Ramadan Tiba, Begini Cara Beramal Melalui Internet

Gaya hidup masyarakat Indonesia, terutama kalangan generasi muda serta masyarakat yang tinggal di kota-kota besar saat ini adalah serba online. Gaya hidup tersebut memudahkan mereka untuk mengakses berbagai kebutuhan sehari-hari. 

Misalnya untuk mencari hiburan, belanja, berkomunikasi dan lainnya. Semua kegiatan tersebut bisa dengan mudah dilakukan dari smartphone ataupun laptop.


Mengingat saat ini masyarakat muslim Indonesia sedang melaksanakan ibadah puasa 1443 Hijriah, orang-orang berlomba-lomba untuk melakukan amal sholeh. Siapa sangka, ternyata kita juga bisa beramal melalui internet.

Berikut beberapa cara berbuat baik melalui internet selama bulan puasa. Tak hanya di bulan puasa, ini bahkan bisa dilakukan juga saat bulan puasa telah usai. Apa saja?


1. Membuat Konten Tentang Dakwah Islami 

Rasulullah SAW bersabda, "Apabila seorang anak Adam mati, putuslah amalnya kecuali tiga perkara: sedekah jariyah atau ilmu yang memberi manfaat kepada orang lain atau anak saleh yang berdoa untuknya." (HR Muslim)

Sedekah jariyah punya keterbatasan karena tergantung kemampuan finansial. Doa anak saleh juga terbatas, tergantung jumlah anak, umur anak, dan keturunannya. Jika punya anak pun belum tentu anaknya sholeh. 

Namun beda dengan ilmu yang bermanfaat. Ia tidak dibatasi waktu, tempat, dan manusia yang mengambil manfaat darinya. Selama masih ada manusia hidup, selama belum kiamat, peluang pahala dari ilmu yang bermanfaat insya Allah terus terbuka.

Setelah internet ditemukan, infrormasi menyebar luas secara masif. Berbagai bidang yang dahulu hanya diakses segelintir orang, kini menyebar luar biasa. Bayangkan, betapa besar pahala Imam Bukhari atau Muslim yang menghimpun hadis untuk menjaga kemurniannya. Setelah berabad-abad, sampai saat ini pun pahala masih mengalir kepada mereka.

Keberadaan media sosial saat ini memiliki daya untuk melipatgandakan pahala, nyaris tanpa biaya dan lebih mudah. Tinggal berbagi inspirasi kebaikan lewat Facebook, Twitter, atau jejaring sosial lain. Semakin tersebar, semakin berganda pula pahala kita. 

Salah satu konten yang dapat dibuat adalah konten dakwah Islami. Sebarkan ayat-ayat Al-Quran dan hadist beserta dengan kajiannya. Gunakan template yang menarik untuk kontenmu agar lebih banyak dibaca oleh netizen.

2. Membuat Konten Tentang Hal Yang Bermanfaat

"Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap Muslim." (HR. Ibnu Majah). Bukan hanya konten dakwah, namun konten tentang ilmu yang bermanfaat juga dapat menambah pundi amalanmu di bulan puasa ini. Ilmu bermanfaat maksudnya adalah ilmu yang diajarkan kepada orang lain lalu diamalkan olehnya. 

Jika ilmu yang telah diajarkan lalu diajarkan lagi kepada orang lain maka ia akan mendapat pahala yang berlipat-lipat meski ia telah meninggal atau bisa disebut dengan amal jariyah. Ilmu bermanfaat di sini haruslah ilmu yang baik dan bermanfaat bagi kehidupan seseorang, dan akan lebih baik lagi jika ilmu tersebut menambah ketaqwaan kepada Allah SWT.

Ilmu yang bermanfaat ini kajiannya luas salah satunya berhubungan dengan kegiatan manusia sehari-hari. Misalnya saja membagikan konten bagaimana cara membuat takjil, membenarkan smartphone dan laptop, membenarkan TV, cara mencuci baju agar lebih harum dan lainnya.

Bukan hanya kegiatan sehari-hari, namun konten-konten tentang dasar keilmuan seperti pengetahuan alam pun bisa menjadi amalan karena seseorang akan lebih memahami bagaimana kehidupan ini diciptakan dan mendalami pengetahuan tentang kuasa Allah SWT sebagai Sang Maha Pencipta.

Ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang membuat akhlakmu indah, rendah hati, dicintai di langit dan dikenang di bumi. Bukan hanya yang dapat membuatmu terkenal saja. Jadi, luruskan niatmu sebelum membuat kontenmu ya.


Baca juga:


3. Beramal Menggunakan Aplikasi Sedekah Online

Bersedekah biasanya dilakukan secara offline, namun kini hanya dengan menggunakan smartphone sedekah dapat dilakukan kapanpun dan di manapun. Bersedekah online juga ternyata tidak membuat pahala sedekahmu berkurang, terlebih jika kamu bersedekah dengan menutupi privasi sebagai pelaku sedekah atau secara anonim.

“Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu.” QS. Al Baqarah: 271

Niatkan sedekah online mu hanya karena Allah SWT sebagai rukun sedekah. Internet hanyalah transportasi onlinemu untuk memberikan sedekah, yang terpenting adalah niat dalam hati saat melakukannya.


Aplikasi yang digunakan untuk sedekah haruslah terpercaya, inilah beberapa situs online dan aplikasi sedekah yang bisa dipakai:

  • Dompet Duafa
  • Sedekah Online
  • Kitabisa
  • Rumah Zakat
  • Badan Zakat Nasional
  • Gojek/Grab
  • Tokopedia 

Nah, bagaimana guys? Sudah siap untuk beramal melalui Internet di Ramadan kali ini? Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar