Ditinggal Peminat, Aplikasi Clubhouse Bakal Hadir di Android

Clubhouse yang merupakan aplikasi audio chatroom diluncurkan pada April 2020 sebagai aplikasi eksklusif di iOS. Aplikasi ini langsung mendapatkan popularitas besar beberapa saat setelah peluncurannya.

Futur yang dihadirkan dari aplikasi ini sebenarnya tidaklah terlalu baru. Ia serupa dengan platform lainnya seperti Discord, Instagram Live Rooms, Reddit Talk, Telegram Voice Chats 2.0, dan Twitter Spaces.


Di saat yang sama, Facebook dan LinkedIn sendiri bahkan tengah bekerja untuk merilis alternatif dan akan merilis aplikasi obrolan audio dan podcasting miliknya sendiri. Lalu, apa yang menarik dari Clubhouse dan apakah mereka akan kalah jumlah pengguna?

Tidak mau ketinggalan popularitas, Clubhouse kini mulai menguji versi beta dari aplikasi mereka. Menariknya, mereka akan menjajal untuk versi Android-nya.


Versi betanya ini pun baru tersedia dan dilakukan pengujiannya oleh beberapa  pengguna terpilih saja. Tapi jangan salah, meski belum ada versi Android-nya, Clubhouse yang kini hanya tersedia di perangkat iOS telah mendapatkan popularitas yang luar biasa dalam beberapa waktu terakhir.

Kabarnya, perusahaan perangkat lunak Alpha Exploration Co. yang sedang mengerjakan versi Android dari aplikasi tersebut. Namun sejauh ini, pihak developer pun belum mengonfirmasi kapan platform tersebut akan diluncurkan untuk pengguna Android. 

Baru-baru ini, CEO Clubhouse Paul Davison dalam wawancara dengan salah satu pendiri Microsoft yaitu Bill Gates, mengonfirmasi bahwa aplikasi Clubhouse untuk Android tengah digarap dan sedang dalam proses.

Popularitas Clubhouse telah menyebabkan platform saingan lainnya, termasuk Facebook, Telegram, Twitter, dan Instagram, mengembangkan alternatif mereka sendiri dan 'meniru' fitur yang tersedia di Clubhouse.


Baca juga:


Alasan Clubhouse merilis aplikasi Androidnya dengan perkembangan yang cepat karena mungkin mereka tengah kehilangan sebagian besar basis pengguna potensial yang beralih ke platform lain seperti Twitter's Spaces atau Telegram's Voice Chat 2.0, yang sudah tersedia untuk pengguna Android.

Kian hari popularitas Clubhouse terlihat perlahan-lahan menyusut. Penyusutan popularitas ini dilihat dari melambatnya jumlah unduhan dalam beberapa bulan terakhir. 

Pada Maret 2021, jumlah unduhan Clubhouse turun menjadi 2,7 juta yang asalnya bisa mencapai 8,1 jutaan di bulan Februari 2021. 

Tren penurunan tersebut berlanjut hingga April 2021, di mana jumlah unduhan Clubhouse semakin berkurang drastis. Jumlah unduhan pun hanya mencapai 992.000 kali download secara global.


Menurut juru bicara Sensor Tower, pertumbuhan jumlah pengunduh di bulan April menunjukkan menurunnya jumlah unduhan Clubhouse dalam beberapa bulan terakhir yang sangat drastis.

Sampai saat ini Clubhouse belum mengonfirmasi kapan aplikasi Android yang stabil dan bukan beta test akan diluncurkan untuk semua pengguna.

Tidak ada komentar