5 Smartphone Qualcomm Snapdragon 888 Pertama

Pada hari Selasa 1 Desember kemarin, Qualcomm mengumumkan chipset andalan mereka untuk tahun 2021 yaitu Snapdragon 888. Tidak hanya lompatan dalam nomenklatur, namun chipset ini juga unggul dalam hal kinerjanya.

Qualcomm Snapdragon 888 memiliki arsitektur 5nm yang seudah dilengkapi dengan 5G yang mendukung spektrum mmWave dan sub-6GHz. Chipset baru ini juga meningkatkan kinerja saat perangkat bermain game dan memungkinkan kecepatan hingga 144fps. 


Qualcomm juga telah melakukan perbaikan pada image signal processor (ISP). Kini, Snapdragon  888 dapat menangkap foto dan video pada 2,7 Gigapiksel per detik atau kira-kira 120 foto dengan  resolusi 12MP. 

Artinya Snapdragon 888 punya performa 35% lebih cepat dari chip Snapdragon 865 yang sudah tersedia di pasaran.

Meskipun ponsel yang diotaki Qualcomm Snapdragon 888 belum dijual, namun kehadirannya membuat perusahaan smartphone berlomba-lomba untuk menggunakan chipset ini pada perangkatnya. Nah, berikut ini 5 smartphone yang akan ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon 888 dan akan beredar pada 2021 nanti:

Xiaomi Mi 11
Smartphone Xiaomi Mi 11 akan menjadi salah satu ponsel pertama yang ditenagai oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 888 dan hal ini telah terkonfirmasi. 

Klaim ini diberitakan langsung oleh pendiri Xiaomi yakni Lei Jun pada Snapdragon Tech Summit. Pengumuman ini tidak mengherankan karena Xiaomi Mi 10 juga merupakan salah satu ponsel pertama yang diumumkan dengan Snapdragon 865 pada awal tahun 2020 lalu.

Oppo Find X3 series
Produsen asal negeri Tiongkok lainnya yakni Oppo juga tidak ketinggalan untuk mengumumkan bahwa penerus seri Find X2 yakni seri Find X3 akan menjadi yang pertama pada platformnya untuk  menggunakan prosesor Snapdragon 888. 

Meskipun pihak Oppo belum mengungkapkan apa pun dari ponsel ini selain chipset, namun kehadiran ponsel ini digadang-gadang akan terjadi secara global pada awal Q1 2021 mendatang.

Baca juga:


Realme
Realme juga  mengumumkan bahwa ponsel yang akan dirilisnya pada awal tahun mendatang mungkin akan menjadi yang pertama juga dalam penggunaan  prosesor Snapdragon 888. 


Kemungkinan, ponsel barunya tersebut akan dirilis secara komersial sebagai Realme X60 Pro atau Realme Ace dengan sistem operasi Android 11 di awal 2021.

Nubia Red Magic 6
Nubia adalah salah satu produsen ponsel gaming pertama yang mengonfirmasi bahwa ponsel mereka akan ditenagai oleh prosesor Snapdragon 888. 

Mungkin kita akan disuguhkan ponsel dengan kemampuan GPU yang memiliki kinerja yang ciamik pada Snapdragon 888, sama seperti seri Nubia Red Magic sebelumnya.

OnePlus 9 Series
Sama seperti Nubia, OnePlus memang tidak dikomersilkan di Indonesia. Namun perusahaan ini juga mengonfirmasi bahwa seri OnePlus 9 miliknya akan menggunakan prosesor Snapdragon 888. 

OnePlus sendiri mengatakan bahwa peluncurannya akan dilakukan pada H1 2021.


Melihat potensi dari chipset ini, besar kemungkinan perusahaan lain juga akan tertarik menggunakan chipset ini pada 2021 mendatang. Sebut saja merek-merek besar seperti LG, ZTE, Asus, Sony, Vivo, iQoo, Motorola, dan Samsung akan tertarik menggunakan Snapdragon 888 sebagai otak dari ponsel mereka pada 2021 mendatang.

Seru nih guys, peta persaingan smartphone flagship di tahun depan. Mana yang lebih murah tapi bagus?

1 komentar

Coba Tes mengatakan...

Membuat foto yang bagus untuk feed Instagram bukanlah hal yang sulit. Tak perlu pakai peralatan fotografi profesional, cukup kamera smartphone saja sudah bisa punya foto-foto estetik yang mengundang like, komen, sampai mendongkrak follower.