Cara Melihat Foto Instagram Versi Asli, Resolusi Tinggi Alias High Resolution

Kalau kita sedang menelusuri lini masa kita di Instagram, kadang kita menemukan foto-foto yang sangat bagus dan ingin kita lihat versi ukuran aslinya. Tapi sayangnya, Instagram tidak memungkinkan kita untuk melakukan hal tersebut meski dari dalam aplikasinya. Pasalnya, semua foto-foto yang diupload ke media sosial tersebut di-resize ataupun di-scale down. Intinya, resolusi fotonya jadi turun.

Jangankan di foto milik akun orang lain, foto yang kita upload ke akun Instagram kita sendiri pun, nggak bisa kita lihat versi resolusi tingginya.


Tapi jangan khawatir. Ada satu trik atau cara untuk mengatasi permasalahan ini. Dengan trik yang ini, kita bisa melihat foto asli yang diupload ke Instagram, baik miliki kita, atau bahkan milik akun Instagram orang lain. Bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkah berikut untuk melihat foto asli yang di-upload ke Instagram:


Baca juga:

•    Pertama-tama, buka website Instagram menggunakan browser. Bisa di laptop, PC desktop, atau dari smartphone, tablet. Setelah itu, login ke akun Anda. Tidak login pun tidak mengapa, tetapi tentunya Anda tidak akan bisa melihat foto-foto akun yang di-private yang padahal sudah menjadi teman Anda dan ingin Anda lihat fotonya.
•    Lihat posting-posting di timeline yang ingin Anda lihat versi full size-nya. Atau bisa juga klik di profile user yang bersangkutan untuk melihat foto-foto yang pernah ia posting.

Sebagai catatan, Anda tidak bisa mengklik foto dan langsung melihat versi aslinya dari timeline. Jadi, Anda harus masuk ke profile page user yang bersangkutan terlebih dahulu.

•    Nah, ini bagian yang paling penting. Setelah Anda klik pada foto yang ingin Anda lihat versi aslinya, tambahkan “media/?size=l” di kolom URL di browser Anda. Tidak perlu tanda kutip.
•    Contohnya seperti ini: https://www.instagram.com/p/By8vZ-2Fl4s/ menjadi https://www.instagram.com/p/By8vZ-2Fl4s/media/?size=l. Contohnya seperti ini:


•    Setelah menambahkan parameter tersebut, tekan enter.

Nah, sekarang Anda akan melihat versi asli dari foto yang diupload ke Instagram dan Anda bisa simpan ke harddisk ataupun storage smartphone Anda, untuk dijadikan wallpaper misalnya dengan klik kanan lalu pilih Save Image As... Tetapi pastikan Anda minta izin dulu ke pemilik aslinya ya.


Sebenarnya, Anda juga bisa melihat versi medium-nya atau thumbnail-nya dengan parameter “media/?size=m” atau “media/?size=t” siapa tahu Anda membutuhkan. Kode m merupakan kode untuk medium dan t untuk thumbnail, sama seperti kode l untuk large di atas.

Mudah bukan? Selamat mencoba!

Tidak ada komentar