Cara Upgrade ke Sistem Operasi Android Q di Zenfone 5z

Saat pengumuman ketersediaan Android Q beta 3 di event Google I/O beberapa waktu lalu, Asus merupakan salah satu produsen yang mendapatkan kesempatan menjajal sistem operasi yang akan datang tersebut pada salah satu produknya.

Ya. Pengguna smartphone flagship besutan produsen asal Taiwan tersebut, yakni Zenfone 5z, bisa mencicipi seperti apa rasanya Android Q meski saat ini masih berada di tahap versi beta 3. Sebagai gambaran, sebuah sistem operasi biasanya mengalami beberapa tahapan beta sebelum dia dirilis ke publik atau release to market (RTM).


Nah, buat Anda yang beruntung memiliki Zenfone 5z, berikut ini cara untuk mengupgrade sistem operasi pada smartphone Anda ke Android Q baik untuk pengguna laptop/desktop dengan Windows, Ubuntu Linux ataupun Mac OS:


•    Pertama, pastikan baterai smartphone Zenfone 5z Anda berada di level 20 persen atau lebih.
•    Shut down smartphone. Kemudian tekan tombol power dan volume up pada Zenfone 5z sampai dia kembali nyala. Saat bergetar, lepas tekanan pada tombol power.
•    Anda akan masuk ke fastboot mode. Sambungkan Zenfone 5z ke PC via kabel USB bawaannya.
•    De-compress (unzip) firmware Android Q untuk Zenfone 5z. Kalau belum punya, silakan download dari URL berikut. Setelah itu, jika:
•    OS Windows: double click pada file “update_image.bat”
•    OS Ubuntu: jalankan file “update_image.sh”
•    MacOS: jalankan file “update_image_for_mac.sh”
•    Sistem akan mulai melakukan flashing terhadap OS Zenfone 5z Anda. Jangan lepas kabel USB dan pastikan sambungan kabel ke port USB tidak terganggu selama proses flashing
•    Saat flashing selesai, akan muncul pesan ‘Download Complete’ di layar. Tekan tombol Enter di keyboard komputer Anda untuk me-restart Zenfone 5z Anda.
•    Kalau muncul pesan ‘Update image failed’ di layar, berarti proses upgrade gagal. Kalau sudah begini, coba lakukan prosesnya sekali lagi. Kalau masih gagal juga, sampaikan masalah ini ke forum resmi Asus di sini.

Baca juga:

Harap diperhatikan, flashing update Android ke Android Q beta 3 ini dipastikan akan menghapus seluruh data yang ada di smartphone. Jadi, pastikan Anda sudah melakukan backup apapun data-data yang Anda miliki sebelum melakukan flashing.

Satu hal yang perlu diperhatikan, Android Q beta memungkinkan Anda untuk menjajal versi awal dari Android Q. Dengan mencoba OS versi mentah ini, Anda bisa mengetahui seperti apa sistem operasi tersebut jauh sebelum pengguna lain mencobanya saat diluncurkan nanti.


Android Q beta 3 ini juga belum merupakan versi final. Beberapa fitur bisa jadi belum tersedia atau tidak berjalan semestinya. Firmware yang dirilis ini juga bisa jadi belum stabil seperti firmware update versi official yang biasanya dirilis resmi Asus. Dengan menginstalasikan versi ini, Anda harus siap sedia dengan potensi masalah yang mungkin akan terjadi.

Nah, tertarik mencoba cara upgrade Zenfone 5z ke Android Q beta 3 di atas?

Tidak ada komentar