Apa itu LinkedIn? Bagaimana Cara Mencari Lowongan Pekerjaan di LinkedIn?

Apa itu Linkedln? Bagaimana Cara Mencari Lowongan Pekerjaan di LinkedIn - Pertanyaan-pertanyaan ini kerap muncul di benak kita saat kita berselancar di Internet. Seperti diketahui, Perkembangan teknologi semakin mempermudah orang-orang. Kita ambil contoh, para mahasiswa yang baru saja lulus dari perkuliahan dan sedang mencari pekerjaan.


Para lulusan atau para pencari kerja tersebut tidak perlu menulis berlembar-lembar surat lamaran kerja atapun melakukan banyak mobilitas yang tidak penting dengan mendatangi langsung perusahaan. Cukup dengan melamar kerja melalui berbagai platform penyedia lowongan kerja.

Nah, saat ini banyak sekali dijumpai platform-platform pencari kerja yang menyediakan lowongan kerja. Salah satu di antaranya adalah Linkedln. Aplikasi ini telah memiliki lebih dari 500 juta pengguna yang tersebar di 200 negara. 

Dan selain mencari lowongan kerja, banyak sekali orang yang memanfaatkan platform ini dalam rangka membangun networking baik bagi kalangan professional maupun pemula, sampai mencari prospek klien untuk perusahaan ataupun bisnisnya.


Apa itu LinkedIn?
LinkedIn sendiri merupakan sebuah situs jejaring sosial yang khusus dirancang bagi komunitas bisnis ataupun professional.

Tujuan utamanya adalah untuk memungkinkan para anggotanya membangun serta mengabadikan koneksi dari orang-orang yang dikenal ataupun dipercaya secara professional. Proses pendaftaran untuk menjadi anggota Linkedln dapat dilakukan secara gratis, namun fitur yang lebih lengkap tersedia untuk akun premium.

Berikut ini adalah manfaat yang diperoleh dengan mendaftar Linkedln. Beberapa di antaranya adalah:

Membuat serta membangun profil professional. Hal yang perlu dilakukan adalah melengkapi halaman profil mencakup data diri, foto, riwayat pendidikan, ketrampilan, pekerjaan hingga daftar riwayat hidup. 

Memperluas jaringan. Setelah memiliki profil professional, hal yang harus dilakukan adalah menambah koneksi dengan orang-orang yang memiliki bidang kerja ataupun minat yang sama.

Memperoleh informasi serta inspirasi terkait pekerjaan. Dalam rangka pengembangan diri dan menambah wawasan, Anda dapat mencarinya melalui halaman utama Linkedln yang berisi informasi dari orang-orang.

Memudahkan dalam mencari dan melamar kerja. Dengan adanya fitur search jobs, maka semakin mudah bagi para pencari kerja untuk menemukan pekerjaan impiannya. Cakupan perusahaannya juga sangat luas baik dari perusahaan kecil, menengah ataupun besar sehingga tidak memakan waktu, tenaga serta biaya.

Membuka peluang perekrutan. Banyak sekali perusahaan memanfaatkan kemudahan akses melihat data professional seseorang untuk merekrut karyawan melalui platform ini.

Menghubungkan dengan teman lama. Platform ini juga menyediakan fitur untuk menemukan teman lama. Misalnya teman satu sekolah, teman kampus, ataupun teman di perusahaan tempat bekerja sebelumnya.

Memperlihatkan keahlian. Dengan fitur chat maka Anda dapat melakukan komunikasi dengan orang lain, pertanyaan terbuka dari seseorang tersebut akan memperlihatkan keahlian serta sangat berpengaruh terhadap citra diri Anda.


Baca juga:


Cara mencari lowongan pekerjaan di Linkedln:
Beberapa cara yang dapat ditempuh dalam upaya menemukan pekerjaan di Linkedln adalah:

Menemukan bidang yang ingin ditekuni. Dengan memilih bidang yang ingin ditekuni akan memudahkan dalam melakukan pengisian profil yang akan menghubungkan langsung dengan para perekrut.

Mengganti headline atau jabatan. Hal ini yang akan memudahkan para perekrut untuk melakukan identifikasi, sehingga headline harus berisi posisi yang diinginkan ataupun tengah dijabat.

Membangun elevator pitch. Berisi rangkuman pengalaman dan latar belakang dalam rangka melakukan persuasi kepada para perekrut, bagian ini diletakkan pada kolom summary profil.

Menyertakan portofolio maupun website. Hal ini akan menjadi daya tarik dan memberikan nilai lebih yang membuat para perekrut melirik Anda.

Profil dan informasi yang diberikan konsisten. Semua informasi yang disajikan harus benar dan jelas karena para perekrut profesional yang berpengalaman dapat mengetahui jika ada kebohongan pada CV Anda.


Endorsement. Bagian ini dapat Anda kumpulkan dari atasan, teman ataupun klien sehingga dapat meyakinkan perekrut kerja.

Memilih kata kunci yang sesuai. Kata kunci harus sesuai dengan bidang yang digeluti sehingga perekrut akan mudah menemukan

Mengatur profil. Mengaktifkan pengaturan pada profil menunjukkan pada perekrut bahwa Anda tengah mencari peluang kerja baru.

Selalu update profil. Pastikan untuk selalu mengupdate pelatihan, pengalaman kerja ataupun pencapaian yang baru diperoleh.

Nah, di atas adalah penjelasan tentang apa itu LinkedIn, manfaat LinkedIn dan cara mencari lowongan pekerjaan di LinkedIn. Anda sudah punya LinkedIn atau belum? Kalau belum, langsung bikin ya!

Tidak ada komentar