Acer Aspire Vero: Definisi Laptop Berdesain Ramah Lingkungan

Konsep produk ramah lingkungan ternyata bisa diterapkan di mana saja, tak terkecuali di sebuah laptop. Hal ini ditunjukkan oleh Acer melalui perangkat laptop terbarunya, Acer Aspire Vero.

Acer Aspire Vero hadir dengan menggunakan berbagai bahan daur ulang. Penggunaan bahan daur ulang ini terdapat di bagian kemasan hingga bodi dari laptop.


Makin penasaran pastinya dengan laptop satu ini bukan? Untuk menjawab rasa penasaran Anda, kami akan bahas lebih lengkap mengenai Acer Aspire Vero lewat artikel berikut ini.



Desain
Sebelum membahas laptopnya, kita bahas dulu kotak kemasannya yang tidak kalah unik. Pada box yang digunakan untuk mengemas Aspire Vero, Acer menggunakan kemasan yang 85% terbuat dari bahan daur ulang.


Setelah laptop dikeluarkan, kebanyakan kemasan pembungkus laptop tidak akan terpakai lagi. Tetapi berbeda di sini, karena Acer sudah mercang kemasan agar bisa dilipat dan menjadi stand laptop untuk mendukung aktivitas.

Selain itu, Acer menggunakan tinta berbahan dasar kedelai untuk mencetak tulisan pada kemasan dan buku petunjuk penggunaan. Tidak mengherankan jika dengan desain ini Acer bisa menyabet Red Dot 2021 Brand Communication Packaging Award.

Sekarang kita bahas laptopnya yang menurut kami punya desain unik, tampil beda dan tentu tidak akan Anda temukan dari brand lainnya.

Laptop ini hadir dengan warna Volcanic Grey, yang sebenarnya tidak dicat menggunakan warna abu-abu. Karena laptop ini sama sekali dibuat tanpa menggunakan cat dan justru menghasilkan aksen serta tekstur yang unik.

Apabila Anda cermati, laptop ini memiliki warna abu-abu yang tidak sekadar polos. Terdapat titik-titik berwarna kuning yang menjadi tanda bahwa laptop ini dibuat tanpa menggunakan cat.



Tidak adanya penggunaan cat pada permukaan rangka akan mengurangi dampak negatif dari senyawa organik volatil atau volatile organic compounds (VOCs).

Acer Aspire Vero menggunakan bahan material PCR Plastik (post-consumer recycled) dengan komposisi 30% pada rangka dan 50% pada keyboard. Penggunaan material daur ulang ini berhasil mengurangi konsumsi emisi CO2 sekitar 21%.

Laptop besutan Acer ini mengusung layar 15,6 inci yang menggunakan panel IPS dan beresolusi Full HD. Resolusi layar yang jernih juga didukung dengan Acer ComfyView yang mencegah layar memantulkan cahaya ke mata.

Pada bezel bagian atas tersemat kamera beresolusi 720p yang bisa Anda gunakan untuk beragam kebutuhan, seperti meeting online salah satunya.

Acer menggunakan keyboard lengkap dengan numpad. Terdapat sesuatu yang unik di tombol huruf R dan E, yang mana posisinya terbalik dan dibuat dengan warna kuning. Ternyata ini bukan cacat produksi, melainkan adanya pesan tersembunyi.



Tombol R dan E yang terbalik dan berwarna kuning menyimpan arti berupa REduce, REuse dan REcycle.

Di tiap sisi bodi kanan dan kiri diisi oleh bermacam port, seperti HDMI, RJ-45, jack audio 3,5mm, USB 3.2 Gen1, USB Type C 3.2 Gen1 dan USB 2.0.

Performa
Prosesor Intel® Core™ i5-1155G7 dipercayakan sebagai otak dari Acer Aspire Vero. Prosesor Intel generasi ke-11 ini memiliki kecepatan maksimal 5.0 GHz melalui Turbo Boost Max Technology 3.0.

Kinerja dari prosesor  Intel® Core™ i5-1155G7 dikombinasikan dengan kartu grafis  Intel® Iris® Xe, RAM 8 GB dan memori internal berjenis SSD PCIe Gen3 dengan kapasitas 512 GB.



Acer memberikan kemudahan bagi Anda yang ingin meningkatkan RAM dari laptop ini. Tersedia slot RAM dual-channel yang bisa Anda tambahkan RAM dengan kapasitas 8 GB.

Kolaborasi spesifikasi ini membuat Acer Aspire Vero mampu mendukung berbagai aktivitas yang kami lakukan dengan lancar. Kebutuhan Office jelas menjadi mayoritas yang kami gunakan dengan Aspire Vero, kemudian browsing, meeting online dan streaming film jadi kegiatan lain yang kami habiskan bersama laptop ini.


Baca juga:


Overall kami sangat puas dan tidak menemukan kendala dari segi performa selama menggunakan laptop ini sebagai rekan kerja sehari-hari.

Berbicara mengenai meeting online, selain menggunakan kamera beresolusi 720p yang menghasilkan gambar jernih, Acer juga memberikan fitur pendukung untuk audio berupa Acer TrueHarmony dan Acer Purified.

Kedua fitur ini berguna untuk menghasilkan suara yang jernih dan lebih bertenaga, serta mengurangi noise dengan dukungan kecerdasan buatan.

Acer memberikan kemampuan untuk menyesuaikan performa dari laptop ini melalui aplikasi bernama VeroSense. Fiturnya mirip dengan NitroSense atau PredatorSense yang ada di lini laptop gaming dari Acer.

Aplikasi VeroSense menyediakan beberapa pilihan mode performa, seperti Performance, Balanced, Eco dan Eco+. Bagi Anda yang ingin performa tinggi bisa set pengaturan ke Performance, untuk seimbang antara daya dan performa pilih balance, sementara Eco dan Eco+ bisa Anda manfaatkan untuk daya yang lebih hemat.

Segi konektivitasnya, laptop ini sudah dilengkapi dengan WiFi 6 dan Bluetooth 5.1 terbaru. Selain itu Aspire Vero sudah datang dengan OS Windows 11 terbaru.

Kelebihan lainnya, Anda juga akan mendapatkan tambahan aplikasi Office Home and Student 2021 yang bisa Anda gunakan secara gratis selama seumur hidup.

Kesimpulan
Kesimpulannya, selain bisa Anda andalkan untuk berbagai kebutuhan seperti bekerja atau belajar, Acer Aspire Vero ini juga dapat menjadi kontribusi tidak langsung Anda untuk upaya pelestarian lingkungan lewat penggunaan produk daur ulang.


Soal performa tentu tidak perlu diragukan. Prosesor Intel® Core™ i5 generasi ke-11, Intel® Iris® Xe, RAM yang upgradable, serta keberadaan pre-installed Windows 11 pastinya jadi nilai lebih dari laptop satu ini.

Berbicara mengenai harganya, Aspire Vero bisa Anda miliki dengan menebusnya seharga sekitar Rp 10 jutaan. Dapatkan Free 1 Year Accidental Damage Protection selama Acer Day 2022 berlangsung (1 Agustus-30 September 2022). Tertarik memilikinya?

Tidak ada komentar