Apple Glasses Lebih Baik dari Google Glass?

Apple akan menghadirkan teknologi terobosan yang sangat menarik, yakni sebuah kacamata cerdas seperti milik Google. Kabarnya, mereka akan meluncurkan kacamata pintar buatannya pada tahun 2022 mendatang. Perangkat ini diprediksi akan hadir dengan nama Apple Glasses yang dilaporkan akan mulai diumumkan tahun depan, dan dirilis resmi pada 2022.

Rumor yang beredar sangat santer dan cukup kuat untuk memprediksi apa yang akan dilakukan Apple dengan produk barunya itu. Selain itu, jarak antara pengumuman dan peluncuran yang cukup renggang juga akan memberikan waktu bagi para pengembang untuk membuat aplikasi dan menawarkan pengalaman pengguna yang sangat baik untuk platform AR.



Sampai saat ini, Apple memang dirumorkan tengah mengembangkan dua perangkat terkait augmented reality yang digunakan di kepala, yakni sebuah headset dan kacamata pintar. Headset AR itu diprediksi akan meluncur sebelum Apple Glasses.



Disisi lain, bukan perkara hal yang mudah untuk mengembangkan kacamata pintar yang dapat diterima di pasar. Beberapa tahun lalu Google sempat mencobanya dengan meluncurkan Google Glass. Sayangnya perangkat ini kurang berhasil karena tingkat adopsinya yang sangat rendah. Lalu, apakah Apple Glasses akan lebih baik dari Google Glass?

Baca Juga:



Rumornya, kacamata Apple ini nantinya bisa melapis gambar buatan komputer ke pemandangan sungguhan di sekitar kita. Ini baru namanya augmented reality. Teknologi semacam ini sebelumnya sudah dipakai di Snapchat dan game Pokemon Go.

Kabarnya, banyak perusahaan teknologi berlomba membuat augmented reality dengan kacamata yang ramping. Pengamat industri teknologi Jon Prosser kepada Gadget Cast mengatakan, Apple Glasses ini akan memakai teknologi 5G.

Uniknya, kacamata ini mendukung kecepatan internet yang sangat tinggi sesuai standar jaringan 5G. Artinya juga kacamata ini akan bisa dipakai saat terpisah dari iPhone yang umumnya terhubung pada perangkat Apple.


Apple Glasses diharapkan benar berwujud kacamata biasa bukan kacamata besar membungkus kepala layaknya AR dan VR yang ada sebelumnya. Posser menduga, Apple akan mengumumkannya pada Maret atau Juni 2021.

Terkait Bocoran paling awal kemungkinan akan dibuka dalam event tahunan WWDC bulan Juni mendatang yang tahun ini pertama kali digelar online karena pandemi Corona.

Tidak ada komentar