Langsung ke konten utama

Review Acer Swift 3 OLED: Pas Untuk Semua Kalangan dengan Mobilitas Tinggi

Acer tahun ini memperkenalkan Swift 3 OLED yang menawarkan performa tinggi dalam kemasan tipis dan ringan. Laptop yang juga membawa layar superior tersebut cocok digunakan untuk para konten kreator dengan mobilitas tinggi dalam membantu aktivitas harian, maupun kebutuhan lain seperti hiburan.

Salah satu faktor pendukung produktivitas adalah penggunaan prosesor Intel® Core™ H-series generasi ke-12 terbaru, serta kapasitas RAM yang lega.


Pada kesempatan ini, kami mencoba Acer Swift 3 OLED dengan varian prosesor Intel® Core™ i5-12500H, yang juga tersertifikasi oleh platform Intel Evo.

Desain dan Layar
Layar pada Acer Swift 3 OLED berukuran 14 ini dengan panel OLED beresolusi 2.8K, alias 2880 x 1800 piksel. Layar tersebut dapat menghasilkan visual yang detail dengan akurasi warna tinggi, telah tersertifikasi VESA Display HDR True Black 500, punya kecerahan hingga 500 nits plus cakupan warna 100% DCI-P3 color gamut.


Hasilnya? Gambar yang ditampilkan akan tajam, berwarna sekaligus akurat alias lebih nyata. Tak hanya itu, Acer Swift 3 OLED juga telah mendapatkan sertifikasi TUV Rheinland EyeSafe yang menandakan layar memiliki kadar sinar biru (bluelight) yang aman untuk mata dalam penggunaan jangka panjang.

Aspek rasio 16:10 membuat tampilan lebih luas untuk bekerja maupun menikmati konten multimedia, sementara refresh rate 90Hz membuat pergerakan konten pada layar terlihat lebih halus.

Laptop ini juga memiliki bezel yang cukup tipis, dengan rasio screen to body mencapai 92%. Hadir dalam profil berat 1,4kg dan ketebalan 17,9mm, membuat dimensi Acer Swift 3 OLED cukup ringkas dan mendukung mobilitas pengguna agar mudah dibawa ke mana saja. 

Laptop yang tampil dalam balutan warna Luxury Gold ini juga menggunakan keyboard dengan dua tingkat lampu backlit, lengkap dengan sensor sidik jari yang terintegrasi pada tombol power.

Performa dan Storage
Urusan dapur pacu, Acer Swift 3 OLED yang kami jajal ditenagai prosesor Intel® Core™ i5-12500H Alder Lake dengan 14 core & 20 thread. Lebih detail mengenai CPU, ada dua arsitektur yang digunakan, yakni enam inti Performance-core hingga 4,7GHz & delapan inti Efficiency-core hingga 3,5GHz.

Dari sisi grafis, Acer Swift 3 OLED terintegrasi dengan Intel® Iris® Xe Graphics (96 EUs) yang diklaim setara dengan GPU diskrit entry-level seperti Nvidia GeForce MX350, membuatnya bisa mendukung kebutuhan para kreator konten masa kini. 



Mengingat dimensinya yang cukup tipis dan ringan, memori RAM sebesar 16GB jenis LPDDR5-6400MHz dual-channel yang ada di dalamnya bersifat onboard, sehingga tidak dapat di-upgrade.

Turut mendukung performa, penyimpanan berjens SSD PCIe NVMe Gen4 pada Acer Swift 3 OLED yang kami jajal berkapasitas 1TB, sehingga mampu menampung data yang lebih luas, menawarkan transfer rate yang cepat dan konsumsi daya yang tentunya lebih efisien.



Selain menggunakan prosesor Intel generasi ke-12 yang powerful,  Acer Swift 3 OLED telah memperoleh sertifikasi platform Intel® Evo™ yang akan memberikan respon luar biasa, kecepatan transfer data tinggi lewat Thunderbolt 4, daya tahan baterai yang lebih awet, pengisian daya yang lebih cepat dan instant wake. Standar yang umumnya dimiliki oleh laptop atau ultrabook kelas premium.

Konektivitas dan Audio
Dalam mendukung konektivitas, Acer Swift 3 OLED cukup lengkap dengan dukungan WiFi 6E, Bluetooth 5.2, Port USB-A 3.2 Gen1, Port USB-C dengan standar Thunderbolt 4 (mendukung kecepatan hingga 40 Gbps dan Power Delivery), Port HDMI full-size, dan port combo audio. Sehingga pengguna tidak melulu memerlukan aksesori tambahan seperti dongle hanya untuk menyambungkan dengan perangkat lain.


Baca juga:


Bagaimana dengan sektor audio? Laptop ini menggunakan speaker stereo yang sudah didukung oleh DTS Audio & Acer True Harmony, menawarkan kualitas audio yang jernih dan detail yang kaya untuk memanjakan telinga pengguna, serta meningkatkan pengalaman menikmati konten multimedia.

Tidak sampai di situ, Acer Swift 3 OLED juga tentunya sudah pas untuk mendukung sistem kerja masa kini, seperti meeting virtual. Webcam yang disematkan di bagian atas layar memiliki resolusi tinggi FHD sekaligus sudut pandang lebar, dan masih ditambah dengan teknologi Acer TNR untuk mengurangi noise dan tingkatkan kejelasan gambar.

Juga disematkan mikrofon di sisi kiri dan kanan webcam yang juga mampu mereduksi noise, sehingga panggilan suara tetap jelas dan jernih meski perangkat sedang berada di keramaian.

Harga
Harga terbaru Acer Swift 3 OLED, bila diambil dari situs resmi Acer Official Store untuk varian Intel® Core™ i5-12500H 16GB 1TB dibanderol seharga Rp.13.499.000.


Acer sudah melengkapi laptop ini dengan sistem operasi Windows 11 Home terbaru dan pre-installed Microsoft Office Home & Student 2021, sehingga pengguna bisa langsung menggunakannya untuk bekerja tanpa harus membeli lisensi tambahan secara terpisah.

Baca Juga:

Download Windows 10 ISO versi Lite Alias Ringan

Anda kesal karena laptop atau PC desktop Anda lemot padahal punya spek yang tidak jelek? Jangan dulu membuang laptop atau upgrade komponen PC desktop tersebut. Siapa tau yang membuatnya berat adalah sistem operasi Windows 10-nya yang kegemukan. Selain format dan install ulang, ada cara lain yang lebih efektif dalam membuat komputer kita bekerja seperti layaknya baru beli. Caranya adalah download Windows 10 ISO versi ringan. Lho, apa bedanya? Kalau kita memilih untuk download Windows 10 ISO versi ringan dan instalasikan di PC kita, maka fitur-fitur, fungsi atau aplikasi yang jarang digunakan, sudah ditiadakan. Selain lebih hemat ruang di harddisk, dibuangnya fitur-fitur yang tidak berguna tersebut akan membuat PC atau laptop spek rendah pun bisa menjalankan Windows 10 dengan lancar. Download Windows 10 Terbaru October 2020 Update Lalu, apa saja yang ada di Windows 10 versi Lite alias versi Ringan tersebut? Nah ini dia: Windows 10 SuperLite Compact (Gaming Edition) x64 –

Cara Ganti dan Mengubah Warna Keyboard Laptop Acer Nitro 5

Acer Nitro 5 merupakan salah satu laptop gaming yang sangat populer di Indonesia. Buktinya, model laptop gaming yang satu ini terus diperbarui oleh pihak Acer agar terus dapat meraih perhatian para gamers. Ya, terbaru, laptop gaming Acer Nitro 5 bahkan sudah tersedia dalam versi dengan prosesor anyar baik dari Intel ataupun AMD yakni Core i 12th Gen dan juga Ryzen 6000 series. Sama seperti laptop gaming lain pada umumnya, Acer Nitro 5 ini juga punya fitur RGB lighting di bagian keyboard-nya. Yang menarik, keyboard tersebut mendukung 4-zone RGB lighting. Yang jadi pertanyaan bagi para pengguna awam seperti kita adalah, bagaimana cara ganti mengganti atau ubah mengubah warna keyboard laptop Acer Nitro 5 supaya tidak membosankan? Cara mengganti warna keyboard tersebut sebenarnya sangat mudah. Begini langkah-langkahnya: Cara Ubah Warna Keyboard Acer Nitro 5 Acer Nitrosense di laptop. Caranya bisa lewat shortcut aplikasi yang bersangkutan di Windows, atau dengan menekan tombol shortcu

Savefrom, Online Video Downloader Terbaik?

Savefrom, Online Video Downloader Terbaik - Bagi Anda yang suka nonton video dari media sosial, mungkin Anda kadang lebih memilih untuk menontonnya secara offline. Hal ini bukan tanpa alasan, karena memang menonton video secara online akan lebih menguras kuota. Apalagi jika budget Anda sedang menipis, atau kuota sudah mau habis, pastinya solusi terbaik adalah dengan men-download dulu videonya. Dengan men-download videonya, Anda bisa melihat ulang videonya kapan pun tanpa harus mengkhawatirkan kehabisan kuota. Nah, salah satu layanan online video downloader yang bisa Anda pilih adalah Savefrom. Kira-kira, apa saja keunggulan dan kekurangan layanan yang satu ini? Yuk, simak informasinya di bawah:   Review dan Cara Download dari Savefrom: Savefrom merupakan sebuah layanan online gratis yang bisa digunakan untuk mengunduh video maupun musik secara gratis. Savefrom disebut juga sebagai pengunduh video tertua sekaligus terpopuler yang bisa digunakan dengan mudah dan bebas. Beberapa si

Cara Cek Chipset Smartphone Android Secara Akurat

Smartphone merupakan perangkat yang memiliki banyak komponen penting, seperti prosessor, memori internal dan eksternal, graphic processing unig (GPU) dan lainnya. Salah satu bagian terpentingnya adalah prosessor. Komponen prosessor sendiri terdiri dari chipset yang memiliki beberapa buah core dengan clock speed yang mungkin berbeda-beda, dan juga GPU. Cara cek chipset smartphone Android dapat dilakukan dengan beberapa metode. Kegiatan mengecek chipset sendiri perlu dilakukan dalam rangka mengetahui spesifikasi perangkat keras yang terdapat di dalam smartphone. Apakah sesuai dengan standar atau resmi. Selain itu, dengan melakukan pengecekan, kita dapat mencegah penipuan yang mungkin terjadi. Berikut ini cara cek chipset smartphone Android yang mungkin bisa Anda lakukan pula pada smartphone Android Anda: Cara Cek Melalui Menu Pengaturan Ini merupakan cara pertama yang bisa kamu lakukan. Langkah-langkahnya adalah: Buka menu pengaturan di smartphone Android Anda Pilih S

Perbedaan Performa Smartphone RAM 4GB, 6GB dan 8GB

Kapasitas RAM smartphone dengan sistem operasi Android saat ini sudah sedemikian besar. Beberapa bahkan sudah lebih besar dari kapasitas RAM notebook mainstream. Sebelumnya, smartphone Android mainstream hanya punya RAM 2GB sampai 3GB. Kini, smartphone mainstream dengan OS Android rata-rata sudah mulai berkapasitas 4GB. Lalu, bagaimana dengan smartphone premium ataupun flagship? Untuk perangkat-perangkat tersebut, RAM 4GB sudah jarang digunakan. RAM 6GB dan 8GB kini sudah menjadi semakin lumrah. Dalam setahun dua tahun ke depan, mungkin RAM 10GB untuk sebuah smartphone Android menjadi biasa-biasa saja. Yang jadi pertanyaan, apakah saat ini performa RAM yang sedemikian besar berarti juga peningkatan performa secara keseluruhan akan didapat? Khususnya pada smartphone flagship atau premium yang sudah menggunakan CPU mutakhir terbaik? Sebelum ini, kita sudah membuktikan bahwa peningkatan kapasitas RAM pada smartphone dengan prosesor mainstream tidak terlalu signifikan bedanya

Cara Mengatasi Adapter Wi-Fi yang Tidak Terdeteksi

Saat ini, penggunaan perangkat elektronik seperti smartphone dan laptop sudah menjadi bagian dari kebutuhan sehari-hari. Penggunaan laptop sendiri mulai dari dipakai untuk bekerja, belajar sampai ke untuk kebutuhan hiburan.  Nah, untuk dapat terhubung ke dunia maya, perangkat laptop biasanya disambungkan ke Wi-Fi. Namun apa jadinya jika adapter Wi-Fi yang ada di laptop tidak terdeteksi sehingga pengguna tidak bisa terhubung ke internet? Nah, jangan panik dulu. Berikut ini ada beberapa cara yang dapat Anda coba saat adapter Wi-Fi laptop Anda tidak mendeteksi access point dan tak bisa tersambung. Sebagai gambaran, ketersediaan adapter ini sangat penting karena digunakan untuk menerima dan menyampaikan data dari sinyal koneksi Wi-Fi. Jika keberadaannya tidak terdeteksi dan error tentunya hal tersebut akan membuat produktifitas pengguna menjadi terganggu karena tidak bisa terhubung ke internet. Ok, begini cara untuk mengatasi adapter Wi-Fi yang error dan tidak terdeteksi. 1. Disable

Apakah VGA Bekas Mining Layak Beli?

Umumnya, kita tentu ingin menghindari membeli kartu grafis yang sudah digunakan 24 jam non stop untuk melakukan “penggalian” uang kripto. Tapi berhubung saat ini di pasaran banyak sekali VGA card bekas mining dan harganya sangat miring, mungkin Anda sedang berpikir ulang. Apalagi saat ini pasar sedang dibanjiri VGA bekas karena keruntuhan harga Bitcoin dan kripto secara keseluruhan, sekaligus menandai akhir dari shortage GPU berkepanjangan. Lalu, apakah harga GPU second hand di pasaran yang terjangkau itu merupakan ‘good deal’ yang jangan sampai dilewatkan? Yuk coba kita bahas. Kekhawatiran utama dari membeli VGA card yang bekas dipakai untuk mining adalah performanya akan sudah mengalami degradasi, dan GPU akan fail dalam waktu yang lebih cepat dibanding semestinya. Sebenarnya, kekhawatiran tersebut bukanlah masalah utama. Dalam pengamatan para penggiat teknologi, GPU yang terbiasa digunakan untuk mining tampak tidak mengalami penurunan kemampuan. Mengapa? Para miner berpengalam

Review Zenbook 14 OLED (UM3406), Laptop AI Terbaru Asus

Asus punya laptop baru yang unik dalam wujud Zenbook 14 OLED (UM3406). Sebuah laptop ultraportable yang menawarkan performa tinggi, durabilitas militer, dan teknologi AI melalui fitur Neural Processing Unit (NPU). Hadir melengkapi seri Zenbook 14 OLED (UX3405) yang sudah lebih dulu mendarat di pasaran Indonesia, giliran prosesor AMD Ryzen 7 8440HS yang dipasang di dalamnya. Sebagai gambaran, itu adalah prosesor AMD yang punya performa tinggi namun dengan efisiensi energi yang jauh lebih baik dari pendahulunya.   Dari keterangan resminya, Asus mengklaim bahwa laptop barunya menawarkan performa yang cepat dan responsif, cocok untuk multitasking dan aplikasi intensif. Lalu, apakah klaim yang disebutkan Asus pada produk barunya ini benar adanya? Mari kita bahas.   Desain Salah satu aspek terpenting dalam desain Zenbook 14 OLED adalah profilnya yang tipis. Laptop memiliki ketebalan yang minimalis, hanya 1,49cm, membuatnya mudah untuk diselipkan ke dalam tas tanpa memakan banyak ruang. Bobot

Cara Membuat Twibbon Transparan di Canva

Twibbon adalah gambar atau logo yang ditambahkan pada foto profil di media sosial untuk mendukung suatu kampanye, acara, atau gerakan. Biasanya, twibbon berbentuk bingkai atau stiker yang ditempelkan di sudut foto. Namun demikian, ada pula yang disebut dengan twibbon transparan. Twibbon transparan adalah twibbon yang memiliki latar belakang kosong sehingga tidak menutupi foto profil. Di sisi lain, Canva adalah aplikasi desain grafis online yang mudah digunakan dan memiliki banyak fitur menarik. Salah satunya adalah untuk membantu pengguna membuat twibbon.  Nah, salah satu fitur yang bisa kita manfaatkan untuk membuat twibbon transparan adalah fitur transparansi. Fitur tersebut memungkinkan kita mengatur tingkat kecerahan dan kegelapan dari elemen desain yang kita pilih. Lalu, bagaimana cara membuat twibbon transparan di Canva? Berikut adalah cara membuat twibbon transparan di Canva: Buka situs Canva di browser atau unduh aplikasinya di ponsel pintar Anda. Buat akun Canva jika Anda belu

Xiaomi Akan Hadirkan Smartphone Flip Perdana: Mix Flip

Xiaomi kembali menggebrak pasar smartphone dengan produk terbarunya, Xiaomi Mix Flip. Produk ini diharapkan meluncur pada tahun 2024. Xiaomi Mix Flip menjadi ponsel lipat pertama Xiaomi dengan desain flip yang modern dan inovatif. Berikut adalah ulasan mengenai spesifikasi dan fitur yang ditawarkan oleh Xiaomi Mix Flip. Desain dan Layar Xiaomi Mix Flip Menggunakan desain punch-hole untuk kamera depan berukuran 4,01 inci yang memastikan tampilan yang lebih luas dan immersive. Kecerahan smartphone bisa mencapai 1.600 nits yang dilengkapi dengan earpiece. Layar berbentuk persegi besar di bawah modul kamera belakang, memberikan akses cepat ke notifikasi dan fungsi penting lainnya. Cover screen melengkapi smartphone ini yang bisa digunakan untuk membuka aplikasi dan berguna sebagai widget'smart windows' dalam Xiaomi Mix Flip ini. Performa Prosesor Xiaomi Mix Flip ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3, yang menawarkan kinerja tinggi dan efisiensi daya optimal sama dengan