Beberapa Fitur dan Pembaruan dari Bootstrap 5 Alpha

Bootstrap merupakan salah satu framework front-end yang popular untuk merancang halaman suatu website. Kabar terbaru, saat ini Bootstrap 5 telah telah mencapai versi alpha. Dan yang paling menonjol dari Bootstrap 5 ini adalah tidak adanya dependensi terhadap jQuery dan penghentian dukungan terhadap Internet Explorer.

Bootstrap 5 alpha sendiri telah dirilis secara resmi pada tanggal 16 Juni 2020 setelah beberapa bulan mengalami pengembangan.


Seperti diketahui, Bootstrap 4 versi stabil yaitu versi 4.4.1 yang memiliki fitur seperti cards, flexbox, integrasi Sass dan plugin yang dibuat oleh jQuery sudah tersedia. Bootstrap 4 memiliki banyak perkembangan semenjak dirilis pada tanggal 19 Agustus 2015, dan untuk saat ini Bootstrap 5 hadir untuk memperbaharui dari versi sebelumnya.


Sejak versi 4.5.0 dirilis, tampilan dokumentasi Bootstrap mengalami pembaharuan. Pembaharuan tersebut bertujuan untuk lebih mudah membaca dokumentasi yang tersedia.



Beberapa perubahan besar pada Bootstrap 5 ini akan menghapus jQuery sama sekali, menambahkan ikon kustom yang didukung oleh SVG, beberapa penyederhanaan CSS dan Javascript, serta menghentikan dukungan untuk Internet Explorer 10 dan 11. 

jQuery merupakan library yang bisa dibilang klasik di zaman ini, karena untuk dukungan browser saat ini menggunakan fitur-fitur JavaScript terbaru. Dengan alasan tersebut, Bootstrap bisa melepas jQuery sebagai dependensi utama.



Baca Juga:

Framework JavaScript seperti Angular, Vue, dan React telah mendominasi dan banyak digunakan oleh para developer web saat ini dan jQuery telah hilang popularitasnya. Pasalnya, sebagian besar framework saat ini memproses DOM secara virtual dan tidak lagi memproses DOM secara langsung karena terkait alasan performa.
Implementasi beberapa field pun kini telah mengalami perombakan seperti checkbox, radio, switch, file, dan lain-lain. Meskipun banyak yang berubah, tapi jika sudah pernah menggunakan Bootstrap sebelumnya, Anda sudah tidak memerlukan waktu lama untuk beradaptasi.



Sayangnya, belum ada tanggal resmi kapan versi stabil Bootstrap 5 akan dirilis, namun kemungkinan paling cepat akhir 2020 atau mungkin 2021 baru akan mencapai versi stabil.

Dengan semua pembaharuan yang ada pada Bootstrap 5 ini, terlihat bahwa tim Bootstrap telah membuat langkah besar. Khususnya untuk membuat framework menjadi ringan, sederhana, bermanfaat dan lebih cepat untuk developer.

Tidak ada komentar