Insta360 One R Action Camera yang Bisa Jadi Webcam

GoPro menarik perhatian pada awal tahun ini ketika membuat seri webcam Hero 8 Black dan kamera Hero 9 Black yang baru rilis Bulan September kemarin. Tapi ternyata, ada opsi yang lebih baik daripada yang merka tawarkan di luar sana.

Sebagai contoh, Insta360 baru-baru ini memperbarui firmware kamera aksi One R-nya. Dengan pembaruan ini, action cam tersebut sekarang dapat digunakan pula sebagai sebuah webcam.



Kelebihan dari perangkat Insta360 ini adalah Anda tidak perlu lagi mengintalasikan aplikasi perangkat lunak. Sedangkan untuk menggunakan GoPro sebagai webcam, Anda perlu meng-install perangkat lunak di Mac OS ataupun PC berbasis Windows Anda.

Ya, perangkat lunak ini bertindak sebagai jembatan peraantara kamera dan OS. Dan sejauh ini, fokus GoPro adalah untuk pengguna MacOS, yang berarti ada kelambatan fitur untuk pengguna Windows.



Nah, pada Insta360, semua dimasukkan ke dalam firmware. Tidak diperlukan perangkat lunak tambahan. Anda cukup mengalihkan mode USB One R ke "webcam" di menu pengaturannya dan kamera dikenali sebagai webam di laptop atau desktop Anda. 

Dan pengaturan ini, seharusnya ia sudah bisa langsung berfungsi dengan aplikasi video conferencing apa pun.

Pada perangkat ini, firmware standar Insta360 One R memiliki fitur pendeteksi otomatis. Ia bisa melacak wajah yang akan ia tampilkan. Hal ini sangat penting mengingat lensa yang dimiliki kamera punya sudut pandang yang sangat lebar.

Sudut pandang kamera ini tidak ideal untu kamera web, kecuali penggunanya ingin mengambil background seluruh ruangan yang ada di belakang penggunanya.



Baca juga:


Jika di tengah konferensi web ada orang lain yang memasuki bingkai secara tiba-tiba, Insta360 One R akan memperkecil frame dengan mulus agar kamera hanya fokus ke wajah pengguna sebenarnya.

Fitur ini belum ada di GoPro. Maksimal, yang bisa dilakukan oleh GoPro adalah memilih di antara tiga "lensa digital" dan belum memiliki fungsi pelacakan wajah.

Fitur terakhir Insta360 One R berkaitan dengan cara kamera beroperasi, relatif umum. Insta360 One R adalah kamera aksi modular, dengan modul sensor 4K, 360 derajat, dan 1 inci. Gunakan kamera 360 derajat dan umpan webcam menunjukkan layar terbagi dari kedua sisi pandangannya. Letakkan di tengah meja ruang meeting, maka semua orang akan berada di layar.



Namun tentu saja, semua perangkat memiliki kekurangannya masing-masing, Modul sensor 1 inci hebat dari One R belum mendukung fitur webcam. 

Dari sisi tangkapan kamera, kamera ini pun mungkin menjadi salah satu yang terbaik. Ia masih mampu untuk menangani ruangan dengan cahaya cukup rendah tanpa kehilangan detail.

Tidak ada komentar