Instagram Meluncurkan Fitur ‘Guides’ yang Fokus Pada Kesehatan Mental

Kabar baru bagi para pengguna Instagram,  aplikasi ini telah meluncurkan fitur baru bernama “Guides” atau panduan yang memungkinkan pengguna menemukan konten yang dikuratori dari pencipta tertentu.

Mengingat pandemi Covid-19, aplikasi ini awalnya bermitra dengan sekelompok kecil Konten Kreator dan organisasi di seluruh dunia yang ditujukan secara khusus untuk menciptakan konten kesehatan.



Alih-alih digunakan sebagai sarana membuat posting baru, Guides memungkinkan pembuat mengkonsolidasikan konten yang telah tersedia ke satu tempat. Foto, video ataupun galeri yang ditautkan pada setiap Guides bersumber dari profil pembuatnya atau dari profil pengguna lain di Instagram. 



Untuk melihat fitur Guides ini, pengguna dapat mengklik ikon pamphlet-like di profil partisipator, atau mencari di dalam Story pencipta untuk menyebutkan panduan baru. Dalam beberapa hari, Guides akan tersedia di tab Explore, yang akan memudahkan pengguna mencari tips kesehatan mental dan menemukan informasi dari sumber yang memiliki reputasi baik di salah satu partisipator.

Di antara akun yang berpartisipasi pertama adalah American Foundation for Suicide Prevention, Heads Together di Inggris, Vita Alere di Brazil, Sudah Dong di Indonesia and e-Enfance di Prancis.

Baca juga:

Heads Together, sebuah kelompok kesehatan mental, memulai dengan panduan untuk berbicara tentang perasaan kita. Pada postingannya terdapat 30 postingan yang mendorong pembaca untuk berbagi kecemasan mereka dan mendorong orang lain untuk berbagi juga. Selain itu mereka mengajak pembaca untuk memanfaatkan layanan kesehatan mental yang tersedia untuk umum. 

Artis India Deepika Padukone  menyebut Guides sebagai "Kesehatan Mental di masa COVID-19" yang menawarkan tips untuk self-care, seperti mengasah keterampilan dan melakukan apa yang pembaca sukai. Headspace Australia menawarkan kiat untuk mempertahankan pikiran yang sehat, seperti tetap beraktifitas serta mengurangi alkohol dan obat-obatan.



Guides adalah langkah terbaru dari Instagram untuk menggunakan platform ini untuk mengatasi masalah kesehatan mental, seperti keputusan untuk menghapus ‘suka’ dari pos tahun lalu. Hanya tiga tahun yang lalu, survei Royal Society for Public Health menemukan bahwa Instagram adalah media sosial terburuk untuk kesehatan mental, khususnya untuk citra tubuh dan kecemasan, karena postingan yang memberikan harapan yang tidak realistis dan menciptakan perasaan tidak mampu dan rendah diri. 

Sekarang, kita hidup di dunia yang berbeda. Entah itu keinginan untuk menciptakan solidaritas di antara para pengguna, strategi untuk tetap relevan dan realistis serta menangani gelombang kesehatan mental. Kini Instagram menjadi tempat yang lebih bersahabat.




Sementara Guides saat ini terbatas pada fokus kesehatan mental, fitur ini kemungkinan akan diperluas untuk mencakup berbagai industri dan topik dari influencer, tokoh masyarakat, organisasi dan penerbit. Sebenarnya, Guides awalnya dirancang untuk penggunaan saat pengguna berada di perjalanan, tetapi Instagram memutar arah karena pandemi.

Tidak ada komentar