Bocoran Spesifikasi Samsung Galaxy Note 20 Ultra dengan Exynos 990

Smartphone Samsung Galaxy Note 20, Galaxy Note 20+ dan Galaxy Note 20 Ultra diperkirakan akan diluncurkan minggu depan dalam acara Galaxy Unpacked 2020, tepatnya pada 5 Agustus mendatang.

Sebagai gambaran, Samsung Galaxy Note 20 Ultra adalah handset top-of-the-line di line-up tersebut. Jajaran Smartphone ini sendiri diharapkan akan diluncurkan dengan Exynos SoC serta prosesor Snapdragon.


Dalam perkembangan terakhir, versi Exynos Galaxy Note 20 Ultra telah muncul pada laman Geekbench dan dilaporkan memiliki kinerja yang lebih buruk dibandingkan dengan versi Snapdragon-nya.



Menurut daftar Geekbench, yang pertama kali dilihat oleh MySmartPrice, Samsung Galaxy Note 20 Ultra dengan nomor model Samsung SM-N986B mencetak skor 928 dalam single-core dan 2,721 dalam tes multi-core.

Daftar itu juga menunjukkan bahwa smartphone akan dilengkapi dengan prosesor Exynos 990 milik Samsung yang dipasangkan dengan RAM hingga 12GB. Secara out-of-the-box, smartphone akan berjalan di Android 10.


Seperti yang dilaporkan oleh PhoneArena, Samsung Galaxy Note 20 Utra varian Snapdragon dengan nomor model SM-G986U masing-masing mencetak 985 dan 3220 poin dalam pengujian core tunggal dan multicore. Sedikit lebih baik dibanding versi Exynos.

Seperti disebutkan, Samsung meluncurkan smartphone-nya dalam dua varian di wilayah berbeda: satu dengan Qualcomm Snapdragon SoC dan yang lainnya dengan prosesor Exynos.

Laporan sejumlah media mengatakan bahwa Samsung Galaxy Note 20 series akan menggunakan platform seluler Snapdragon 865+ di negara-negara tertentu seperti Amerika Serikat. Dan di sebagian besar negara, ponsel ini dikatakan dilengkapi dengan Exynos 990 SoC.

Kabar terbaru datang dua hari setelah kebocoran dari YouTuber dan akun Twitter bernama @TheGalox_ yang menyebutkan bahwa prosesor Exynos 990 pada seri Galaxy Note 20 akan menjadi versi perbaikan dari Exynos 990 SoC yang terlihat pada seri Galaxy S20.

Keterangan rahasia selanjutnya mengatakan bahwa ini akan menjadi versi perbaikan dari Exynos 990 SoC dan mungkin memiliki optimasi yang lebih baik daripada rekan Snapdragon-nya.


Baca juga:

Menurut sumber yang tidak disebutkan namanya, prosesor akan 'seperti Exynos 990+ SoC' tetapi Samsung akan terus mencapnya sebagai Exynos 990. Sumber tersebut juga mengklaim bahwa Exynos 990 SoC akan 'berjalan sekeren dan secepat model Snapdragon'.

Namun, perbedaan skor Geekbench dari Galaxy Note 20 Ultra yang disebutkan di atas menceritakan kisah yang berbeda. Kita harus menunggu selama beberapa hari dan melihat bagaimana semuanya berjalan.

Dalam laman terkait lainnya, diklaim bahwa Samsung Electro-Mechanics, anak perusahaan yang menyediakan kamera untuk smartphone andalan raksasa Korea Selatan, akan memasok kamera dengan stabilisasi gambar optik ke seri smartphone Galaxy A.

Menurut sebuah laporan dalam laman publikasi Korea Selatan The Elec, kepala Samsung Electro-Mechanics mengatakan, kamera resolusi tinggi perusahaan akan sedang menuju ke ponsel mid-range Samsung.


“Adopsi modul multi-kamera berkinerja tinggi untuk smartphone berkembang ke produk mid-end atau dengan budget harga sedang. Samsung sedang mempertimbangkan untuk memasukkan modul kamera performa tinggi ke smartphone mid-end," kata Bae Kwang-wook, Wakil Presiden Samsung Electro-Mechanics.

Disebutkan, Samsung juga akan memperluas ukuran bisnis dengan mengamankan daya saing harga. Ini bisa berarti bahwa smartphone A-series pada tahun 2021 bisa datang dengan kamera resolusi tinggi seperti yang juga dapat kita lihat dalam model-model unggulan.

Tidak ada komentar