Nvidia GeForce RTX 3090 Ti Kapan Dijual?

Beberapa waktu lalu Nvidia merilis lini produk kartu grafis terbarunya yang menawarkan performa tinggi. Mulai dari Nvidia GeForce RTX 3080 Ti, RTX 3070 Ti dan RTX 3060 Ti. Kabar gembiranya, produsen yang satu ini digadang-gadang akan menghadirkan model terbaru. Dan lebih kencang.

Ya, dikabarkan, Nvidia berencana untuk meluncurkan GPU anyar lagi, di kelas ultimate yakni seri GeForce RTX 3090 Ti. Menurut rumor yang berkembang di sejumlah media internasional, VGA card flagship dari seri RTX 3000 ini akan diperkenalkan pada 29 Maret 2022 ini.


Kabar itu sendiri terungkap dari informasi yang disebut-sebut sebagai dokumen embargo yang disebarkan oleh Nvidia kepada sejumlah petinggi produsen kartu grafis partner mereka.


Pada dokumen tersebut, diungkapkan agenda peluncuran produk serta jadwal publikasi media dan ulasan dari para influencer.


Menanggapi kebocoran informasi tersebut, pihak Nvidia sendiri belum menyatakan menyanggah atau membenarkan kabar kebocoran yang bersangkutan. Namun demikian, Nvidia GeForce RTX 3090 Ti sendiri sebelumnya sudah disebutkan akan beredar pada Januari 2022 yang lalu.

Sayangnya, kendala pada memori GDDR6X yang digunakan pada kartu grafis tersebut menghambat produksi massal VGA mahal yang bersangkutan, meski rumor ini juga tidak dikonfirmasikan oleh pihak Nvidia ataupun partner-partnernya.

Dari sisi spesifikasinya sendiri kartu grafis Nvidia GeForce RTX 3090 Ti sempat beredar bocoran informasinya. Kabarnya, GPU kelas sultan tersebut menghadirkan sejumlah peningkatan spesifikasi hampir di semua aspek, dibandingkan dengan GeForce RTX 3090 yang dirilis tahun 2020 lalu.

Sebagai contoh, Nvidia GeForce RTX 3090 Ti akan membawa GPU model GA102-350 dengan 10752 CUDA core. Sebuah angka yang luar biasa besar.


Baca juga:


Tak hanya itu, VRAM-nya juga berkapasitas gede, yakni 24GB GX6. Dan yang luar biasa, ia menjadi kartu grafis pertama dari Nvidia yang hadir dengan memori jenis GDDR6X dengan clockspeed 21 Gbps serta bandwidth maksimum di atas 1TB/s.

Nvidia GeForce RTX 3090 Ti juga diharapkan akan menjadi kartu grafis pertama di dunia yang memiliki fitur konektor daya PCIe Gen5 16-pin dan membutuhkan daya hingga 450W.


Meskipun rumor ini belum tentu benar adanya, semua baru bisa dipastikan saat Nvidia resmi mengumumkan kartu grafis monster stersebut. Sayangnya, informasi terpenting yakni kisaran harganya pun belum ada bocoran.

Berharap harganya masuk akal? Jangan halu ya guys :P

Tidak ada komentar