Membedakan Charger Samsung Ori dan Charger KW atau Palsu

Samsung merupakan produsen smartphone terbesar di dunia. Banyak di antara lini produk Samsung menjadi produk tervaforit pengguna smartphone Android. Ini tentunya sangat menggembirakan bagi perusahaan asal Korea Selatan tersebut.

Di sisi lain, banyaknya peminat produk buatan Samsung juga membuka peluang bagi para pelaku yang ingin meraih keuntungan dengan cara memanfaatkan ketidaktahuan pengguna, atau pengguna yang ingin mencari sparepart murah. Termasuk charger.


Harga charger KW, palsu, replika, duplikat, kompatibel atau apapun istilahnya, tentu lebih murah dibanding charger ori. Sepintas memang tampak serupa. Namun tentunya ada perbedaan kualitas yang pada akhirnya bisa mempercepat rusaknya smartphone kesayangan Anda.

Bagaimana membedakannya? Berikut ini contoh yang dikutip dari WhatTechSays.com:

Logo Samsung



Jika Anda simak, pada charger KW, khususnya di logo Samsung, huruf A tercetak sedikit lebih tebal dibanding huruf lainnya. Sementara di charger asli, ketebalan seluruh huruf terlihat sama.

Kode A+



Ada kode A+ dan atau tulisan Made in China tertulis di data spesifikasi charger. Ini menandakan bahwa charger tersebut merupakan charger duplikat.

Baca juga:

Jack



Pada charger asli, bagian pangkal dari jack yang akan disambungkan ke stop kontak sedikit lebih tebal dan membuatnya tampak lebih kokoh. Namun pada charger KW, ketebalannya sama mulai dari pangkal sampai ujung.


Konektor USB



Dalam beberapa kasus, chargernya bisa jadi original. Tetapi kabel USB-nya yang KW. Cara membedakannya adalah dengan memperhatikan ukuran port dan warnanya. Warna konektor port USB kabel KW biasanya lebih gelap dan ukurannya sedikit lebih panjang daripada kabel asli.

Terakhir, setelah digunakan untuk melakukan charging 2 sampai 3 kali, charger Samsung bajakan lebih panas dibandingkan dengan charger Samsung asli. Hati-hati!

Tidak ada komentar