Tokopedia Care Jelaskan Cara Aman Belanja Online

Sejumlah informasi penting sempat diretas oleh hacker dari database Tokopedia. Data pribadi pengguna seperti nama akun, alamat e-mail hingga nomor telepon berhasil direbut sehingga berpotensi untuk disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Untuk mencegah kejadian serupa terulang kembali dan demi mengamankan transaksi, Tokopedia Care jelaskan cara aman belanja online di salah satu situs e-commerce terpopuler di Indonesia tersebut.

Hal yang pertama dan paling mendasar, para pengguna dihimbau agar mengganti password untuk menjaga keamanan. Caranya,  klik tab " Akun" yang terletak di pojok kanan bawah aplikasi dan klik ikon "Pengaturan". Lalu, pilih menu "Akun" dan klik menu " Kata Sandi". Setelah itu, masukkan kata sandi lama dan baru di kolom yang tersedia dan klik tombol "Simpan".


Untuk keamanan tambahan, pengguna disarankan untuk menambahkan enam digit PIN Tokopedia dengan mengklik menu "PIN Tokopedia" di tampilan "Atur Akun" tadi. PIN akan diminta ketika akun Tokopedia Anda digunakan untuk bertransaksi.




Selain itu, pengguna juga bisa menghapus rekening bank yang sudah didaftarkan sebelumnya di Tokopedia dengan mengklik "Akun Bank" di menu utama "Atur Akun". Di tampilan akun bank, pilih nomor rekening yang terdaftar dan klik tombol "Hapus".

Jika dirasa kurang, Anda bisa menggunakan fitur keamanan ekstra lainnya, yakni verifikasi dua langkah (two-factor authentication/2FA). Ketika aktif, fitur ini mengharuskan pengguna memasukkan enam digit kode yang dihasilkan secara acak dan berkala dari sistem.

Disamping itu, pengguna pun perlu memasang aplikasi Google Authenticator terlebih dahulu sebelum menggunakan fitur tersebut. Aplikasi Google Authenticator bisa diunduh di Android dan iOS.


Baca Juga:
Cara menggunakannya, pilih tab "Google Authenticator" dan klik tombol "Aktifkan Google Authenticator" yang bisa ditemui ketika Anda menggulir (scroll) layar ke bawah. Beberapa saat kemudian, Anda bakal disodori tampilan yang memampang sebuah kode QR dan 16 digit kode aktivasi, berikut kolom untuk memasukkan enam digit kode otentikasi.

Untuk mengetahui kodenya, buka aplikasi Google Authenticator yang telah dipasang dan pindai kode QR tersebut. Anda juga bisa memasukkan deretan kode aktivasi tadi jika kamera gagal memindai kode.

Setelah Google Authenticator berhasil memindai kode, klik tombol "Add Account" dan masukkan enam digit kode yang dihasilkan di kolom "Kode Autentikasi" pada halaman Tokopedia. Terakhir, klik tombol "Verifikasi".


Selain itu, demi keamanan rekening, Anda bisa menghapus alat pembayaran yang sudah terdaftar di akun baik kartu kredit dan kartu debit, untuk mencegah adanya transaksi yang tidak diinginkan.

Lalu terakhir, untuk mengalihkan serta menghapus metode-metode pembayaran ini, buka opsi "Pembayaran" pada menu "Pengaturan", lalu pilih metode pembayaran yang Anda biasa gunakan, misalnya Ovo. Kemudian, kunjungi halaman "Pengaturan Akun" dengan meng-klik ikon "gerigi". Lalu, klik tombol "Stop Hubungkan Akun".

Tidak ada komentar