Cara Uninstal Banyak Aplikasi di Android Dalam Satu Waktu

Pengguna ponsel Android biasanya memiliki satu perangkat saja selama jangka waktu tertentu. Kadang mulai dari bulanan, bahkan kini bisa sampai tahunan. 

Selama periode tersebut, banyak aplikasi yang terpasang di dalamnya. Beberapa dari aplikasi yang terinstalasikan bahkan mungkin hanya digunakan sekali atau dua kali. Karena keadaan atau kebutuhan khusus, dan kemudian aplikasi tersebut tidak pernah digunakan lagi setelahnya.


Biasanya, pengguna akan menghapus aplikasi tersebut setelah menggunakannya. Tetapi ternyata banyak juga pengguna yang tidak menghapusnya segera dan akhirnya lupa bahwa aplikasi tersebut masih tersimpan di memori internal smartphone.

Karena kebiasaan ini, seiring waktu, penyimpanan ponsel pengguna akan habis terisi oleh aplikasi yang tidak lagi kita gunakan.


Jika Anda ingin mempelajari cara melakukan pembersihan secara massal pada ponsel Android dengan cepat dan efisien dan tidak ingin mencari dan uninstall aplikasi satu per satu, maka inilah yang perlu Anda ketahui tentang cara mencopot pemasangan beberapa aplikasi Android sekaligus.

Cara Uninstal Beberapa Aplikasi Android Sekaligus:

  • Buka Play Store di ponsel Anda
  • Ketuk ikon profil Anda di sudut kanan atas
  • Pilih "Kelola Aplikasi & Perangkat"
  • Sekarang Anda akan melihat berapa banyak aplikasi yang ada di ponsel Anda dan berapa banyak ruang yang mereka gunakan di ponsel Anda. Ketuk di atasnya.
  • Anda sekarang akan melihat seluruh daftar aplikasi yang terpasang di ponsel Anda
  • Centang semua kotak aplikasi yang ingin Anda copot
  • Saat Anda siap, ketuk ikon tempat sampah
  • Anda akan melihat popup konfirmasi, ketuk "Copot"

Nah, dengan langkah-langkah di atas, Anda dapat melakukan uninstall aplikasi Android secara sekaligus. Tidak perlu mencari cara untuk menghapus aplikasi Android satu persatu yang cukup merepotkan kita.


Baca Juga:

Kalau sudah selesai menjalankan tahap-tahap di atas, sekarang semua aplikasi yang Anda pilih akan dihapus dari ponsel Android. Perlu diingat bahwa ini hanya aplikasi yang telah diinstal di ponsel melalui Play Store.


Artinya, jika Anda menggunakan toko aplikasi yang berbeda, seperti Amazon, Epic, atau Samsung dan sebagainya, mereka tidak akan tercantum di sini dan Anda harus menghapusnya secara terpisah.

Mudah bukan? Selamat mencoba!

Tidak ada komentar