Microsoft Siapkan Konsol Game Baru Xbox Series X

Microsoft mengungkapkan konsol game barunya yakni Xbox Series X yang bentuknya serupa dengan wujud PC ringkas. Ia diresmikan di ajang Games Awards 2019 yang merupakan salah satu ajang paling bergengsi dalam industri game.

Xbox Series X memiliki desain yang sangat unik. Berbeda dengan Xbox One yang lebih horizontal selayaknya DVD player, Xbox Series X lebih seperti kotak persegi. Body-nya dibalut dengan warna hitam, diposisikan vertikal, terdapat logo Xbox serta memiliki fitur seperti port USB yang digunakan untuk mengisi daya Xbox Wireless Controller. Selain itu ada beberapa tombol lain pada perangkatnya.


Konsol game tersebut juga mendukung orientasi vertikal dan horizontal. Kali ini ia dilengkapi dengan tombol Share baru untuk membuat tangkapan layar dan klip game sederhana dan d-pad hibrida yang terinspirasi oleh Xbox Elite Wireless Controller Series 2. Tak hanya itu, pengendali nirkabel Xbox akan kompatibel dengan Xbox One dan Windows 10 PC.



Xbox Series X akan menjadi konsol yang tercepat dan paling kuat yang pernah ada dan membuat standar baru untuk kinerja, kecepatan dan kompatibilitas. Pasalnya, ribuan game dari tiga generasi konsol sebelumnya juga dapat dimainkan di sini.


Microsoft juga kini menghadirkan visual yang luar biasa. Dari segi visual, resolusi 4K pada 60fps didukung dengan kemungkinan bisa mencapai hingga 120fps, termasuk dukungan untuk Variable Refresh Rate (VRR) serta kemampuan 8K.

Baca juga:

Didukung oleh prosesor yang dirancang khusus dengan arsitekur Zen 2 dan RDNA milik AMD, Xbox Series X akan memberikan hardware tracing ray tracing dan tingkat kinerja grafis yang baru.


Selain itu, teknologi Variable Rate Shading (VRS) yang dipatenkan, yang akan memungkinkan para pengembang untuk mendapatkan lebih banyak potensi dari GPU Xbox Seri X. Adapun penggunaan SSD akan meminimalisir waktu loading dan membuat pemain bisa langsung menuju ke game mereka lebih cepat daripada sebelumnya.

Tak hany itu,  teknologi seperti Auto Low Latency Mode (ALLM) dan memberi pengembang fungsi baru seperti Dynamic Latency Input (DLI) untuk menjadikan Xbox Series X konsol yang paling responsif. Xbox Series X juga dirancang untuk masa depan di cloud, dengan kemampuan unik yang dibangun ke dalam perangkat keras dan perangkat lunak untuk membuatnya semudah mungkin untuk membawa game hebat ke konsol dan di tempat lain.

Tidak ada komentar