Penyebab Gaming Nvidia GeForce Lag: Windows 11 Update!

Kabar buruk bagi Anda pengguna PC dengan kartu grafis besutan Nvidia. Beberapa pengguna sudah mulai melaporkan bahwa mereka mengalami penurunan performa gaming PC mereka.

Penyebabnya terjadinya lag pada PC gaming mereka adalah, hal tersebut terjadi setelah mereka melakukan update Windows 11 2022 (Windows 11 2H22).


Ya, meskipun baru sekitar satu minggu diluncurkan, ternyata update Windows 11 terbaru ternyata berdampak negatif terhadap performa gaming perangkat berbasis GPU Nvidia GeForce.


Laporan tersebut terungkap pertamakali di forum Reddit. Sejumlah pengguna melaporkan mengalami berbagai masalah seperti sering terjadinya stuttering dan framerate yang tidak konsisten.


Tak hanya itu, sering juga terjadi pelambatan pada PC para pengguna yang sudah melakukan update sistem operasi mereka. Ini membuat banyak dari pengguna yang memilih kembali kembali ke update Windows versi sebelumnya.

Menurut salah satu pengguna, ia mengalami stuttering yang parah dalam game. Penggunaan CPU miliknya dalam game turun signifikan dari 80% menjadi 5%. Setelah ia kembali ke update terakhir, pengalaman gamingnya menjadi lebih baik.

Uniknya, hal ini juga terjadi kepada pengguna yang mengunakan PC dengan komponen modern. Pengguna lain melakukan update Windows ke versi 22H2 dan mendapati masalah FPS yang sangat tidak stabil di semua game yang ia mainkan. Padahal, ia memiliki PC dengan spesifikasi yang bagus untuk bermain game, dan ini tidak pernah mengalami masalah apapun sebelumnya.


Baca juga:


Pengguna lain melaporkan hal serupa. Ia mengalami stuttering yang sangat parah saat bermain game. Padahal PC yang digunakan sudah berspesifikasi prosesor Intel Core i9-12900K dan grafis Nvidia GeForce RTX 3080Ti. Sebelum update, semuanya berfungsi dengan sangat baik.

Tak hanya di Reddit, sejumlah pengguna pun melaporkan hal yang sama di situs komunitas Microsoft. Rata-rata dari mereka mengalami penurunan performa CPU hingga 5% dan mengalami penurunan kinerja yang signifikan ketika mereka bermain game.

Pihak Nvidia menyatakan, masalah tersebut terjadi karena ada beberapa fitur yang tersedia di Windows update terbaru yang secara tidak sengaja diaktifkan. Untuk itu, Nvidia akan memperbaiki masalah tersebut dengan merilis versi beta terbaru dari GeForce Experience.


Sayangnya dari sisi Microsoft, mereka belum mengeluarkan informasi apapun atau merilis update untuk mengatasi bug pada Windows Update terbaru tersebut.

Bagaimana guys? Sudah update ke Windows 11 versi terbaru? Atau mau tunggu dulu sampai Nvidia atau Microsoft merilis update?

Tidak ada komentar