, bisa terhubung ke Internet tanpa menggunakan SIM card ataupun memanfaatkan jaringan WiFi yang ada di sekitar. Kok bisa?

Adalah Tommy 3 dan Tommy 3 Plus, smartphone terbaru yang mendukung internetan tanpa SIM card tersebut. Kedua smartphone besutan Wiko di atas memanfaatkan fitur virtual SIM card di dalam smartphone untuk terhubung ke dunia luar.


Sebagai gambaran, berbeda dengan e-SIM, virtual SIM card ini berbentuk software. Ia memanfaatkan aplikasi yang secara default terinstalasikan di kedua smartphone itu. Namanya adalah Skyroam SIMO, aplikasi yang memungkinkan Wiko Tommy 3 series terhubung ke Internet.


Yang menarik, aplikasi ini tidak dapat di-download secara bebas oleh seluruh pengguna smartphone. Hanya beberapa tipe smartphone saja yang didukung oleh SIMO dan tampaknya di Indonesia ini baru tersedia secara eksklusif di Tommy 3 series.

Baca juga:

Cara penggunaannya, begitu menekan tombol koneksi, aplikasi SIMO akan mencari jaringan 4G terbaik yang terdekat di posisi pengguna, apapun operatornya dan memanfaatkan jaringan tersebut untuk terhubung ke Internet. Yang lebih menarik, layanan tersebut tidak hanya berlaku di Indonesia, tapi di 130 negara lain di seluruh dunia.

Artinya, di manapun pengguna berada, ia tidak perlu menghubungkan ke jaringan WiFi ataupun memasang SIM card di smartphone untuk dapat menjelajah Internet. Asalkan ada BTS dan jaringan operator apapun, ia bisa tersambung.

Meski demikian, tentunya ada batasan untuk memanfaatkan fasilitas gratis internetan via jaringan operator apapun di seluruh dunia tersebut. Para pengguna Wiko Tommy 3 series akan mendapatkan kuota gratis selama 6 bulan sebesar 1GB per bulan. Jika habis, pengguna bisa membeli kuota sebesar Rp12 ribu per 1GB.


Tarif tersebut berlaku di Indonesia. Jika dibawa ke luar negeri, paket global yang ditawarkan harganya mulai dari Rp136 ribu dan bisa dibeli dengan kartu kredit atau Paypal. Ke depan, rencananya Wiko akan menggandeng vendor e-money untuk urusan pembayaran internet bebas operator tersebut.

Tidak ada komentar