Manfaat Media Sosial untuk Kelangsungan Bisnis Anda

Media sosial adalah raja baru dalam industri pemasaran digital. Sudah terlewat jadul jika hari-hari yang digunakan untuk berbisnis hanya bergantung pada alat pemasaran tradisional.

Di era saat ini, langkah-langkah pemasaran digital seperti media sosial, situs web dan alat terkait lainny, wajib digunakan untuk meningkatkan visibilitas digital.



Ada banyak industri seperti e-commerce dan ritel yang mengandalkan platform media sosial. Karena itu, berikut adalah beberapa alasan kuat mengapa Anda selaku pelaku bisnis harus menggunakannya sebagai sarana pemasaran yang efektif dan efisien.


1. Pemasaran yang lebih baik
Tidak ada keraguan bahwa platform media sosial seperti Instagram, Facebook dan Snapchat dapat digunakan sebagai sarana pemasaran yang efektif. Anda dapat menjual produk dan layanan Anda dengan lebih efektif mengingat banyaknya penonton dan pengguna layanan social media yang tersedia.


Hal ini juga menjembatani kesenjangan antara audiens sebagai calon pembeli dan penjual. Selain itu media sosial memberi penjual kemampuan untuk menjangkau audiens dengan lebih mudah dan nyaman.

2. Lebih murah
Ada kesalahpahaman besar yang terjadi di pasar dewasa ini. Pemasaran media digital dan pemasaran media sosial sering di klaim merupakan cara yang mahal untuk memasarkan layanan atau produk Anda.

Padahal, teknik pemasaran tersebut kebalikan dari apa yang telah diklaim oleh banyak orang. Jaringan media sosial dapat digunakan untuk mengurangi anggaran secara signifikan. Mengingat bahwa jaringan pada media sosial cukup bebas digunakan.

Anda selaku pelaku bisnis dapat memasarkan dengan cara apa pun yang Anda inginkan selagi itu tidak mengganggu orang lain.



Baca juga:

3. Lebih Terlihat Profesional
Semua merek besar yang ada saat ini lazim dilihat iklannya pada media sosial. Merek-merek seperti Pepsi, Wardah, Indomie dan lainnya hampir semuanya memiliki visibilitas media sosial. Terlihat jelas bahwa merek memanfaatkan media ini untuk melakukan pemasaran yang efektif, dan  sekarang sudah menjadi bagian dari tren.

Terlepas dari bisnis yang ingin Anda lakukan, sangat penting bagi Anda untuk menggunakan panel media sosial untuk membawa image yang lebih profesional ke profil toko dan barang Anda.

4. Hasil  pemasaran yang lebih baik
Dibandingkan dengan langkah pemasaran lainnya, media sosial selalu terbukti lebih baik dalam hal hasil yang didapatkan. Ada banyak cara di mana platform media sosial lebih baik dalam hal hasil.

Statistik dan laporan lain menunjukkan bahwa tingkat konversi lead ke penjualan lebih baik ketika Anda menggunakan media sosial. Selain itu, melalui media ini, Anda dapat memasarkan dengan cara apa pun yang Anda inginkan. Dari menggunakan visual hingga konten tekstual, Anda dapat meyakinkan audiens dengan cara Anda sendiri, sekreatif mungkin.

5. Pendekatan bisnis yang dapat disesuaikan
Seperti pada poin sebelumnya, saluran media sosial dapat digunakan untuk pendekatan yang lebih khusus. Jika Anda memakai agen pemasaran tradisional, kemungkinan besar akan memberi Anda satu pendekatan yang dipaksakan cocok untuk semua.


Ini tidak terjadi dengan pemasaran di media sosial. Sebabnya karena memungkinkan Anda untuk menjadi sekreatif mungkin. Ini memberi Anda kemampuan untuk menyusun strategi pemasaran sendiri dengan cara apa pun yang sesuai dengan bisnis Anda.

Nah bagaimana, sudah ada gambaran untuk bisnis Anda ke depannya? Mungkin Anda bisa memulainya dengan memasarkan produk yang kalian jual pada media sosial Anda masing-masing. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar