Google Maps Punya Banyak Fitur Baru. Apa Saja?

Maps merupakan platform yang menyediakan peta online gratis dari Google. Peta online yang dapat diakses melalui smartphone ini akan sangat bagi pengguna yang sedang di perjalanan.

Sebagai contoh, dengan memanfaatkan Maps dari Google, kita bisa melakukan perjalanan ke mana saja tanpa perlu tersesat. Aplikasi ini yang akan menuntut kita ke tujuan dengan menunjukkan arah yang harus kita lalui.



Google Maps pun juga akan menunjukkan secara detail jarak yang harus ditempuh agar pengguna tidak bingung. Dengan adanya Google Maps, kita tak perlu membawa peta berbentuk kertas yang berukuran lebar. 

Selain menunjukkan arah yang ingin kita tuju, aplikasi ini juga dapat membantu menemukan tempat-tempat tertentu yang lokasinya dekat dengan posisi kita.



Misalnya, kita bisa menemukan restoran, SPBU, tempat ibadah, hotel dan tempat-tempat lainnya.  Dengan begitu, kita tak perlu kebingungan lagi saat sedang berada di luar kota.

Selain itu, Google Maps juga menawarkan beberapa fitur terbaru yang dapat digunakan dengan mengunduh versi terbaru dari aplikasi ini. Fitur tersebut adalah sebagai berikut:

Community Feed
Fitur pertama di Google Maps yang perlu Anda ketahui yaitu Community Feed. Dengan fitur ini, pengguna dapat mengakses foto, review tempat, dan unggahan baru dari orang-orang yang Anda ikuti dan pakar lokal.

Messaging for Maps and Search
Fitur ini dapat digunakan oleh perusahaan terverifikasi  untuk dapat mengirimkan pesan kepada pelanggan melalui aplikasi, begitu pula sebaliknya. Pesan dari pelanggan tersebut akan muncul di bagian pesan bisnis pada tab aplikasi.

Insight
Insight untuk bisnis ini berfungsi untuk melacak kinerja perusahaan. Sistem yang bekerja pada fitur ini memberikan insight terbaru untuk kinerja bisnis sekaligus mengetahui keterlibatan pelanggan di Google. Cara kerja fitur ini adalah dengan menghitung jumlah keterlibatan konsumen dari Maps dan Search.

Street View
Street view merupakan fitur yang dapat ditambahkan oleh pengguna sendiri. Pengguna bisa menambahkan foto dari smartphone dengan cara melakukan serangkaian gambar yang terhubung ketika pengguna berjalan. Setelah foto berhasil dipublikasikan, Google akan memutar, memosisikan, dan mengombinasikan gambar dengan baik. 


Baca juga:


Dapat Diakses Tanpa Kuota
Fitur canggih terbaru dari Google Maps adalah dapat diakses tanpa menggunakan kuota. Pengguna hanya perlu mengaktifkan fitur “offline maps” ketika membuka aplikasi. Cara mengaksesnya adalah dengan klik menu, kemudian pilih “offline maps”. Setelah itu, pilih “download offline maps” lalu atur sejauh apa peta ingin diunduh.

Berbagi Lokasi
Fitur menarik selanjutnya di Google Maps yang wajib untuk Anda ketahui yaitu berbagi lokasi. Tahukah Anda, sekarang para pengguna bisa membagikan lokasi saat ini kepada teman-teman Anda melalui Google Maps. Jadi, Anda juga bisa mengetahui lokasi orang lain secara real time.

Pesan Transportasi Online
Dengan menggunakan Google Maps yang memiliki lokasi akurat, Anda bisa melakukan pemesanan transportasi secara online. Google Maps akan menunjukkan pilihan harga dan provider transportasi yang ingin digunakan  beserta estimasi harganya.

Nah, itu dia beberapa fitur terbaru yang ditawarkan oleh Google Maps. Selain memperhatikan fitur yang ada, Anda juga perlu meningkatkan akurasi lokasi pada Google Maps di smartphone. Hal tersebut bertujuan agar Anda tidak tersesat saat memanfaatkan Google Maps pada sebuah perjalanan. Cara untuk meningkatkan akurasi lokasi pada akun Google Maps pun sangat mudah.

Anda hanya tinggal membuka aplikasi Google Maps pada smartphone kemudian tap bagian “lokasi”. Pada bagian atas, pilihlah “lokasi” kemudian tap “mode” dan pilih akurasi tinggi. Dengan begitu Google Maps dapat menemukan lokasi Anda dengan posisi titik baru yang paling akurat.


Selain itu, Anda juga bisa menghubungkan ke Wi-Fi lokal untuk mendapatkan lokasi yang lebih akurat daripada GPS. Cara lebih mudah lainnya, Anda juga bisa melakukan kalibrasi kompas ketika menggunakan Google Maps.

Nah, dari banyak fitur-fitur baru yang ada di Google Maps, mana yang Anda gunakan?

Tidak ada komentar