Apa Itu Libra Mata Uang Crypto dari Facebook?

Crypto currency saat ini masih marak. Meskipun harga bitcoin dan beberapa mata uang digital lainnya sempat menurun, tetapi itu tidak membuat berbagai pihak berhenti mengembangkan mata uang digital barunya. Tak ketinggalan, Facebook, sang dominator media sosial se-dunia pun ingin terjun ke bisnis tersebut.

Terbaru, perusahaan besutan Mark Zuckerberg itu menghadirkan Libra, mata uang kripto alias cryptocurrency. Apa itu Libra?


Libra merupakan mata uang yang bisa digunakan untuk membeli barang atau mengirim uang ke sesama pengguna tanpa dipungut biaya. Tak hanya itu, nantinya mata uang Libra pun bisa ditukar ke uang asli secara online ataupun lewat toko offline.


Untuk menghadirkan Libra, Facebook sudah bekerjasama dengan 28 perusahaan terkemuka di industri finansial. Paypal, Visa, Mastercard, eBay, contohnya. Mereka siap mendukung Facebook untuk menjadikan Libra sebagai mata uang yang bisa digunakan pengguna Facebook, Instagram ataupun WhatsApp. Dengan menggandeng institusi finansial raksasa global, dijamin. Libra berpotensi menjadi sangat besar.

Baca juga:

Libra sendiri berada di bawah naungan Libra Association yang berisi dari beberapa perwakilan perusahaan-perusahaan yang tergabung di dalamnya. Adapun setiap perusahaan yang ada di sana, maksimal hanya memiliki otoritas untuk menguasai 1 persen mata uang dan wajib menginvestasikan dana di sana sebesar 10 juta dolar AS atau sekitar Rp142 miliar.

Facebook menargetkan, Libra sudah bisa digunakan untuk transaksi pada 2020 mendatang. Setelah membeli Libra atau mendapatkan Libra dari hasil menjual sesuatu, pengguna bisa menyimpannya di dompet digital yang dibuat pula oleh Facebook. Namanya Calibra.


Nah, kalau sudah marak, mungkin kita tidak lagi perlu pusing memikirkan selisih kurs mata uang Rupiah dengan Dolar AS dan lain-lain yang terus berubah setiap saat. Mau belanja, jual beli secara online di Internet? Pakai Libra saja.

Tidak ada komentar