CloudX, Aplikasi Telekonferensi Alternatif Zoom Meetings dari Telkomsel

Zoom Meetings lagi-lagi digunakan sebagai prasarana kepentingan meeting online pemerintahan di tengah kebijakan work from home (WFH) akibat wabah corona. Sejumlah lembaga pemerintah pun memanfaatkan aplikasi tersebut untuk diskusi atau rapat jarak jauh.

Meski demikian, tak sedikit pula mereka yang menilai bahwa aplikasi bikinan perusahaan Amerika Serikat itu bisa mengancam privasi dan keamanan penggunanya. Menkominfo Johnny G. Plate pun menyadari hal tersebut dan mengatakan bahwa pihaknya tengah mempelajari beberapa model aplikasi virtual meeting serupa, agar nantinya ada aplikasi Zoom ala Kominfo.


Berita baiknya, Kominfo juga sedang menjajaki bagaimana untuk membangun sistem (virtual meeting) itu, sehingga keamanan dan kerahasiaan rapat-rapat negara dapat terjaga dengan baik. Kendati demikian, masih belum jelas kapan akan diluncurkanya program tersebut.


Nantinya, Kominfo akan memberikan update untuk menindaklanjuti rencana tersebut. Untuk saat ini, mereka telah mengungkapkan dan menambahkan bahwa pemerintah juga sudah mempunyai model aplikasi virtual meeting alternatif yang dibuat oleh Telkomsel.

Meski tidak disebutkan, aplikasi semacam itu kemungkinan adalah platform bernama CloudX. Aplikasi CloudX sendiri bisa diunduh dan diakses di beragam platform, mencakup Android, iOS, Windows, serta MacOS.


Baca Juga:

CloudX juga memberikan bebas biaya berlangganan CloudX Meeting selama 1 (satu) bulan. Selain itu, layanan solusi bisnis korporasi dari Telkomsel ini juga membebaskan kuota akses data CloudX Meeting hingga 60 GB untuk host meeting, dan 30 GB untuk peserta meeting.

Hal ini di usung Telkomsel untuk mengupayakan aktivitas pelanggan dapat terus berjalan dengan efektif dan efisien selama bekerja dari rumah melalui layanan CloudX nantinya.

CloudX dapat diakses secara fleksibel dari berbagai macam perangkat, mulai dari desktop, perangkat mobile, hingga laptop. Dengan demikian produktivitas karyawan diharapkan tetap terjaga walaupun harus bekerja dari rumah.


Terdapat tiga layanan utama di dalam CloudX, yaitu CloudX Communication, CloudX Meeting, dan CloudX Hunting Group. CloudX Communication memungkinkan seluruh karyawan untuk terkoneksi melalui chat serta panggilan telepon dan video.

Meeting dapat diikuti oleh maksimal 100 peserta. Sedangkan CloudX Hunting Group merupakan solusi untuk pelayanan pelanggan melalui metode hunting group yang efektif dan efisien bagi organisasi.

Tidak ada komentar