Bahayanya Menggunakan Gadget. Cahaya Biru Merusak Mata!


Bahaya mengintai di mana saja, termasuk pada hal yang familiar dan bahkan berada dalam genggaman kita. Ya benar, smartphone atau gadget Anda yang lain dapat berbahaya bagi kesehatan jika digunakan tidak bijak. Salah satu bahaya dari penggunaan gadget ini adalah cahaya biru. 




Tahukah Anda bahwa cahaya biru hampir tidak terlihat? Pada spektrum warna, cahaya biru adalah salah satu bentuk dari sinar ultraviolet. Cahaya biru datang dengan panjang gelombang terpendek. Terdapat beberapa bahaya yang disebabkan oleh cahaya biru ini, salah satunya adalah membahayakan mata kita. 

Selain itu cahaya biru yang dihasilkan dari paparan sinar matahari dapat membakar kulit dan menyebabkan kanker kulit atau melanoma. Sinar ini berenergi tinggi dan gelombang pendek pada sinar ini dengan mudah mencerai-beraikan molekul air dan udara di atmosfer.


Kita hidup di dunia digital dan waktu kita berada di depan layar gadget menjadi sebuah kebiasaan bahkan menjadi kebutuhan dalam kehidupan kita sehari-hari. Penggunaan gadget digital dalam waktu lama, termasuk smartphone, tablet, dan komputer, meningkatkan resiko terpapar cahaya biru yang berbahaya ini lebih banyak.



Ini menyebabkan kita sulit tidur, sakit kepala, penglihatan kabur, ketegangan mata, dan banyak lagi. 

Sangat penting untuk mengetahui bahwa cahaya biru ada di mana-mana. Sebenarnya mata kita dapat memfilter cahaya tersebut secara alami. Struktur anterior mata manusia mengandung lensa dan kornea dan kedua organ ini sangat efektif menghalangi sinar UV yang akan masuk ke retina yang peka terhadap cahaya di bagian belakang bola mata. 

Retina hanya mendapat satu persen radiasi UV. Hal ini disebabkan oleh kornea yang memblokir cahaya UV yang masuk. Untuk lebih optimal anda disarankan untuk menggunakan kacamata hitam karena kacamata ini dapat memblokir hampir 100% sinar UV.

Jika kita mendapatkan sinar ini secara berlebihan maka kornea kita dapat terbakar dan menyebabkan beberapa penyakit mata bahkan kebutaan.




Jika cahaya biru dapat menembus lapisan dalam bagian belakang mata yaitu retina. Cahaya ini akan merusak sel-sel peka cahaya di retina. Kondisi ini selanjutnya menyebabkan hilangnya penglihatan permanen, dan ini dikenal sebagai degenerasi makula.

Dewasa ini, sebagian besar cahaya biru masuk ke mata manusia melalui perangkat digital seperti  smartphone, layar komputer, dan gadget lainnya. Hal ini menempatkan pengguna perangkat digital pada risiko degenerasi makula di kemudian hari.

Sifat dari cahaya biru ini adalah berenergi tinggi dan bergelombang pendek, cahaya ini jadi mudah tersebar dan menyebabkan gangguan visual pada mata. Gelombang dari sinar ini mengurangi kontras pada mata dan penyebab ketegangan mata. Pencahayaan yang buruk, mata kering, dan kelelahan, serta gaya duduk Anda saat bermain gadget dapat membuat mata anda menjadi lebih rentan.




Jika paparan cahaya biru tidak dapat dihindari atau Anda tidak dapat meninggalkan penggunaan Gadget, maka Anda harus mengikuti langkah-langkah ini.
  1. Kurangi jam terbang Anda dan tambah waktu istirahat penggunaan gadget.
  2. Gunakan filter layar untuk layar komputer, tablet, ataupun Smartphone Anda dengan Blue Light Filter.
  3. Gunakan kacamata anti UV, untuk menghalangi cahaya biru dan meningkatkan kontras.
  4. Gunakan lensa anti-reflektif yang meningkatkan kontras dan mengurangi silau.
Paparan sinar biru yang terus menerus dapat menyebabkan beberapa bahaya bagi kesehatan Anda tidak hanya mata sebenarnya. Tetapi juga dapat merusak otak dan juga fisik. Sebagian besar orang menghadapi masalah sleep apnea atau gangguan tidur lainnya akibat paparan cahaya biru. 

Cahaya biru dari gadget menyebabkan kelelahan di siang hari dan mengganggu ritme tidur alami kita. Untuk itu mari kita gunakan gadget kita dengan bijak sehingga tidak berdampak negative terutama kesehatan kita sendiri.

Tidak ada komentar