Trik Cara Atasi MacBook Tak Bisa Mendeteksi Harddisk

Anda pengguna MacBook, khususnya MacBook Air ataupun MacBook Pro? Apakah Anda kadang mengalami kesulitan untuk menghubungkan hard drive eksternal ke laptop Anda karena hard drive tersebut tidak terdeteksi?

Berikut ini beberapa penyebab mengapa hard disk eksternal tidak terdeteksi oleh MacBook Air atau MacBook Pro. Pada bagian berikutnya dari artikel ini juga kita akan membahas trik cara mengatasi agar MacBook tersebut bisa kembali mendeteksi harddisk eksternal Anda.


Penyebab pertama, koneksi buruk. Jika ada yang salah dengan port USB Mac atau perangkat keras USB HDD eksternal, komputer akan gagal mengenali ada drive eksternal yang terhubung.


Penyebab kedua, kesalahan konfigurasi Mac. Secara default, macOS akan menampilkan hard drive eksternal yang terdeteksi di desktop, di Finder dan Disk Utility. Namun, jika hard drive dikonfigurasi tidak benar, Anda tidak akan dapat melihatnya.


Penyebab ketiga, ketidakcocokan sistem file. Sistem File pada komputer memutuskan bagaimana file disimpan dan diambil, tetapi Mac OS tidak mendukung beberapa sistem file tertentu. Misalnya, MacBook yang menjalankan macOS 10.12 dan OS yang lebih baru tidak dapat mendukung drive eksternal  dengan format APFS / EXT / NTFS. Selain itu, jika sistem file dienkripsi, Mac OS mungkin tidak akan mengenalinya juga.

Baca juga:

Penyebab keempat, disk yang rusak. Cara mengetahui apakah disk rusak atau tidak dapat dengan mudah dilihat di Utilitas Disk yang berwarna abu-abu tanpa melihatnya di Finder atau di desktop.


Cara mengatasi agar MacBook bisa mendeteksi hard disk
Untuk permasalahan yang berhubungan dengan perangkat lunak Macbook, mungkin beberapa cara berikut ini dapat digunakan untuk mengenali hard drive eksternal Anda:

Pertama, verifikasi koneksi USB. MacBook Air atau MacBook Pro hadir dengan lebih dari satu port USB, coba sambungkan hard disk eksternal melalui port USB yang berbeda. Jika tidak berhasil, ubah port USB atau restart kembali laptop dan melepaskan kembali semua port USB sekali lagi. Jangan lupa untuk pastikan lampu harddisk eksternal menyala.


Kedua, ubah preferensi Mac. Untuk memeriksa apakah MacBook diatur untuk menyembunyikan drive eksternal dari akses Anda, buka Finder melalui bilah menu di bagian atas layar, dan pilih Finder Preferences. PIlih menu General dan Cental External disks.

Ketiga, coba gunakan PC Windows. Berhubung sistem file Mac OS yang tidak kompatibel, cara terbaik untuk menggunakan hard drive eksternal tanpa memformatnya adalah menggunakannya pada PC, terutama ketika Anda memiliki file penting di dalamnya.

Keempat, perbaiki hard drive eksternal. Disk yang rusak sering terjadi dan Mac dilengkapi dengan utilitas bawaan bernama First Aid in Disk Utility untuk membantu memeriksa dan memperbaiki kesalahan pada disk. Dalam menu Disk Utility dari Aplikasi Finder, klik kanan hard drive eksternal dan pilih Run First Aid.


Terakhir, memformat hard drive eksternal. Memformat perangkat tersebut akan menghapus semua file yang disimpan di dalamnya. Namun, ada peluang bahwa setelah diformat, Anda akan bisa menggunakan harddisk tersebut dengan normal. Jika Anda memilih solusi ini, maka caranya pilih menu Disk Utility, klik kanan hard drive eksternal dan pilih Hapus/erased. Saat memilih Format untuk hard drive eksternal, disarankan memilih format ExFAT karena ramah di Windows dan MacOS.


Nah, mudah-mudahan informasi di atas bisa membantu Anda untuk menghubungkan harddisk eksternal Anda ke MacBook. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar