Laptop Nokia PureBook X14 Langsung Pakai Windows 11

Luar biasa peta persaingan industri laptop akibat “berkah” dari pandemi. Ya, kini semua orang, mulai dari pelajar SD sampai karyawan yang sudah mulai masuk Masa Persiapan Pensiun, butuh barang yang satu ini.

Belajar dari rumah secara online, kerja dari rumah secara online, membuat mereka terpaksa membeli laptop karena melihat layar hape yang ukurannya tidak sampai 7 inci selama berjam-jam sangat tidak nyaman.


Tablet memang lebih memungkinkan. Tapi kalau sudah urusan membuat tugas, mengetik laporan dan lain-lain, keyboard fisik dan mouse tentunya lebih nyaman untuk digunakan. Dan inilah kelebihannya laptop. Dan inilah yang dilihat para produsen smartphone. Termasuk Nokia.



Contohnya baru-baru ini. Nokia, pemain legendaris di industri mobile, merilis laptop Nokia PureBook X14 secara resmi di India. Laptop ini mengunggulkan sisi desainnya yang ramping dan bobot yang ringan.


Yang menarik, laptop Nokia PureBook X14 sudah didukung langsung oleh sistem operasi Windows 11 yang masih sangat baru diluncurkan oleh Microsoft beberapa hari yang lalu. Alhasil Nokia PureBook X14 ini menjadi laptop pertama yang sudah mendukung Windows 11 secara bawaan.

Dari sisi spesifikasi, Nokia PureBook ditenagai prosesor Intel Core i5 dengan grafis Iris Xe yang diklaim cukup andal untuk memerikan kinerja level medium, seperti bermain GTA V, Red Dead Redepmtion 2, dan sebagainya. Prosesor tersebut dipadankan dengan RAM 8GB atau 16GB, serta SSD NVMe 512 GB.

Dari sisi display, Nokia PureBook X14 hadir dengan layar LCD jenis IPS berdiagonal 14 inci dengan resolusi FullHD 1920x1080 piksel. Dengan bezel yang tipis, Nokia mengklaim, rasio bodi ke layar laptop ini mencapai 82 persen.


Baca juga:


Laptop ini sendiri memiliki berat 1,1Kg, lebih ringan dibanding Nokia PureBook X14 yang punya bobot 1,4Kg. Untuk konektivitas, terdapat port USB-C, USB-A 3.0, dan HDMI.

Selain itu, ada pula lubang headphone jack audio 3,5 mm dan slot microSD. Untuk mendukung keluaran audio, laptop ini juga didukung Dolby Atmos.


Di India, negara tempat pertama kali laptop ini muncul, ia dijual dengan harga 57.000 rupee atau sekitar Rp10,9 juta dan langsung tersedia di Flipkart pada 3 Oktober.

Akankah ia akan dihadirkan ke pasaran Indonesia meramaikan peta persaingan industry laptop? Mari kita tunggu guys!

Tidak ada komentar