Cara Desain Vektor yang Gratis dan Mudah. Pakai Canva Saja!

Aplikasi editing foto dan grafik vektor seperti Adobe Photoshop dan Corel Draw sangatlah canggih Namun mungkin tidak semua orang paham tentang fitur dan keungulanya. 

Tidak sedikit juga orang yang mencoba belajar namun gagal di tengah jalan karena kompleksitas software kelas profesional tersebut.


Namun, dengan meningkatnya teknologi di dunia desain ada sebuah flatform yang bagus untuk memulai belajar editing foto dan grafik vektor. Bahkan platform ini dapat mengedit di web, sehingga Anda tidak usah men-downloadnya terlebih dulu. Aplikasi itu adalah Canva.

Canva adalah platform desain grafis yang digunakan untuk membuat image untuk media sosial, presentasi, poster, dokumen dan konten visual lainnya. Aplikasi ini juga menyediakan beragam contoh desain untuk digunakan.


Ada dua jenis layanan yang disediakan di Canva. Yakni layanan gratis dan juga berbayar.

Yang menarik, di versi gratis pun tersedia banyak template yang tentunya juga gratis yang bisa Anda pakai untuk selanjutnya digunakan untuk kepentingan pribadi dan bisnis. Tentu yang versi berbayar punya banyak template dan fitur lain yang disediakan.

Biasanya, kalau kita bekerja di Photoshop dan Corel Draw, kita harus memiliki objek lebih dahulu dan akan diolah menjadi desain mentah. Setelah itu desain tersebut diselesaikan sampai berbentuk desain jadi untuk kemudian kita finishing dan repair. 

Cara konvensional ini, meskipun bisa menghasilkan karya yang sangat baik, namun banyak pengguna yang merasa repot untuk melakukannya.

Di Canva, tak perlu repot bekerja sendirian, Anda juga dapat mengerjakan desain bersama-sama, khususnya ketika sedang editing dengan fitur kolaborasi. 

Teknisnya, Canva akan membuat sebuah grup dimana di dalamnya Anda dapat berbagi desain dan memberikan tanggapan terhadap desain orang lain.


Baca juga:


Dari sisi template, di Canva ada banyak kartu ucapan hari raya, ulang tahun, bahkan ucapan kelulusan. Ini yang membuat Canva banyak penggunanya, karena simpel dan tinggal edit-edit sedikit.

Canva sendiri dibuat oleh produsen asal Australia. Ada banyak versi yang disediakan mulai dari Canva, Canva Pro, Canva for Enterprise sampai Canva for Education. Canva juga menyediakan produk fisik untuk dicetak dan dikirimkan kerumah Anda. 

Sebagai contoh, ketika Anda selesai membuat sebuah desain dan menyelesaikan, ketika akan memilih Save desain, Anda juga bisa sekalian mencetak dan mengunduhnya untuk disimpan di perangkat Anda.


Dengan fitur-fitur yang disediakan, kami yakin semua orang akan mudah dan merasa senang melakukan editing karena tampilan Canva yang simpel dan ringkas. 

Namun apabila Anda ingin menggunakan aplikasi editing foto dan grafik vektor yang lebih baik lagi, tentunya Anda dapat menggunakan aplikasi seperti Photoshop dan Corel Draw. Pilih mana?

1 komentar

Anonim mengatakan...

Very interesting and informative article content. let's access other cool articles related: https://unair.ac.id/