SpaceX Siap Terbangkan Astronot NASA ke ISS

Persiapan NASA dan SpaceX dalam misi Crew Dragon tampaknya hampir rampung. Pesawat antariksa SpaceX Crew Dragon kabarnya akan segera memenerbangkan awak NASA ke International Space Station untuk pertama kalinya.

Dalam misi SpaceX yang dikenal dengan kode Demo-2 ini, astronot veteran NASA Bob Behnken dan Doug Hurley akan meluncurkan roket Falcon 9 dari NASA Kennedy Space Center di Florida pada 27 Mei mendatang.


Peluncuran bersejarah ini akan menjadi peluncuran kru pertama dari Amerika Serikat sejak program pesawat NASA yang berakhir pada 2011. Namun, menurut direktur divisi penerbangan komersial luar angkasa NASA Phil McAlister, masih ada hal yang perlu dilakukan.

McAlister tidak merinci apakah pengujian akhir ini adalah pelatihan simulasi tambahan dengan para astronot atau pengujian dengan kendaraan itu sendiri.

Menurut informasi, salah satu rintangan terbesar yang belum diatasi untuk misi ini adalah tinjauan terakhir tentang kesiapan penerbangan (FRR), yang dijadwalkan pada 21 Mei mendatang.




Karena diluncurkan di tengah pandemi virus Corona, NASA telah melakukukan langkah pengamanan ekstra untuk kedua astronaut dan kru operasional yang bertugas. Publik juga diminta untuk tidak berkumpul dan menonton peluncuran roket di area sekitar Kennedy Space Center.

Selain itu, tim NASA dan SpaceX juga memperhatikan kesehatan tim di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Keduanya melakukan tindakan pencegahan dengan mengarantina para astronot. Mereka memastikan hanya personel yang berada di bawah protokol-protokol karantina saja yang akan berinteraksi dengan awak pesawat.


Baca Juga:

Misi ini juga tidak hanya bersejarah untuk NASA, tapi bersejarah pula untuk SpaceX. Perusahaan besutan Elon Musk ini untuk pertama kalinya akan meluncurkan astronot ke luar angkasa. SpaceX dan Musk memang telah lama bermimpi untuk menerbangkan manusia ke luar angkasa.


Meski begitu, sejak berdiri pada 2002, selama ini mereka baru berhasil meluncurkan wahana antariksa, satelit atau kargo.

Informasi terakhir, kabarnya NASA juga telah memilih personil astronot lain yang akan diterbangkan dalam misi setelah Demo-2 berhasil. Mereka adalah astronaut NASA Michael Hopkins, Victor Glover Jr., Shannon Walker dan astronaut Japanese Aerospace Exploration Agency (JAXA) Soichi Noguchi.

Tidak ada komentar