Twitter Uji Coba Live Streaming Untuk Jualan

Penggunaan layanan livestreaming sudah melebar menjadi sesuatu yang bisa digunakan oleh siapa saja dan di mana saja. Contohnya, dengan fitur livestreaming, para artis atau tokoh masyarakat dapat langsung menyapa penggemarnya.

Sesuai perkembangan jaman, livestreaming pun telah merambah ke dunia jual-beli online. Dari mulai Facebook, Instagram dan aplikasi e-commerce, semua menyediakan fitur tersebut agar para penjual dapat menggeliatkan pangsa pasarnya lebih luas dengan berinteraksi dengan para calon pembeli.


Di Asia, termasuk Indonesia, menjual dan mengiklankan produk melalui livestream sebenarnya merupakan aktivitas yang cukup populer saat ini.


Dewi Persik misalnya? Artis dangdut papan atas ini rajin siaran langsung (livestreaming) menjual produk-produk tas dan fashion dan langsung berinteraksi dengan para penggemarnya.


Pada saat livestreaming, penjual berinteraksi dengan calon pembeli dan pelanggan mereka mengenai suatu produk, mendemonstrasikannya, dan kemudian menjualnya. Bahkan sampai ada yang tawar-menawar. 

Bentuk interaksi yang terasa nyata antara penjual dan pembeli ini terbukti mampu menghadirkan rona baru dalam dunia e-commerce atau jual beli online.

Tak ingin ketinggalan, kini Twitter sepertinya akan menguangkan popularitas kegiatan livestreaming ini di platformnya. Informasi terbaru, Twitter telah mengumumkan bahwa mereka akan menguji fitur belanja streaming langsung miliknya. 

Artinya, alih-alih penjual harus menggunakan platform terpisah untuk menangani penjualan atau langsung berurusan dengan pembeli untuk mengonfirmasi pesanan mereka, Twitter akan menempatkan spanduk dan tab livestreaming sehingga pembeli yang tertarik dengan suatu produk dapat mengklik banner di live streaming dan langsung membuat pembelian.

Sebagai informasi, selama ini orang-orang secara alami datang ke Twitter saat ada acara besar, kasus heboh ataupun gangguan yang terjadi pada platform media sosial lain.


Baca juga:


"Streaming langsung di Twitter memberi pelaku bisnis kekuatan untuk terlibat dengan penggemar mereka yang paling berpengaruh," sebut juru bicara Twitter. "Menambahkan kemampuan untuk berbelanja ke dalam pengalaman ini adalah metode terbaik untuk menarik dan terlibat dengan pemirsa yang mau membelinya.”

Twitter sendiri akan memulai tes Belanja Langsung di livestreaming miliknya pada 28 November 2021 dan mereka akan bekerja sama dengan waralaba Walmart.


Acara uji coba tersebut akan dipandu oleh penyanyi, penulis lagu, dan penari Jason Derulo yang akan memamerkan berbagai barang elektronik, perlengkapan rumah, pakaian, dan lainnya di Amerika Serikat. 

Sayangnya fitur live streaming yang dapat menampilkan keranjang ini belum akan hadir di Indonesia. Dalam waktu dekat. Kita tunggu saja ya guys.

Tidak ada komentar