Penjualan Harbolnas JD.ID 9.9 Great Sale Naik 200% Lebih

Musim Harbolnas alias hari belanja online nasional tahun 2020 ini sudah dimulai sejak 9.9 alias 9 September yang lalu. Sejumlah e-commerce tentu tak ingin ketinggalan untuk mempersembahkan penawaran yang paling menarik untuk para netizen yang akan melakukan belanja online. 

Salah satunya adalah JD.ID, sebuah e-commerce marketplace yang mengusung tagline #DijaminOri karena berani mengklaim bahwa mereka menjaga orisinalitas produk hingga sampai di tangan pelanggan.


Sebagai gambaran, rangkaian pesta diskon Harbolnas (Hari belanja online nasional) akan digelar setiap tanggal ganda yakni 9.9, 10.10, 11.11 dan akan mencapai puncaknya di 12.12. Dan pada 9.9 9reat Sale yang lalu, JD.ID menggelar pesta diskon mulai 9 sampai 11 September 2020 selama 24 jam non stop setiap harinya, lewat website ataupun aplikasi mobile.



Dalam ajang 9.9 9reat Sale kali ini, JD.ID menawarkan serangkaian program promo dan potongan harga (diskon) yang menarik pada 23 kategori utama. Di antaranya adalah:

  • Promo “#DijaminHepi Mulai Harga Rp9” atau promo “flash sale” pada segmen gaya hidup (lifestyle), hobi, kebutuhan rumah tangga, dan peralatan elektronik, mulai dari harga Rp9.
  • Promo “JD Golden Ticket Special 9.9 Smartphone Hanya Rp9,” sebuah program unggulan spesial dari JD.ID yang memberikan kesempatan kepada para pelanggan untuk mendapatkan sebuah produk smartphone hanya dengan membayar Rp9.
  • Promo “Gratis Ongkir 9x & Same Day Delivery” di mana mereka menyediakan voucher gratis ongkos kirim hingga Rp20.000 dan pengiriman pada hari yang sama (same-day delivery).
  • Promo “Kategori Super Deals 9.9” yang merupakan promo menarik pada 23 kategori yang tersedia di JD.ID.
  • Promo “JD Panen Voucher”, di mana JD.ID memberikan voucher belanja secara cuma-cuma kepada para pelanggan, yang berlaku di beberapa kategori di JD.ID, dengan minimum pembelanjaan. Pelanggan yang beruntung juga berkesempatan untuk mendapatkan grand prize dari JD.ID.
  • Promo “9.9 Brand 9reat Sale” atau promo spesial oleh brand-brand terbaik JD.ID kepada seluruh pelanggan, yang berlangsung pada tanggal 9-11 September 2020.

Lewat pergelaran 6 program promo andalan ini, JD.ID memperoleh hasil yang baik. Tercatat terjadi peningkatan pada jumlah penjualan hingga nilai penjualan pada beberapa kategori.


Seperti contoh, jika dibandingkan dengan pelaksanaan kampanye Double Date 9.9 pada tahun 2019, pada tahun ini (2020) JD.ID berhasil mencatat peningkatan jumlah penjualan lebih dari 200% pada kategori Gaming & Smart, Luxury, dan beberapa kategori tertentu lain-nya (jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2019).

Peningkatan jumlah penjualan selama pelaksanaan 9.9 9reat Sale pada platform JD.ID juga diiringi oleh kenaikan jumlah penjualan maupun nilai penjualan pada beberapa kategori lain. Seperti contoh, jika dibandingkan dengan pelaksanaan kampanye Double Date 9.9 pada tahun 2019, pada tahun ini (2020) JD.ID berhasil mencatat kenaikan jumlah penjualan pada kategori Otomotif dan Gaming & Smart lebih dari 100%.

Akibat penerapan aturan kerja dari rumah (work from home) oleh sebagian besar perkantoran selama masa pandemi COVID-19 di Indonesia, JD.ID berhasil mencatat kenaikan jumlah nilai penjualan pada kategori Laptop & Desktop lebih dari 100% (jika dibandingkan dengan pelaksanaan kampanye Double Date 9.9 pada tahun 2019).

Seiring muncul-nya gaya hidup alternatif baru di tengah situasi pandemi, seperti berolahraga, JD.ID juga berhasil mencatat kenaikan jumlah nilai penjualan pada kategori Olahraga lebih dari 200% (jika dibandingkan dengan pelaksanaan kampanye Double Date 9.9 pada tahun 2019).

Lebih lanjut, perubahan perilaku lain-nya juga ditandai dengan kenaikan jumlah nilai penjualan pada kategori Hobi dan Permainan Anak lebih dari 900%,  kenaikan jumlah nilai penjualan pada kategori Virtual lebih dari 200%, hingga kenaikan jumlah nilai penjualan pada kategori Kecantikan lebih dari 100% (jika dibandingkan dengan pelaksanaan kampanye Double Date 9.9 pada tahun 2019).

Baca juga:


Tidak hanya itu, JD.ID-pun berhasil mencatat kenaikan jumlah nilai penjualan kategori Barang Mewah atau Luxury lebih dari 5000% (jika dibandingkan dengan pelaksanaan kampanye Double Date 9.9 pada tahun 2019), pencapaian yang sangat fenomenal jika dibandingkan jumlah nilai penjualan kategori lain-nya.


JD.ID melihat bahwa kenaikan-kenaikan yang terjadi masih banyak dipengaruhi oleh perubahan perilaku masyarakat akibat berlangsung-nya pandemi COVID-19 di Indonesia.

Terkait perolehan hasil yang menggembirakan melalui pelaksanaan 9.9 9reat Sale, Marketing Chief JD.ID, Mia Fawzia mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelanggan setia JD.ID di Indonesia.


“Kami ucapkan terima kasih atas antusiasme dan dukungan seluruh Sahabat JD dalam pelaksanaan JD.ID 9.9 9reat Sale. Atas partisipasi teman-teman semua, JD.ID berhasil mencatatkan begitu banyak peningkatan, hanya dalam kurun waktu 3 hari saja. Dengan pencapaian ini, kami tidak akan cepat puas diri, JD.ID akan terus berusaha sebaik-baiknya untuk mengemban visi utama-nya untuk membawa kebahagiaan kepada seluruh pelanggan saat berbelanja di JD.ID," sebut Mia.

Ke depan, Mia menambahkan, pihaknya optimis untuk menyelenggarakan rangkaian pesta diskon meriah, hingga puncak-nya pada Harbolnas tanggal 12 Desember mendatang. Untuk itu, JD.ID akan hadir dengan banyak kejutan.

Tidak ada komentar