Informasi Virus Covid-19 di Google

Wabah virus Corona semakin hari semakin cepat dan menyebar luas ke berbagai negara hingga Indonesia. Cepatnya penularan virus ini sampai-sampai membuat Google meluncurkan sebuah halaman khusus yang berisikan informasi tentang virus Covid-19.

Di dalamnya website tersebut, tak hanya informasi penyebaran virus itu saja yang disajikan. Ada pula pengatahuan umum soal Covid-19, gejala penyakit, cara pencegahan, hingga metode pengobatan. Halaman ini juga berisi artikel, video, hingga infografis yang diambil dari data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC).


Informasi tersebut dapat di muat berdasarkan negara. Berbagai tips keselamatan dan pencegahan, tren pencarian terkait dengan Covid-19, dan informasi lain untuk individu, pendidik, dan bisnis disediakan di sana.


Selain informasi umum terkait corona, Google juga menghadirkan peta yang menampilkan persebaran wabah virus corona di seluruh penjuru dunia, lengkap dengan jumlah kasus Covid-19 yang terkonfirmasi. Ada pula kolom Google Trends yang menampilkan beragam kata kunci populer terkait virus corona yang pengguna cari lewat mesin pencari Google.


Selain itu, Google juga memberikan sejumlah tips untuk memudahkan para pengguna di tengah pandemik Covid-19. Beberapa di antaranya seperti video dan artikel tips bekerja dari rumah (work from home), video panduan untuk olahraga, meditasi, hingga memasak.


Meski baru diluncurkan secara detail untuk wilayah Amerika Serikat, Google mengatakan akan merilis halaman khusus Covid-19 untuk negara lain dalam beberapa waktu ke depan. Informasi virus Covid-19 tersebut dimuat Google di https://www.google.com/covid19.

Sebelumnya, sejumlah perusahaan teknologi saling bekerja sama untuk memberantas informasi hoaks terkait Corona yang beredar di dunia maya. Mereka juga bekerja sama dengan badan kesehatan dunia agar para pengguna bisa mendapat informasi akurat tentang virus Corona atau Covid-19.

Baca Juga :



Seejumlah perusahaan teknologi dan media sosial yang bekerja keras memerangi hoax di antaranya adalah Google, Facebook, Twitter, Microsoft, YouTube, LinkedIn, hingga Reddit. Mereka saling berkerja sama perangi hoaks virus Corona.

Perusahaan-perusahaan teknologi dan media sosial asal AS di atas juga sepakat mengedepankan konten yang berasal dari otoritas resmi di platform masing-masing, serta menyalurkan update lewat koordinasi dengan dinas-dinas kesehatan dari pemerintah di seluruh dunia.

Tidak ada komentar