Baru! Google Duo Dukung Video Call Grup Hingga 32 Orang

Sebelum marak aplikasi video call seperti di masa pandemi Covid-19 dan WFH saat ini, Google sebenarnya sudah merilis aplikasi Google Duo, pada tahun 2016 yang lalu.

Aplikasi yang digunakan untuk video call ini dapat digunakan di berbagai gadget seperti smartphone, tablet dan komputer. Ia memiliki fitur yang dapat mengoptimalkan video call dengan resolusi HD dan tentunya memiliki enkripsi End-To-End yang dapat mengamankan isi dari video call pengguna.


Google Duo ini memang sudah cukup lama hadir, tetapi pamornya sepertinya kalah dengan aplikasi lainnya seperti Zoom ataupun WhatsApp call. Padahal, Google Duo ini sekarang memiliki fitur yang hampir sama dengan Zoom. 




Ya, Google Duo kini dapat mengundang beberapa orang lawan bicara sekaligus dengan menggunakan link. Namun memang masih terdapat kekurangan karena pada aplikasi ini hanya dapat digunakan oleh beberapa orang terbatas saja.

Namun, berhubung pandemik Covid-19 tak kunjung mereda dan Google melihat peningkatan penggunaan aplikasi video call, mereka melihat potensi. Pasalnya, saat ini orang-orang bekerja dan belajar dari rumah dan semakin kerap bertatap muka melalui panggilan video daripada sebelumnya.

Kabar baiknya, bagi mereka yang sudah terbiasa menggunakan Google Duo khususnya yang menggunakan versi web platform, ada kabar gembira. Google telah meningkatkan jumlah pengguna yang dapat dilakukan dalam sebuah panggilan grup.



Baca juga:

Menurut tweet Sanaz Ahari, Senior Director of Product and Design Google, Google Duo versi web sekarang akan mendukung hingga 32 orang per panggilan sekaligus.

Perubahan pada Google Duo ini akan menjadi bagian dari update Chrome, jadi pastikan Anda memiliki versi terbaru jika Anda ingin memanfaatkan fitur mutakhir ini. Dan juga jangan lupa untuk membaca panduan taentang cara memperbarui Chrome secara manual.



Google juga terus meningkatkan jumlah pengguna yang akan didukung oleh aplikasi Google Duo. Maret 2020 lalu, mereka mengumumkan bahwa Duo akan memperluas jumlah pengguna yang didukung per panggilan video dari 8 pengguna menjadi 12. Sekarang jumlahnya semakin bertambah menjadi 32.

Google Duo kini setara dengan aplikasi Apple FaceTime, meskipun masih lebih rendah dari Skype yang dapat mendukung sampai 50 orang sekaligus dan juga Zoom yang memungkinkan peserta yang terlibat sebanyak 100 pengguna perpanggilan. Bahkan sampai 500 orang  jika mengunakan fitur Meeting add on. Namun tentunya Google tidak tinggal diam.

Tidak ada komentar