2024, Penjualan PC Diprediksi Meningkat

Di tahun 2020 dan 2021, kita menyaksikan peningkatan besar dalam hal penjualan PC dan tablet. Ketika itu, sebagian besar warga di seluruh dunia mulai bekerja dari jarak jauh.

Kedua sektor industri tersebut mencatat peningkatan besar-besaran yang tidak seorang pun percaya itu mungkin terjadi. Apalagi mengingat pandemi sangat buruk melanda di seluruh dunia. Namun setelah dua tahun permintaan yang sangat kuat, penjualan PC dan tablet sekarang diperkirakan akan turun.


Laporan terbaru dari IDC memperkirakan bahwa pengiriman global PC tradisional diperkirakan turun 12,8 persen tahun ini menjadi 305,3 juta unit. Sementara pasar tablet bisa turun 6,8 persen menjadi sebesar 156,8 juta unit saja.



“Kontraksi lebih lanjut juga diperkirakan terjadi pada 2023,” sebut Jitesh Ubrani, manajer riset untuk IDC Mobility and Consumer Device Trackers. “Penyebabnya adalah karena permintaan konsumen melambat, permintaan pendidikan sebagian besar telah terpenuhi, dan permintaan perusahaan terdorong keluar karena kondisi makroekonomi yang memburuk,” sebut Ubrani.


Secara total, IDC memprediksi, pasar gabungan untuk PC dan tablet diperkirakan turun 2,6% pada 2023 sebelum kembali tumbuh pada 2024.

Menurut IDC, inflasi dan ledakan yang dicatat oleh dua pasar dalam dua tahun terakhir adalah alasan utama penurunan penjualan pada tahun 2022 dan 2023.

"Meskipun permintaan melambat, prospek pengiriman tetap di atas tingkat pra-pandemi," sebut Ubrani. "Permintaan jangka panjang akan didorong oleh pemulihan ekonomi yang lambat dikombinasikan dengan penyegaran perangkat keras perusahaan karena dukungan untuk Windows 10 mendekati akhir,” tambahnya.


Baca juga:


Lebih lanjut, Ubrani menyatakan, penerapan pendidikan dan pekerjaan model hybrid juga diharapkan menjadi andalan yang mendorong volume tambahan.

Kabar baiknya adalah bahwa penjualan PC dan tablet akan kembali tumbuh pada tahun 2024, dengan pengiriman tahun 2026 melebihi angka tahun 2022.

Sebagai contoh, IDC memperkirakan penjualan PC pada tahun 2026 akan mencapai 269,3 juta unit di segmen konsumen, sehingga melampaui 265,3 juta unit yang diproyeksikan untuk dijual tahun ini.


Bagaimana guys? Masih tetap optimis kan? Yuk, tak perlu ragu mengganti PC atau tablet baru!

Tidak ada komentar