TikTok Luncurkan Live Subscription, Untungkan Kreator

TikTok membuat dan merilis program baru yang memungkinkan kreator Live-nya untuk menawarkan layanan berlangganan berbayar kepada penggemar mereka. Ujungnya, program ini akan menghasilkan pendapatan bagi pembuatnya dan memberi pelanggan fasilitas tertentu. 

Program baru ini disebut dengan Live Subscription, dan TikTok secara resmi mengumumkan peluncurannya pada hari Senin lalu.


Sebenarnya ini bukanlah konsep baru. Ia sudah diterapkan di aplikasi Twitch, dan TikTok bukanlah platform media sosial pertama yang memulai program serupa. Seperti apa Live Subscription TikTok?

Bagi yang belum tau, Live Subscription TikTok ditujukan untuk penggemar yang ingin menunjukkan dukungan kepada pembuat konten dengan langganan berbayar.


Para penggemar pada dasarnya membayar langganan bulanan. Sebagai imbalannya, penggemar menerima beberapa fitur yang hanya bisa diakses oleh mereka yang berlangganan. Tentunya ini akan sangat menguntungkan kedua belah pihak.

Dengan program ini, kreator bisa mendapatkan penghasilan saat melakukan siaran langsung atau TikTok Live. Pengguna yang berlangganan akan diberikan diberikan akses eksklusif seperti chat khusus subscriber, emotikon khusus pembuat konten, dan tanda yang membedakan mereka dari bukan berlangganan. 

Mari kita rincikan fitur apa saja yang pelanggan dapatkan.

  • Emote khusus seperti emoji mewah yang "dirancang khusus oleh pembuatnya." Emote ini dapat digunakan di tengah sesi Live.
  • Lencana pelanggan atau Subscriber badges diberikan kepada pelanggan dan muncul di samping nama mereka. Lencana ini dapat “ditingkatkan dari waktu ke waktu”.
  • Fitur obrolan khusus Pelanggan hanya dijelaskan secara samar oleh TikTok sebagai fitur di mana “pencipta dan pelanggan mereka memiliki akses eksklusif satu sama lain.” Belum banyak informasi yang dirilis.

Selain itu, kreator juga dapat beralih ke mode obrolan eksklusif khusus. Tujuannya untuk meningkatkan koneksi yang lebih pribadi antara pembuat dan penggemar.


Baca juga:


Hadirnya fitur ini juga merupakan upaya TikTok untuk menawarkan lebih banyak cara bagi pembuat konten untuk menghasilkan uang di platform dan menumbuhkan jumlah penonton mereka, terutama penonton loyal mereka.

Fitur berlangganan ini hanya tersedia untuk kreator yang mendapatkan undangan pada saat ini. Namun TikTok mengatakan fitur ini akan diperluas secara global dalam beberapa bulan mendatang.


Untuk mengakses fitur LIVE Subscription saat ini, syarat untuk mendapatkan undangan ini adalah kreator harus berusia minimal 18 tahun dengan minimal follower berjumlah 1000.

Namun untuk saat ini TikTok tidak menjelaskan secara detail kapan fitur ini akan tersedia untuk semua kreator di TikTok dan seperti apa untuk memenuhi standar mereka. TikTok juga tidak menyebutkan berapa % jumlah pendapatan yang akan mereka ambil dari program tersebut. Semoga saja tidak terlalu besar ya guys!

Tidak ada komentar