Tips Cara Menjaga Konsol Game Agar Awet

Tujuh tahun adalah kurun waktu yang lama di dunia teknologi. Anda mungkin tidak akan menggunakan smartphone yang sama selama tujuh tahun terakhir, atau laptop yang sama. Tetapi jika Anda membeli Xbox One atau PlayStation 4 baru pada tahun 2013 ketika konsol tersebut mulai dijual, mungkin saja Anda masih terkadang menggunakannya.

Dan usia konsol Anda tersebut akan menjadi tujuh tahun pada saat ini. Hal yang sama juga akan terjadi ketika konsol generasi berikutnya seperti Xbox Series X dan PlayStation 5 diluncurkan.


Tetapi dengan harga yang diperkirakan di sekitar US$400 hingga US$600 dan dengan ketersediaan yang berpotensi terbatas karena gangguan rantai pasokan yang disebabkan Coronavirus, ada lebih dari beberapa alasan untuk menunda menjadi pemilik kedua consol ini saat awal-awal diluncurkan. Apa itu?

Konsol bisa berubah-ubah, kebanyakan merupakan kotak tertutup dan menghasilkan banyak panas dan seringnya didiamkan di ruang tamu atau ruang keluarga dan sebagian besar masih memiliki hard disk berputar dan drive optik. Kedua hal tersebut dapat menjadi titik kelemahan dari sebuah konsol. 

Meskipun ada banyak generasi konsol saat ini, termasuk PS4 Pro dan Xbox One X yang lebih baru, kiat-kiat berikut sangat penting untuk menjaga perangkat keras yang lama dan juga yang baru.



Jaga tetap dingin
Apakah kipas di konsol Anda berjalan seperti turbin angin? Jika mesin game Anda macet, hal itu tidak mengejutkan. Konsol memiliki CPU dan GPU tingkat PC gaming, yang dapat menjadi panas. 

Panas adalah musuh elektronik rumah tangga. Berikut adalah beberapa tips dasar untuk menjaga hal-hal tetap dingin dan berangin.
  • Jangan simpan konsol Anda di lemari kaca atau kayu yang tertutup, terutama saat sedang dijalankan.
  • Jangan menumpuk perangkat lain - kotak kabel atau konsol lain, misalnya - di atas konsol Anda.
  • Pertimbangkan untuk menaruhnya di atas tatakan atau meja sehingga memberikan aliran udara yang lebih baik.
  • Gunakan kipas khusus secara teratur untuk meniup debu dan serpihan, terutama dari ventilasi kipas konsol.
Tingkatkan hard drive ke SSD
Setiap hard drive mekanis memiliki peringkat MTBF, mean time before failure atau "rata-rata waktu sebelum mengalami kegagalan" dan untuk drive jadul, kegagalan ini sangat mematikan.

Jika hard drive memiliki piringan berputar, seperti yang ditemukan di Xbox One atau PS4, akhirnya akan mati juga, ini agak lambat dibandingkan dengan solid state drive yang lebih baru.

Drive sekitar tahun 2013 dengan 5400rpm tidak dapat bersaing dengan SSD modern. Model yang lebih baru, bahkan Xbox One X dan PS4 Pro, masih disertakan dengan drive HDD, tetapi PS5 dan Xbox Series X akhirnya akan menjadi SSD penuh.

Untungnya, mengganti atau memutakhirkan penyimpanan adalah salah satu cara termudah dan paling efektif untuk memberi Xbox atau PlayStation pembaruan yang membuat konsolnya awet.



Baca juga:

Berikut ini adalah panduan langkah demi langkah untuk menambahkan penyimpanan ke PS4, termasuk opsi penyimpanan internal dan eksternal, bersama dengan beberapa drive SSD baru yang murah.

Xbox One sedikit lebih sulit untuk masuk, tetapi juga mungkin. Panduan iFixit ini komprehensif dan menguraikan beberapa alat tambahan yang Anda perlukan, termasuk spudger.

Untungnya, kedua konsol sekarang mendukung drive eksternal, jadi mungkin lebih mudah untuk hanya menghubungkan satu untuk penyimpanan tambahan dan lebih cepat. Tidak diperlukan alat.

Pasang kembali drive optik
Begitu banyak gamer menggunakan unduhan digital sekarang sehingga Anda bahkan mungkin tidak memperhatikan jika drive optik konsol Anda tidak berfungsi. Kecuali Anda memiliki permainan yang harus dimainkan pada disk fisik.

Anda harus mencari drive baru yang didukung oleh motherboard PS4. Atau dalam kasus Xbox One, tukar papan sirkuit internal dari drive optik lama ke yang baru.

Perbaiki masalah perangkat lunak dan OS
Hampir setiap masalah loading atau masalah perangkat lunak yang di alami pada konsol diperbaiki dengan mem-boot ulang. Tapi langkah ini tidak selalu berhasil.


Langkah selanjutnya dan terakhir dilakukan untuk menyegarkan konsol yang lamban adalah mengembalikannya ke pengaturan pabrik.

Nah, kalau beberapa langkah-langkah di atas sudah Anda coba, mungkin Anda belum tentu membeli konsol Sony ataupun Microsoft terbaru itu. Ya kan?

Tidak ada komentar