Cara Menghemat Kuota Internet Saat di Instagram

Musim liburan dan Lebaran merupakan momen-momen di mana kita warga netizen yang juga sebagai pengguna smartphone ataupun penggemar fotografi banyak melakukan dokumentasi foto lalu mengunggahnya di Internet. Untuk upload foto-foto ke Internet sendiri, apalagi aplikasi paling beken yang enak digunakan untuk sharing dan panjat sosial kalau bukan Instagram?

Yang jadi masalah, nggak semua dari kita punya kuota unlimited saat mengisi liburan. Kalau di hari biasa, kita punya akses super kencang dan kuota berlimpah-limpah baik wifi di rumah ataupun di kantor. Mager dikit, kita bisa sambil santai-santai di gerai kopi semacam Starbucks atau nongkrong di mall yang juga menyediakan akses wifi gratis. Kalau di kampung halaman?


Satu-satunya harapan adalah paket Internet dari operator. Paket Internet unlimited, tentu ada. Tapi ya nggak murah. Butuh sehari, seminggu bisa saja sebenarnya. Tapi ya, sayang kan, kalau sudah mahal-mahal beli paket internet unlimited tetapi cuma buat upload foto di Instagram. Alternatifnya, ya dihemat saja kuota internetnya? Maksudnya?


Bukan. Bukan menghemat dengan jarang upload atau jarak cek Instagram untuk melihat timeline dan posting insta story teman-teman, sahabat dan kerabat. Tetapi gunakan fitur baru Instagram untuk menghemat kuota. Memang ada? Bagaimana caranya? Nah ini dia:

Baca juga:

•    Pertama, dari tampilan utama aplikasi Instagram Anda, klik icon settings (garis tiga) di sudut kanan atas.
•    Berikutnya, klik settings di paling bawah
•    Setelah itu, klik di bagian Account
•    Berikutnya, klik di bagian Cellular Data Use
•    Setelah itu, di bagian Use Less Data, geser slider Data Saver ke kanan
•    Berikutnya tap di bagian High Resolution Media lalu pilih salah satu. Kalau kuota Internet Anda terbatas, beri saja centang di Wifi Only.


Kalau sudah demikian, foto-foto resolusi tinggi hanya akan di-download oleh Instagram dan ditampilkan di timeline Anda hanya saat smartphone terhubung ke Wifi saja.

Sebagai informasi, fitur Mode Penghemat Data ini sendiri baru diluncurkan secara bertahap oleh Instagram mulai tanggal 5 Juni 2019 dan akan tersedia secara global untuk perangkat Android. Kalau di aplikasi Instagram Anda belum ada fitur ini, coba cek PlayStore apakah Instagram Anda perlu di-update, atau Anda memang belum kebagian. Informasi lebih lanjut mengenai fitur ini, kunjungi Pusat Bantuan Instagram.

Tidak ada komentar