Xiaomi Redmi 5A vs Samsung Galaxy J2

Saat diluncurkan di pasaran Indonesia, Xiaomi bahkan terang-terangan berani menyebutkan bahwa Xiaomi Redmi 5A, produk baru mereka, mengungguli pesaingnya yakni Samsung Galaxy J2 dan Oppo A37. Dari sisi spesifikasi, model terbaru mereka lebih mumpuni. Dari sisi harga, lebih terjangkau.


Tak bisa dipungkiri, kalau dari harga, Xiaomi Redmi 5A vs Samsung Galaxy J2 memang cukup jauh. Samsung Galaxy J2 Prime harganya Rp1,7 juta. Sementara Xiaomi Redmi 5A di Rp1 juta kurang Rp1.000 rupiah. Kalau dibandingkan dengan Oppo A37, harganya juga Rp2 juta. Lalu, bagaimana kalau dari sisi spesifikasinya? Mari kita lihat.Baca juga:
CPU-GPU
Xiaomi Redmi 5A diperkuat Qualcomm Snapdragon 425 berkecepatan 1,4GHz. Prosesor ini berbasis Arm Cortex-A53 dengan GPU Adreno 308. Adapun untuk Samsung Galaxy J2, prosesornya adalah Exynos 3475. Sama-sama quad-core, namun kecepatannya sedikit lebih rendah, yakni 1,3GHz dengan GPU Mali-T720. Di sisi ini, Xiaomi Redmi 5A semestinya sedikit lebih baik.


RAM-Storage
Menopang performa prosesor, Xiaomi menyediakan RAM sebesar 2GB. Adapun Samsung Galaxy J2 hanya punya RAM sebesar 1GB. Dari kapasitas storage, Samsung juga hanya menyediakan 8GB internal, sementara Xiaomi lebih mewah dengan 16GB. Meski keduanya menyediakan dedicated slot MicroSD hingga 256GB, namun di sisi ini, Xiaomi unggul cukup telak.

Display-Resolution
Redmi 5A punya layar berukuran 5 inci dengan resolusi HD 720 x 1280 pixel. Samsung Galaxy J2 ukuran layarnya lebih kecil, yakni 4,7 inci yang sayangnya juga punya resolusi lebih rendah yakni 540 x 960 pixel. Namun demikian, layar Xiaomi hanya berjenis LCD IPS sementara Samsung punya layar Super AMOLED. Di sini, relatif imbang. Dari sisi tampilan, mungkin layar Samsung lebih indah. Tapi dari sisi dimensi dan resolusi, Xiaomi lebih unggul.

OS
Dari sisi sistem operasi, Android Nougat 7.1.2 sudah diinstalasikan di Xiaomi Redmi 5A. Adapun Samsung Galaxy J2, masih pakai sistem operasi yang relatif jadul, yakni Android Lollipop 5.1.1. Dengan demikian, dari sisi OS, Redmi 5A jauh lebih modern.


Baterai
Faktor terakhir yang sangat penting, adalah dari sisi kapasitas baterai. Jika Samsung Galaxy J2 menyediakan baterai Lithium-Ion 2.000mAh, Xiaomi menyediakan baterai Lithium-Ion berkapasitas 3.000mAh. Baterai Samsung Galaxy J2 memang bisa dilepas (removable), tetapi kapasitas yang lebih kecil membuatnya kurang menarik. Xiaomi kembali unggul di sini.

Dari perbandingan di atas, memang tidak salah kalau CEO Xiaomi menyatakan bahwa Redmi 5A merupakan produk terbaik di kelasnya.

Tidak ada komentar