Samsung Kembangkan Sensor Finger Print untuk Kartu ATM

Seperti kita ketahui, kartu debit dan kartu kredit biasanya memiliki PIN. Tujuannya adalah, ketika Anda akan membeli barang, Anda dapat memasukkan PIN untuk mem-verifikasi identitas yang Anda miliki.

Namun demikian, tergantung pada pengaturan, terkadang persyaratan memasukkan PIN hanya untuk transaksi yang bernilai di atas jumlah tertentu. Dan jika Anda menggunakan pembayaran tanpa kartu, terkadang PIN bahkan tidak diperlukan.


Dalam situasi tersebut, kemungkinan seseorang untuk mencuri kartu pembayaran Anda tersebut menjadi lebih besar. Dan bahkan mereka dapat dengan sengaja menggunakan kartu Anda untuk membeli barang-barang yang nilainya sedikit lebih rendah dari limit demi menghindari penggunaan PIN. Dan ini sangat merugikan.


Mereka akan bisa membuat rekening Anda habis atau menjadikan kartu kredit membengkak.


Hal ininlah yang ingin diubah oleh raksasa perusahaan smartphone dari Korea Selatan yaitu Samsung. Perusahaan tersebut telah meluncurkan sensor sidik jari baru yang dapat digunakan dalam kartu pembayaran atau ATM.

Menurut Kenny Han, Vice President of System LSI Marketing at Samsung Electronics, S3B512C, teknologi yang mereka siapkan, menggabungkan sensor sidik jari, Savety Element (SE) dan Safety Processor.

Dengan teknologi ini, mereka juga menambahkan lapisan otentikasi dan keamanan ekstra dalam kartu pembayaran. Baik kartu debit ataupun kartu kredit.

S3B512C memang utamanya dirancang untuk kartu pembayaran. Akan tetapi, ia juga dapat digunakan pada kartu yang memerlukan otentikasi yang sangat aman seperti identifikasi siswa atau karyawan, keanggotaan atau akses gedung.


Baca juga:


Alih-alih hanya memverifikasi kartu, kartu ini juga memverifikasi pengguna. Pada saat yang sama, ia bisa menjadi bentuk keamanan yang lebih baik. 

Sayangnya, perusahaan tidak menyebutkan kapan sensor ini akan diluncurkan. Namun tentunya kita berharap dapat melihat sensor ini benar-benar diimplementasikan dalam kehidupan nyata.


Ilustrasi ATM Fingerprint Samsung

Kalau kartu ATM atau kartu kredit sudah ada sensor fingerprint atau sidik jari seperti ini, tentunya kita bisa melakukan transaksi lebih aman, ya kan guys?

Tidak ada komentar