Cara Membersihkan Keyboard Laptop yang Baik dan Benar

Ada sebuah studi yang menarik nih guys. Menurut penelitian yang dilakukan oleh perusahaan IT CBT Nuggets, keyboard laptop dapat membawa bakteri sampai dengan 20.000 kali lebih banyak daripada dudukan toilet yang Anda gunakan. 

Yang jadi masalah, dengan banyaknya pekerjaan, sekolah, sosialisasi, dan hiburan yang kini dilakukan secara online, penggunaan laptop tentunya menjadi lebih sering.



Selain bakteri yang tak kelihatan, masalah lainnya adalah kotoran. Apakah Anda pernah mengalami kesulitan dengan banyaknya remah-remah, debu, sidik jari, bulu hewan peliharaan, atau residu lengket dan lainnya? Tentu hal ini mengganggu ya guys.


Nah tentunya akan lebih baik jika kita membersihkan keyboard laptop kita secara benar agar kita terhindar dari kuman dan bakteri. Bagaimana cara membersihkan keyboard laptop yang baik dan benar.


Sebelum memulai pembersihan, matikan laptop terlebih dahulu. Pastinya kamu tidak ingin kan, secara tidak sengaja menekan kombinasi tombol pintas yang menyebabkan bencana pada perangkat. 

Cabut juga dari charger ya, untuk mengurangi risiko korsleting jika ada uap air di dalamnya. Dan pastikan kamu sudah melakukan backup terhadap semua data penting. Jikalau terjadi kesalahan besar, datamu masih tetap aman.

Untuk membersihkan remah-remah terbesar, debu, atau kotoran lain yang berkeliaran di keyboard, balikkan laptop dan biarkan kotoran jatuh sendirinya. Ketuk perlahan bagian bawah chassis untuk menghilangkan partikel yang membandel. 

Kamu juga dapat menekan kain pembersih ke dalam ruang di antara tombol Anda, yang akan menempel dan mengambil kotoran. Jika cara tersebut belum berhasil, dekatkan keyboard dengan penyedot debu. Pastikan menggunakan alat tambahan kecil dengan pengaturan daya terendah. 



Baca juga:

Kamu juga bisa memblow keyboard-mu dengan udara kompresi kalengan. Semprotkan udara dengan pola zig-zag agar tidak ada celah yang terlewat, dan pastikan menekan semua sisi setiap tombol. 

Jika tidak memiliki udara bertekanan, kamu bisa coba perangkat lain yang menghembuskan udara. Pengering rambut yang diset di level paling rendah misalnya. Tapi jangan menyemprotkan udara langsung di bawah penutup tombol ya, karena dapat merusak elektronik yang sensitif.

Selanjutnya, bersihkan permukaan keyboard itu sendiri untuk menghilangkan kuman, kotoran dan noda. Pertama, bersihkan semuanya dengan lap desinfektan. Hindari tisu yang mengandung pemutih. 

Jika tidak memiliki tisu, kain lembut dengan sedikit alkohol gosok juga bisa digunakan. Seka keycaps satu per satu, serta area di antaranya, untuk memastikan setiap tempat pada keyboard mendapat polesan.

Jangan gunakan tisu yang terlalu basah apalagi menetes karena dapat menyebabkan korselting pada perangkat. Jangan juga menyemprotkan air atau cairan pembersih apapun langsung ke keyboard. 



Selanjutnya, bersihkan keyboard dengan lap yang bersih dan kalu punya, pakailah lap mikrofiber agar keyboard tidak lembab. 

Cobalah untuk menghindari apa pun yang bersifat abrasif dan dapat menggores tombol, seperti handuk kertas. Terakhir, keringkan keyboard dan, voila, keyboard menjadi lebih fresh dan bersih. Mengetik pun menjadi nyaman kembali. Coba deh!

Tidak ada komentar