Google Translate untuk Terjemahan Bahasa

Dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, batas-batas antar negara di seluruh dunia pun semakin lama semakin terhapus.

Di sisi lain, semakin tipisnya batasan-batasan antar negara tersebut, menuntut seseorang untuk dapat berkomunikasi tidak hanya dalam satu bahasa saja. Di era globalisasi ini, kemampuan untuk berbahasa asing sangatlah krusial.


Bagi sebagian orang, mempelajari bahasa baru cukup mudah. Namun bagi sebagian yang lain, bahasa merupakan pelajaran yang sangat sulit.

Meski demikian, dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi itu pula, bahasa bukan lagi menjadi kendala bagi seseorang dalam melakukan komunikasi.


Kini berbagai macam aplikasi tersedia dalam rangka membantu mempermudah proses penerjemahan tersebut, salah satu diantaranya adalah layanan Google Translate.

Sejarah Google Translate
Layanan penerjemahan bahasa ini sendiri terinspirasi dari salah seorang pendiri Google yakni Sergey Brin yang mendapatkan surat berbahasa korea dari seorang penggemar. Karena begitu penasaran dengan isi surat tersebut maka Brin memanfaatkan mesin penerjemah yang dimiliki untuk menerjemahkan isi surat tersebut.

Sayangnya hasil terjemahan mesin tersebut malah membuatnya kebingungan.

Dari kebingungan akan hasil terjemahan tersebut, akhirnya pada tahun 2006 Google meluncurkan sebuah layanan penerjemahan yang diberi nama Google Translate. Layanan ini telah melalui banyak sekali perkembangan dari sistem awal yang menggunakan SYSTRAN.

Saat ini, fitur penerjemah bahasa dari Google tersebut mampu menerjemahkan tidak hanya teks tapi juga foto, tulisan tangan dan ucapan ke dalam lebih dari 100 bahasa.

Selain itu, pada awal Januari 2020 Google mengumumkan fitur terbaru dari Google Translate yakni Google Translate Transcribe yang dapat menerjemahkan kalimat yang diucapkan ke bahasa lain secara real time.

Fitur ini tersedia dalam delapan bahasa yakni Inggris, Jerman, Perancis, Portugis, Spanyol, India, Thailand serta Rusia.

Fitur-fitur penerjemahan Google Translate
Seperti yang sudah diketahui bahwa layanan terjemahan bahasa di Google Translate cukup lengkap sebab tidak hanya menyediakan terjemahan bahasa asing saja tapi termasuk didalamnya bahasa daerah seperti bahasa Sunda, bahasa Aceh dan bahasa Jawa.

Bahkan baru-baru ini, Google menambahkan 5 bahasa baru ke daftarnya meliputi Kinyarwanda (Rwanda), Odia (India), Tata, Turkmen hingga Uyghur.


Baca juga:


Nah, berikut ini adalah daftar fitur-fitur penerjemahan yang dimiliki Google Translate, di antaranya adalah:

Menerjemahkan Teks
Fitur ini adalah yang paling basic dari Google Translate, yakni proses penerjemahan bahasa dilakukan dengan mengetik kalimat tersebut pada aplikasi dan disesuaikan dengan standar huruf yang dipakai oleh pengguna.

Menerjemahkan Suara
Pada fitur ini, proses penerjemahan bahasa dilakukan dengan perekaman suara oleh aplikasi yang selanjutnya akan diterjemahkan kedalam bahasa yang diinginkan. Ada dua versi dari penerjemahan suara yakni versi microphone dan conversation.

Menerjemahkan Foto
Fitur selanjutnya adalah Camera Translation yang mana aplikasi akan menerjemahkan kalimat atau kata yang terdapat dalam foto atau gambar kedalam bahasa yang diinginkan.

Menerjemahkan Tulisan
Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menuliskan kata yang ingin diterjemahkan secara langsung kemudian Google Translate akan membaca tulisan tersebut dan menerjemahkannya ke bahasa yang dituju.

Menerjemahkan Pesan
Fitur ini memudahkan pengguna untuk menerjemahkan pesan-pesan singkat pada aplikasi seperti WhatsApp dan sejenisnya tanpa harus membuka lagi aplikasi Google Translate, cukup dengan menekan tombol Tap.

Transcribe
Fitur ini adalah yang paling baru dari Google Translate, yang memungkinkan pengguna untuk dapat menerjemahkan percakapan secara langsung bahkan dengan durasi yang cukup panjang sekalipun.


Menerjemahkan Offline
Fitur ini bermanfaat pada saat pengguna tidak memiliki koneksi internet untuk melakukan penerjemahan. Caranya dengan mengunduh aplikasi Google Translate pada android atau iOS kemudian mengunduh pilihan bahasa yang ingin digunakan secara offline.

Bagaimana guys? Masih mengalami kesulitan komunikasi karena kendala bahasa? Silakan manfaatkan Google Translate dan fitur-fiturnya yang lengkap.

Tidak ada komentar