Asus ZenBook Pro 15, Laptop Dua Layar Pertama di Dunia

Tahun ini tampaknya menjadi tahunnya Asus. Setelah merebut perhatian media dan analis di ajang Mobile World Congress lalu dengan smartphone berfitur notch mereka, di ajang pameran teknologi terkemuka berikutnya yakni Computex mereka juga menjadi sorotan.

Pada MWC, Asus menghadirkan ZenFone 5 series mereka, smartphone generasi terbaru dengan notch display. Memang Asus bukanlah yang pertama. Tetapi perhatian besar-besaran para pengamat yang menyorot langkah Asus menyontek Apple dan produsen smartphone Android lainnya justru membuat gebrakan yang dilakukan produsen lain menjadi nyaris tak terdengar.


Di ajang Computex, kembali Asus menjadi sorotan. Namun kali ini bukan gara-gara marak diberitakan mencontek. Kali ini, justru inovasi terbaru dan pertama di dunia mereka hadirkan. Salah satunya adalah pada produk mereka yakni ZenBook Pro series.


Ada dua model ZenBook Pro yang diperlihatkan pada publik untuk pertamakalinya yakni ZenBook Pro 15 dan ZenBook Pro 14. Keduanya memiliki spesifikasi yang berbeda. Namun punya satu kesamaan yakni memiliki fitur ScreenPad. Apa itu?

Baca juga:

Sesuai namanya, ScreenPad merupakan touchpad yang berupa layar. Berhubung ia merupakan touchpad, tentunya screen yang diletakkan di bagian touchpad tersebut merupakan layar sentuh. Ukurannya 5,5 inci dan punya resolusi Full HD 1920x1080p.


Yang menarik, selain dapat berfungsi sebagai touchpad biasa atau dimatikan kalau tidak dibutuhkan sama seperti pada notebook lain pada umumnya, ScreenPad punya dua fungsi lain yang sangat berbeda. Bahkan lebih bermanfaat dibandingkan dengan solusi Touch Bar pada Apple MacBook Pro.

Sebagai contoh, jika pada MacBook Pro, Touch Bar menawarkan fungsi seperti mengatur volume, tingkat kecerahan layar, memilih warna pada palet, memilih emoji atau menjawab panggilan iPhone atau FaceTime, fungsi pada ScreenPad jauh lebih luas.


Pada mode ScreenPad, pengguna bisa memiliki kalender, numeric pad, kalkulator, aplikasi pemutar musik di tengah-tengah palm rest area. Fungsi-fungsi ini akan terus dilengkapi sejalan dengan penambahan fitur yang akan dilakukan Asus. Namun, ada satu mode lagi yang sangat menarik yakni Extension Display.

Dengan mode ini, Anda bisa bekerja di layar utama sambil menonton YouTube di ScreenPad, bermain game di layar utama sambil mencari cheat code di layar kecil, sampai mengedit powerpoint sambil melihat langsung hasilnya di layar, dan seterusnya.


Di sini, Anda bisa benar-benar memiliki dua layar pada satu notebook. Atau sama fungsinya saat Anda menghubungkan notebook dengan monitor eksternal ataupun proyektor. Bedanya, proyektor atau monitor eksternal tersebut kini dibenamkan di touchpad. Luar biasa!

Tidak ada komentar