Legend of Zelda: Breath of the Wild (BOTW) Kini dengan Grafis 8K yang Memukau

Setelah sekitar dua tahun tidak mendapat update, Nintendo akhirnya merilis pembaruan untuk konsole game Wii U mereka. Ya, Wii U menerima pembaruan firmware dengan versi 5.5.5 pada 3 Maret 2021 lalu. 

Yang menarik, pembaruan tersebut berhasil meningkatkan stabilitas dan kegunaan sistem pada perangkat konsol yang bersangkutan.


Sebagai informasi, produksi Nintendo Wii U itu sendiri sudah diberhentikan pada 3 Maret 2017 lalu bersamaan dengan dirilisnya game ekslusif terakhir yaitu Legend oF Zelda: Breath of the Wild (BOTW).

Sebagai gambaran, game Legend of Zelda tersebut merupakan seri the Legend of Zelda yang sangat impresif  dengan sentuhan pengalaman magis dan apa yang diharapkan gamers dari game action-adventure.


Game ini sendiri bahkan memperoleh skor 96% dari Metacritic pada tahun 2017 lalu. Memang sudah 4 tahun yang lalu diluncurkan. Namun game ini masih memiliki banyak potensi terutama dalam segi grafisnya.

Kabar gembiranya, sebuah akun YouTube bernama Digital Dreams membawa angin segar untuk para pemain game tersebut. 

Dalam sebuah postingan, YouTuber tersebut menyebutkan bahwa kini ia dapat bermain Legend of Zelda: Breath of the Wild (BOTW) dengan resolusi 8K. Tak hanya itu, kini game pun disertai fitur grafis modern yakni ray tracing.

Baca juga:


Digital Dreams menyebutkan, mereka menggunakan sebuah emulator bernama Cemu untuk bermain. Emulator sendiri adalah software yang memungkinkan suatu sistem komputer atau host untuk meniru fungsi sistem di komputer lainnya.


Fungsinya adalah untuk menciptakan kembali lingkungan perangkat keras dan perangkat lunak sistem komputer pada mesin yang berbeda. Emulator ini oleh Digital Dream digunakan untuk memainkan Nintendo Wii U di komputer. 

Salah satu opsi yang diaktifkan pada emulator tersebut adalah shader Ray Trace Global Illumination (RTGI) buatan Pascal Glicher. Kemudian, ada pula REVO Reshade Redux mod, yang berfungsi untuk menghilangkan kontras dan saturasi kasar.

Namun perlu dicatat, tidak semua PC dapat menggunakan emulator ini karena PC tersebut harus memiliki spesifikasi yang gahar untuk melakukannya. Pasalnya, sebuah emulator membutuhkan kemampuan pemrosesan yang tinggi.


Spesifikasi PC yang dipakai dalah satunya menggunakan prosesor AMD Ryzen 9 3900X, GPU RTX 3090 dan RAM 32GB. 

Untuk melihat tampilan Legend of Zelda: Breath of the Wild (BOTW) dengan format 8K, Anda dapat menikmatinya di kanal Youtube Digital Dreams di sini.

Tidak ada komentar