Perbedaan Performa Android Oreo dan Android Pie

Smartphone dengan sistem operasi Android 9 atau yang dikenal dengan Android P atau Android Pie sudah mulai hadir di pasaran Indonesia. Beberapa smartphone yang awalnya diluncurkan dengan sistem operasi Android 8 atau Android Oreo pun sudah mulai banyak mendapatkan update ke sistem operasi Android terbaru.

Sebagai informasi, Google mengklaim, Android Pie, selain membawa tampilan yang lebih ceria, navigasi model baru, AI yang lebih cerdas dalam mengatur konsumsi baterai hingga 20 persen lebih baik, serta sistem keamanan yang lebih ketat. Lalu, bagaimana dari sisi performa? Apakah sebuah smartphone yang sama akan mengalami peningkatan kinerja saat menggunakan Android P? Atau malah performanya menurun setelah dipasangi sistem operasi baru?


Berikut ini akan kita buktikan. Kita akan membandingkan performa smartphone Asus Zenfone 5z yang menggunakan sistem operasi Android Oreo dan akan kita bandingkan performanya setelah smartphone tersebut dipasangi Android Pie. Seberapa jauh peningkatannya? Mari kita lihat:



Pada aplikasi GeekBench, terjadi peningkatan performa saat prosesor bekerja secara mandiri atau secara multi-core. Peningkatannya sekitar 0,9 persen pada single-core dan 1,1 persen pada multi-core. Boleh dibilang, tidak ada bedanya.

Baca juga:



Pada aplikasi Antutu, aplikasi benchmark sejuta umat, terjadi peningkatan yang lumayan, yakni sekitar 10 persen. Seluruh aspek, mulai dari CPU, GPU, User Experience yang menjadi komponen pendukung AnTuTu benchmark, semua mengalami peningkatan. Sedikit penurunan dari modul Memory benchmark, sedikit mengalami penurunan.




Performa grafis smartphone setelah di-upgrade ke Android Pie juga meningkat meskipun bisa dibilang tidak terasa juga. Hanya sekitar 2,1 persen saja.


Untuk performa sistem secara keseluruhan, yang diwakili oleh benchmark Work 2.0, juga terjadi sedikit peningkatan, sekitar 2,1 persen. Ini serupa dengan peningkatan performa grafis antara Android 8 dan 9.




Terakhir, performa baterai. Google berani sesumbar bahwa Android P membawa peningkatan efisiensi energi lewat teknologi AI yang tersedia pada Android 9 tersebut. Dan ternyata, dalam dunia nyata, efisiensi energinya hanya sekitar 7,8 persen saja.




Kesimpulan
Selain membawa fitur baru, Android Pie juga ternyata membawa sedikit peningkatan performa pada smartphone dan penambahan masa aktif baterai yang cukup lumayan. Jadi, kalau produsen smartphone Anda sudah menyediakan update ke Android P, segera saja upgrade. Tapi tentunya, coba perhatikan dulu komentar dari para pengguna yang sudah migrasi. Siapa tau masih ada bug atau anomali.

8 komentar

Unknown mengatakan...

Cukup puas dengan upgrade android Oreo ke Android P(pie) , perkoma baterai terlihat sangat jelas, apalagi pas charger lebih cepat terisi dan lebih lama pemakaian baterai, thx android

Unknown mengatakan...

Ahh...nyesel sy upgrade ke Pie, justru lebih boros batere, biasanya sy 3 hari pakai Oreo, stlh upgrade Pie malah jd 2 hari pemakaian, & rada lemot pakai Pie, fitur batere nya jg gak bs di klik hemat daya, klo mo hemat daya malah tggu jam 12 malam br bisa di clean hemat daya, beda dgn Oreo yg bs tiap saat clean hemat daya pd batere, makanya hematan pakai Oreo drpd pakai Pie..sy mo downgrade ke Oreo lg skrng, nyesel deh upgrade ke Pie.

Ardi aswirs mengatakan...

Pie komentar nya yg terahir jadi takut upgrade ke os pie..😁😁

RifqiMuhammad mengatakan...

bener itu

Unknown mengatakan...

Emang pake HP merek apa?tergantung juga kalau penggunaan android Pie nya

Unknown mengatakan...

Kalo HP xiaomi gimana?

Unknown mengatakan...

Kalau hpnya Mito

NaufalSKUY mengatakan...

akhirnya aku bisa memilih antara
Realme C2 VS Realme 2
Realme C2: Android 9 (PIE)
Realme 2: Android 8.1 (OREO)
Oreo? Diputar Dijilat Dicelup Dibuanggggg!!!
GAJE
BTW THX YA BROW