Samsung Galaxy Watch 3, Jam Kece yang Kekinian

Smartwatch merupakan jam tangan yang telah dibekali banyak fitur dari seperti smartphone. Padahal, saat pertama kali muncul, smartwatch hanya bisa digunakan sebatas untuk mendengarkan musik saja.

Akhir-akhir ini, smartwatch menjadi salah satu device yang sangat populer. Alasannya, selain untuk bergaya, smartwatch dapat membantu kehidupan sehari-hari sehingga menjadi lebih mudah. Selain memiliki bentuk yang  bermacam-macam dan artistik, smartwatch juga memiliki banyak kegunaan.


Selain menjadi alat pelengkap smartphone, misalnya untuk membaca pesan singkat yang masuk sampai menjawab panggilan telepon, smartwatch juga kini menghadirkan fitur pendukung kesehatan. Misalnya jumlah langkah yang sudah ditempuh, kalori yang sudah dibakar saat berolah raga dan setersunya.


Samsung merupakan brand yang terkenal dengan produk alat-alat elektroniknya, salah satunya yaitu produk smartphone. Dengan tingginya popularitas smartwatch, brand asal Korea Selatan itu pun tentu kerap me-release dan meramaikan produk smartwatch di pasar dunia. 



Samsung pertama kali merilis seri smartwatch mereka yaitu Galaxy Watch pada bulan Agustus 2018 lalu. Yang menarik, dikabarkan pada tahun 2020 ini Samsung akan memperkenalkan smartwatch terbarunya yang bernama Galaxy Watch 3 bersama dengan produk smartphonenya Galaxy Note 20, Galaxy Z Flip 5G, dan Galaxy Fold 2 pada bulan Agustus.

Dilansir dari Gizchina, smartwatch ini telah mendapatkan sertifikasi Bluetooth SIG dan terlihat dikabarkan memiliki dua versi yakni ukuran 41mm dan 45mm. Selain itu juga, dengan mendapatkan sertifikasi Bluetooth SIG, artinya smartwatch ini memiliki konektivitas Bluetooth 5.0.



Baca juga:

Dilansir dari GSMArena, smartwatch Samsung Galaxy Watch 3 memiliki case berbahan stainless steel, lapisan kaca Gorilla Glass DX, serta memiliki ketahanan di dalam air hingga kedalaman 5 atmosfir (50 meter).

Smartwatch ini juga sudah miliki standar MIL-STD-810G. Standar MIL-STD-810G sendiri merupakan pengujian yang dilakukan seperti uji banting, uji ketahanan engsel dan uji panel terhadap tekanan. Saat ini, uji ketahanan sebuah perangkat yang biasa digunakan adalah US MIL-STD-810 yang merupakan standard test militer.

Untuk spesifikasi lainnya, Samsung Galaxy Watch 3 akan memiliki layar 1,4 inci (45mm) dan 1,2 inci (41mm), dengan ketebalan sekitar 11mm. Belum diketahui jenis prosesor yang digunakan, dengan kapasitas RA-nya. Namun memori penyimpanan internal diperkirakan akan tersedia dalam varian 1GB dan 8GB.


Smartwatch ini diprediksi akan menjalankan Tizen OS 5.5 dari Samsung. 

Selain sensor detak jantung dengan delapan fotodioda, Galaxy Watch 3 juga dapat memantau tekanan darah serta elektrokardiogram (ECG). Kapasitas baterainya masing-masing 340mAh untuk varian 45mm dan 247mAh untuk 41mm. Menarik bukan?

Tidak ada komentar