Cara Membuat Blog Gratis dengan Blogspot

Berbicara mengenai perkembangan Internet yang semakin ramai, pastinya Anda pernah mendengar istilah blogging. Sebagai gambaran, saat ini blogging menjadi salah satu kegiatan yang banyak digemari oleh masyarakat, tak terkecuali di Indonesia.

Tidak heran jika semakin hari semakin banyak bloger baru yang bermunculan. Di sisi lain, saat ini juga terdapat banyak platform yang bisa Anda pilih untuk membuat blog, di antaranya Wordpress dan Blogspot.



Jangan salah, selain untuk menyalurkan hobi menulis, membuat blog pun bisa menjadi platform untuk membangun reputasi pribadi kita, membuka jaringan pertemanan baru, sampai mendapatkan pundi-pundi penghasilan.



Namun sebelum kita masuk ke cara membuat blog, seperti tema di atas, sebaiknya Anda pahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan blog.



Blog merupakan platform sederhana yang menekankan pada kemudahan penggunaannya, dengan ciri khas kontennya selalu update. Dengan demikian, sifat blog adalah dinamis dengan berbagai jenis artikel yang di-posting oleh blogger pemiliknya.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk membuat blog, khususnya di Blogspot, maka sebelumnya disarankan untuk Anda memiliki akun email di Google Mail terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk memudahkan proses Anda dalam membuat blog.

Lalu, mengapa kami menyarankan untuk membuat di Blogspot bukan WordPress? WordPress adalah platform blogging yang sangat menarik. Namun untuk layanan gratisnya, banyak limitasi atau batasan untuk Anda berkreasi, apalagi untuk memasang iklan Adsense.

Di WordPress, Anda harus menggunakan hosting berbayar, menginstalasikan WordPress dan menggunakan custom domain agar bisa memasang Adsense di blog Anda. Total biayanya mungkin bisa mencapai Rp300 sampai Rp350 ribuan per tahun, bahkan lebih.

Di sisi lain, Blogspot pun gratisan. Akan tetapi, berhubung ia milik Google, maka Anda dapat mengajukan diri agar blog Anda bisa diisi dengan iklan Adsense dari Google. Cukup dengan bermodal custom domain yang harganya paling sekitar Rp100 ribu sampai Rp150 ribuan per tahun. Lumayan kan?

Adapun contoh cara membuat blog gratis di Blogspot contohnya adalah seperti berikut ini:

Buka Situs Blogger.com. Sebagai langkah pertama buka terlebih dahulu situs Blogger.com, kemudian klik berikut untuk membuka Blogger berbahasa Indonesia.



Pada halaman Blogger.com klik menu “Buat Blog” atau menu “Masuk”.

Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman berikutnya untuk masuk ke akun Google. Di sini Anda bisa memasukkan alamat email Gmail ke kolom yang sudah disediakan. Jika Anda sudah selesai mengisi, maka lanjutkan dengan klik tombol berikutnya.

Masukkan Password Email. Setelah itu akan muncul tampilan, di mana Anda akan diminta untuk memasukkan password email ke dalam kolom yang tersedia. Kemudian klik tombol berikutnya.

Apabila ini merupakan kali pertama Anda membuat blog di Blogger, maka Anda harus memilih profil akun Google terlebih dahulu.

Mengisi dan Buat Profil. Selanjutnya akan muncul tampilan yang berisi formulir isian profil Google+, biasanya akan terisi secara otomatis sesuai dengan akun Gmail Anda. 

Baca juga:


Apabila ingin mengubah data diri baik nama, jenis kelamin hingga tanggal lahir Anda bisa mengubahnya di halaman ini. Jika sudah selesai mengedit profil klik “Buat Profil”. Kemudian Anda akan diarahkan ke halaman berikutnya.

Pada halaman ini Anda bisa menambahkan foto profil untuk akun Google, sedangkan jika tidak ingin menambahkan foto klik “Lewati”. Tetapi jika ingin menambahkan gambar profile, maka Anda bisa klik logo kamera pada halaman tersebut, lalu klik upload gambar. Setelah proses upload gambar selesai, selanjutnya klik tombol “Simpan”.

Tentukan Nama/Alamat SubDomain. Apabila semua proses tersebut sudah Anda lalui, maka akun Google+ sudah selesai. Kemudian pilih menu “Lanjutkan ke Blogger”. Untuk Anda yang ingin membuat blog baru bisa langsung klik tombol menu “Buat Blog Baru”. Dimana Anda akan diarahkan ke halaman selanjutnya, untuk memasukkan judul blog seperti menentukan nama/alamat subdomain-nya.

Misalkan pada bagian judul Anda bisa mengisinya “Wisata Kekinian”. Selanjutnya pada bagian alamat Anda bisa mengisinya dengan alamat URL blog Anda. Sedangkan pada bagian tema Anda bisa memilih salah satu tema standar yang disediakan oleh Blogger.



Setelah semua sudah Anda isi, selanjutnya klik tombol “Buat Blog”. Nah, blog baru yang sudah Anda buat siap untuk digunakan.

Di atas merupakan langkah-langkah cara membuat blog gratis di Blogspot dengan mudah. Semoga ulasan tersebut bermanfaat dan menjadi jembatan untuk Anda menjadi seorang blogger profesional.

Tidak ada komentar