Langsung ke konten utama

Laptop Terbaik untuk Mahasiswa dan Pelajar Sekolah

Laptop adalah salah satu perangkat yang sangat penting bagi aktivitas mahasiswa dan pelajar sekolah di era digital seperti ini. Seperti kita ketahui, laptop tidak hanya digunakan untuk mengetik tugas, tetapi juga untuk berbagai keperluan lain seperti belajar online, presentasi, hiburan, dan lain-lain.

Meski begitu, memilih laptop untuk mahasiswa atau pelajar sekolah yang tepat tidaklah mudah. Pasalnya, ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan. Mulai dari spesifikasi, desain, harga, dan tentunya kualitas serta layanan purna jual.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu Anda saat memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran, tentunya laptop untuk mahasiswa ataupun laptop untuk pelajar sekolah.

Tips Memilih Laptop untuk Mahasiswa dan Pelajar Sekolah

Tentukan Kebutuhan
Sebelum membeli laptop, Anda harus mengetahui apa saja yang Anda butuhkan dari laptop tersebut. Apakah Anda hanya membutuhkan laptop untuk tugas-tugas ringan seperti mengetik dan browsing, atau Anda juga membutuhkan laptop untuk keperluan yang lebih berat seperti editing video, desain grafis, atau gaming?

Setelah itu, apakah Anda membutuhkan laptop yang ringan dan tipis agar mudah dibawa-bawa, atau Anda tidak masalah dengan laptop yang lebih berat dan tebal? Apakah Anda membutuhkan laptop dengan layar sentuh atau tidak? Apakah Anda membutuhkan laptop dengan baterai yang tahan lama atau tidak? Jawablah pertanyaan-pertanyaan tersebut agar Anda bisa menentukan spesifikasi minimal yang harus dimiliki oleh laptop pilihan Anda.

Sesuaikan dengan Anggaran
Setelah mengetahui kebutuhan Anda, langkah selanjutnya adalah menyesuaikan dengan anggaran yang Anda miliki. Tentu saja, semakin tinggi spesifikasi dan kualitas laptop, semakin mahal harganya. Namun, bukan berarti Anda harus membeli laptop yang paling mahal untuk mendapatkan performa terbaik.

Anda bisa mencari laptop yang memiliki spesifikasi sesuai dengan kebutuhan, tetapi juga memiliki harga yang terjangkau. Anda bisa mencari informasi tentang harga laptop di internet atau di toko-toko terdekat. Anda juga bisa memanfaatkan promo atau diskon yang ditawarkan oleh beberapa penjual.

Pilih Merek Terpercaya
Merek adalah salah satu faktor yang menentukan kualitas dan layanan purna jual dari sebuah laptop. Ada banyak merek laptop yang tersedia di pasaran, tetapi tidak semuanya memiliki reputasi yang baik.

Anda harus memilih merek laptop yang sudah terkenal dan terpercaya, karena biasanya mereka memiliki kualitas produk yang bagus, garansi yang jelas, dan layanan purna jual yang memuaskan. Beberapa merek laptop yang populer di Indonesia adalah Asus, Lenovo, HP, Acer, Dell, Advan atau Axioo misalnya.

Bandingkan Beberapa Pilihan
Setelah menentukan merek laptop yang ingin Anda beli, langkah selanjutnya adalah membandingkan beberapa pilihan dari merek tersebut. Anda bisa mencari informasi tentang spesifikasi, fitur, desain, dan review dari berbagai sumber seperti internet, majalah, atau teman-teman Anda. 

Selain itu, Anda bahkan juga bisa mencoba langsung laptop tersebut di toko-toko atau pameran jika ada kesempatan. Dengan membandingkan beberapa pilihan, Anda bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan dari masing-masing laptop, serta menentukan mana yang paling cocok untuk Anda.

Perhatikan Detail Selain Spesifikasi
Laptop adalah perangkat penting untuk kebutuhan belajar dan mengerjakan tugas bagi mahasiswa dan pelajar sekolah. Ada banyak merek laptop yang menawarkan berbagai spesifikasi dan harga yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

  • Tentukan sistem operasi yang Anda inginkan, apakah Windows, Chrome OS, atau MacOS. Setiap sistem operasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tergantung pada preferensi dan kompatibilitas Anda dengan aplikasi yang Anda gunakan.
  • Pilih ukuran layar yang sesuai dengan mobilitas dan kenyamanan Anda. Ukuran layar yang umum adalah 14 inci, yang cukup ideal untuk menampilkan konten dengan jelas tanpa terlalu berat untuk dibawa-bawa. Namun, Anda juga bisa memilih ukuran layar yang lebih besar atau lebih kecil sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Perhatikan spesifikasi prosesor, RAM, dan penyimpanan yang mempengaruhi kinerja laptop Anda. Prosesor adalah otak dari laptop yang menentukan seberapa cepat laptop Anda bisa menjalankan berbagai aplikasi. RAM adalah memori sementara yang menyimpan data yang sedang digunakan oleh prosesor. Penyimpanan adalah tempat menyimpan data permanen seperti file, foto, video, dan lain-lain. Untuk kebutuhan belajar dan tugas sehari-hari, Anda bisa memilih laptop dengan prosesor Intel Core i3 atau i5, AMD Ryzen 3 atau 5, RAM 8GB atau 16GB, dan penyimpanan SSD 256GB atau 512GB.
  • Cek fitur tambahan yang bisa meningkatkan pengalaman penggunaan laptop Anda, seperti kualitas audio, kamera web, keyboard backlit, sensor sidik jari, baterai tahan lama, dan lain-lain. Fitur-fitur ini bisa membantu Anda dalam berbagai situasi, seperti presentasi online, belajar di malam hari, sampai mengamankan data pribadi.

Nah, kalau Anda sudah mendapatkan gambaran laptop seperti apa yang Anda inginkan, berikut adalah beberapa rekomendasi laptop terbaik untuk mahasiswa dan pelajar sekolah versi kami.

Baca juga:


Laptop Terbaik untuk Mahasiswa dan Pelajar Sekolah

Asus Vivobook 14 A1404
Laptop ini memiliki layar 14 inci resolusi FHD yang bisa diputar 180 derajat. Ia ditenagai oleh prosesor mulai dari Intel® Core™ i3 Processor terbaru dan RAM 8GB yang bisa di-upgrade hingga 16GB. Dari sisi penyimpanan, laptop tipis dan ringan dengan ketebalan dan bobot hanya 1,79cm dan 1,4kg ini sudah menggukan storage berbasis 256GB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 SSD. Di Indonesia, laptop ini dipasarkan di harga mulai dari Rp6.899.000

Acer Aspire 5 Slim A514-54
Kelebihan notebook yang memiliki layar 14 inci resolusi FHD ini adalah teknologi Acer Color Intelligence yang meningkatkan kualitas warna. Untuk dapur pacu, ia ditenagai oleh prosesor Intel Core i5-1135G7 dan RAM 8GB yang bisa menangani multitasking dengan mudah. Laptop ini juga memiliki penyimpanan SSD NVMe PCIe 256GB yang responsif dan cepat. Laptop ini dijual mulai dari Rp6,9 juta.

HP Pavilion x360 ek0160TU
Kami menyarankan laptop ini kalau Anda kuliah di bidang design, baik seni ataupun komunikasi. Pasalnya, laptop dengan prosesor Intel Core i3-1215U, RAM 8GB DDR4 dan SSD 512GB ini sudah menggunakan layar sentuh 14 inci, dan laptopnya bisa dilipat menjadi tablet. Untuk pengoperasian, laptop dengan berat 1,51kg ini juga sudah mendukung stylus untuk menulis di layar, membuat coretan sketsa atau menggambar ilustrasi. Harganya memang agak mahal yakni Rp9,4 juta.

Lenovo IdeaPad Slim 3i
Buat Anda yang memiliki anggaran terbatas, kami sarankan memilih Lenovo IdeaPad Slim 3i. Meski murah, laptop ini memiliki layar 14 inci resolusi HD dengan teknologi anti-glare yang mengurangi silau mata. Ia ditenagai oleh prosesor Intel Core i3-1215U dengan RAM8GB serta storage 512GB yang cukup untuk menjalankan aplikasi sehari-hari. Laptop dengan bobot seberat 1,43kg ini dijual mulai dari Rp5,9 juta.

Advan Work Pro
Buat pencinta brand lokal, kami menyarankan Advan Work Pro sebagai laptop yang bisa digunakan menjadi daily driver laptop untuk mahasiswa dan pelajar sekolah. Dengan harga murah, ia sudah menggunakan prosesor Intel Core i5 (meski masih generasi ke-10), dengan RAM 8GB dan storage SSD berkapasitas 256GB. Laptop ini dijual di harga Rp4,8 jutaan saja.

Axioo MyBook Hype 3
Terakhir, kami menyarankan Axioo MyBook 14+ untuk dijadikan laptop untuk mahasiswa ataupun pelajar sekolah. Alasan utamanya, karena harganya yang murah. Meski begitu, ia sudah diperkuat prosesor yang memadai yakni Intel Core i3-1005G1, RAM 8GB dan juga storage berbasis SSD NVMe sebesar 256GB. Harganya sangat menarik, malah tidak sampai Rp4 juta.

Nah, bagaimana guys? Tertarik menebus salah satu laptop untuk mahasiswa dan pelajar sekolah versi kami? Atau Anda punya preferensi lain?

Baca Juga:

Cara Cek Chipset Smartphone Android Secara Akurat

Smartphone merupakan perangkat yang memiliki banyak komponen penting, seperti prosessor, memori internal dan eksternal, graphic processing unig (GPU) dan lainnya. Salah satu bagian terpentingnya adalah prosessor. Komponen prosessor sendiri terdiri dari chipset yang memiliki beberapa buah core dengan clock speed yang mungkin berbeda-beda, dan juga GPU. Cara cek chipset smartphone Android dapat dilakukan dengan beberapa metode. Kegiatan mengecek chipset sendiri perlu dilakukan dalam rangka mengetahui spesifikasi perangkat keras yang terdapat di dalam smartphone. Apakah sesuai dengan standar atau resmi. Selain itu, dengan melakukan pengecekan, kita dapat mencegah penipuan yang mungkin terjadi. Berikut ini cara cek chipset smartphone Android yang mungkin bisa Anda lakukan pula pada smartphone Android Anda: Cara Cek Melalui Menu Pengaturan Ini merupakan cara pertama yang bisa kamu lakukan. Langkah-langkahnya adalah: Buka menu pengaturan di smartphone Android Anda Pilih S

Download Windows 10 ISO versi Lite Alias Ringan

Anda kesal karena laptop atau PC desktop Anda lemot padahal punya spek yang tidak jelek? Jangan dulu membuang laptop atau upgrade komponen PC desktop tersebut. Siapa tau yang membuatnya berat adalah sistem operasi Windows 10-nya yang kegemukan. Selain format dan install ulang, ada cara lain yang lebih efektif dalam membuat komputer kita bekerja seperti layaknya baru beli. Caranya adalah download Windows 10 ISO versi ringan. Lho, apa bedanya? Kalau kita memilih untuk download Windows 10 ISO versi ringan dan instalasikan di PC kita, maka fitur-fitur, fungsi atau aplikasi yang jarang digunakan, sudah ditiadakan. Selain lebih hemat ruang di harddisk, dibuangnya fitur-fitur yang tidak berguna tersebut akan membuat PC atau laptop spek rendah pun bisa menjalankan Windows 10 dengan lancar. Download Windows 10 Terbaru October 2020 Update Lalu, apa saja yang ada di Windows 10 versi Lite alias versi Ringan tersebut? Nah ini dia: Windows 10 SuperLite Compact (Gaming Edition) x64 –

Cara Mengatasi Adapter Wi-Fi yang Tidak Terdeteksi

Saat ini, penggunaan perangkat elektronik seperti smartphone dan laptop sudah menjadi bagian dari kebutuhan sehari-hari. Penggunaan laptop sendiri mulai dari dipakai untuk bekerja, belajar sampai ke untuk kebutuhan hiburan.  Nah, untuk dapat terhubung ke dunia maya, perangkat laptop biasanya disambungkan ke Wi-Fi. Namun apa jadinya jika adapter Wi-Fi yang ada di laptop tidak terdeteksi sehingga pengguna tidak bisa terhubung ke internet? Nah, jangan panik dulu. Berikut ini ada beberapa cara yang dapat Anda coba saat adapter Wi-Fi laptop Anda tidak mendeteksi access point dan tak bisa tersambung. Sebagai gambaran, ketersediaan adapter ini sangat penting karena digunakan untuk menerima dan menyampaikan data dari sinyal koneksi Wi-Fi. Jika keberadaannya tidak terdeteksi dan error tentunya hal tersebut akan membuat produktifitas pengguna menjadi terganggu karena tidak bisa terhubung ke internet. Ok, begini cara untuk mengatasi adapter Wi-Fi yang error dan tidak terdeteksi. 1. Disable

Perbandingan Unisoc Tiger T618 dengan MediaTek dan Qualcomm Sekelas

Chipset Unisoc sedang naik daun. Advan, salah satu produsen smartphone dan perangkat komputas mobile dalam negeri baru saja menghadirkan smartphone baru yang diperkuat prosesor tersebut. Adalah Advan GX, smartphone andalan teranyar Advan yang baru dirilis di harga kisaran Rp1,8 jutaan. Uniknya, alih-alih mengusung chipset besutan Qualcomm ataupun Mediatek, Advan menunjuk prosesor besutan Unisoc untuk memperkuat smartphone yang bersangkutan. Asal tahu saja, Unisoc ini sebelumnya dikenal dengan nama Spreadtrum Communications. Adapun prosesor yang dipilih untuk Advan GX adalah Unisoc Tiger T618. Prosesor ini sendiri sebenarnya sudah dirilis sejak Agustus 2019. Apa yang menarik pada prosesor ini? Lalu, apa bedanya dengan prosesor MediaTek dan Qualcomm Snapdragon sekelas atau setara? PerbandinganUnisoc Tiger T618 vs MediaTek dan Qualcomm Dari sisi teknologi, Unisoc Tiger T618 adalah prosesor octa-core yang terdiri dari dua core bertenaga berbasis ARM Cortex-A75 berkecepatan 2GHZ dan e

Cara Ganti dan Mengubah Warna Keyboard Laptop Acer Nitro 5

Acer Nitro 5 merupakan salah satu laptop gaming yang sangat populer di Indonesia. Buktinya, model laptop gaming yang satu ini terus diperbarui oleh pihak Acer agar terus dapat meraih perhatian para gamers. Ya, terbaru, laptop gaming Acer Nitro 5 bahkan sudah tersedia dalam versi dengan prosesor anyar baik dari Intel ataupun AMD yakni Core i 12th Gen dan juga Ryzen 6000 series. Sama seperti laptop gaming lain pada umumnya, Acer Nitro 5 ini juga punya fitur RGB lighting di bagian keyboard-nya. Yang menarik, keyboard tersebut mendukung 4-zone RGB lighting. Yang jadi pertanyaan bagi para pengguna awam seperti kita adalah, bagaimana cara ganti mengganti atau ubah mengubah warna keyboard laptop Acer Nitro 5 supaya tidak membosankan? Cara mengganti warna keyboard tersebut sebenarnya sangat mudah. Begini langkah-langkahnya: Cara Ubah Warna Keyboard Acer Nitro 5 Acer Nitrosense di laptop. Caranya bisa lewat shortcut aplikasi yang bersangkutan di Windows, atau dengan menekan tombol shortcu

Advan AI Gen, Laptop AI Murah dengan AMD Ryzen 8000 Series

Setelah beberapa waktu vakum tidak menghadirkan model laptop terbaru, Advan Kembali menggemparkan pasar industry laptop di tanah air. Ya, produsen teknologi local tersebut meluncurkan Advan AI Gen. Advan AI Gen Ini adalah laptop terbaru dari Advan yang menunjukkan komitmen perusahaan dalam merambah era kecerdasan buatan (AI) yang sedang marak saat ini. Sebagai informasi, dalam era AI, kehadiran Neural Processing Unit (NPU) sangat vital dalam sebuah perangkat. NPU, sebagai komponen spesialis dalam prosesor, dirancang khusus untuk menangani berbagai tugas AI secara efisien. Sebagai "otak" dari perangkat AI, NPU berfungsi menjalankan berbagai operasi matematika yang penting dalam pemrosesan data, pengenalan pola, dan pembelajaran mesin. Karena itu, Advan AI Gen juga dilengkapi dengan NPU yang tidak bisa dianggap enteng. Salah satu indikator penting untuk menilai kinerja NPU adalah performa dalam satuan Tera Operations Per Second (TOPS). TOPS mengukur seberapa cepat NPU dapat men

Blue Proxy Unblock Websites Free VPN Proxy Browser

Panjang sekali nama aplikasi yang satu ini. Akan tetapi, sesuai namanya, fungsi software yang satu ini adalah untuk membuka blokir website-website melalui proxy browser lewat VPN. Anda butuh untuk mengakses situs-situs tertentu tetapi diblokir oleh internet service provider (ISP) Anda? Ya, meskipun bukan situs pornografi, beberapa website tidak dapat diakses dari Indonesia karena berbagai alasan. Untuk itu, Anda membutuhkan software seperti VPN atau proxy browser yang akan mengantar Anda ke situs-situs tujuan Anda tersebut. Salah satu dari sekian banyak aplikasi yang bisa Anda gunakan adalah Blue Proxy Unblock Websites Free VPN Proxy Browser. Di Google Play, aplikasi ini bisa di-download secara gratis. Download Blue Proxy Unblock Websites Free VPN Proxy Browser bisa dilakukan di sini . Ya, aplikasi berukuran 6,2MB ini sudah di-download oleh lebih dari 10 juta pengguna dari seluruh dunia. Yang menarik, 167 ribu orang di antaranya memberikan rating yang sangat bagus, yakni rata-ra

Vivobook S 15 S5507, Laptop Copilot+ PC Pertama dari Asus

Asus memperkenalkan Laptop AI pertama yang ditenagai oleh Snapdragon X Elite. Dalam sebuah event virtual bertajuk Next Level. AI Incredible, Asus Vivobook S 15 S5507 digadang-gadang merupakan laptop next gen AI PC atau istilah resminya, Copilot+ PC pertama di dunia dan menggunakan platform ARM on Windows. Menurut S.Y. Hsu, Co-CEO Asus, bagi perusahaan, peluncuran PC AI pertama yang didukung oleh Snapdragon X Elite adalah tonggak penting bagi. Pihaknya mengklaim bahwa perangkat seperti ini akan mengubah cara kita bekerja, belajar, berkreasi, dan bermain. “Bahkan jika Anda tidak berniat menggunakan fitur AI pada laptop masa depan Anda, chipset terbaru Qualcomm adalah teknologi yang menawarkan performa,” sebut Cristiano Amon, Presiden dan CEO Qualcomm dalam presentasinya. Lebih lanjut, Amon mengklaim bahwa performa kini mendapatkan standar baru dengan hadirnya Snapdragon X Elite di laptop AI berbasis Windows 11 dan Copilot. Dari sisi spesifikasi, yang paling mencolok dari laptop baru Asus

Perbedaan Performa Smartphone RAM 4GB, 6GB dan 8GB

Kapasitas RAM smartphone dengan sistem operasi Android saat ini sudah sedemikian besar. Beberapa bahkan sudah lebih besar dari kapasitas RAM notebook mainstream. Sebelumnya, smartphone Android mainstream hanya punya RAM 2GB sampai 3GB. Kini, smartphone mainstream dengan OS Android rata-rata sudah mulai berkapasitas 4GB. Lalu, bagaimana dengan smartphone premium ataupun flagship? Untuk perangkat-perangkat tersebut, RAM 4GB sudah jarang digunakan. RAM 6GB dan 8GB kini sudah menjadi semakin lumrah. Dalam setahun dua tahun ke depan, mungkin RAM 10GB untuk sebuah smartphone Android menjadi biasa-biasa saja. Yang jadi pertanyaan, apakah saat ini performa RAM yang sedemikian besar berarti juga peningkatan performa secara keseluruhan akan didapat? Khususnya pada smartphone flagship atau premium yang sudah menggunakan CPU mutakhir terbaik? Sebelum ini, kita sudah membuktikan bahwa peningkatan kapasitas RAM pada smartphone dengan prosesor mainstream tidak terlalu signifikan bedanya

Syarat Minimal Copilot+ PC untuk Laptop dan PC Desktop

Seperti diketahui, Microsoft, salah satu pemain utama di industri komputer telah menetapkan sejumlah syarat minimal untuk Copilot+ PC atau PC yang bisa disebut sebagai AI PC atau AI Laptop. Misalnya, RAM 16 GB sebagai persyaratan mendasar untuk PC yang memiliki fitur kecerdasan buatan (AI). Sebagai gambaran, PC dengan fitur AI ke depannya akan menjalankan berbagai fungsi AI terintegrasi, seperti Microsoft Copilot, chatbot AI yang dapat menjawab pertanyaan sehari-hari, menyusun draft email, menciptakan gambar dan lain-lain, yang diperkenalkan oleh Microsoft melalui sistem operasi Windows 11 versi 23H2. Microsoft Copilot sendiri pertama kali diperkenalkan sebagai Bing Chat pada 7 Februari 2023 dan kini menjadi bagian penting dari berbagai produk Microsoft. Sepanjang tahun 2023, Microsoft mulai menyatukan merek Copilot di berbagai produk chatbot miliknya. Menurut firma riset pasar TrendForce, kebutuhan akan RAM 16 GB atau lebih untuk mendukung operasi AI di PC diperkirakan akan semakin me