Asisten Digital Cortana Segera Menghilang dari Android dan iOS

Dalam waktu dekat, Microsoft akan menghapus fitur Digital Cortana yang disediakan di sistem operasi Android. Rencana tersebut dipublikasikan melalui akun resmi Microsoft Cortana Support. Tak hanya di Android, kabarnya software asisten digital itu akan ditiadakan pula dari platform iOS.

Layanan Cortana untuk Android dan iOS sendiri rencananya akan dihentikan mulai tanggal 31 Januari 2020. Alasannya, diungkapkan oleh Microsoft selaku pembuat Cortana, untuk membuat Cortana lebih bermanfaat, Microsoft akan mengintegrasikan Cortana ke dalam Microsoft 365. Dan bagian dari perubahan ini adalah menghentikan dukungan untuk aplikasi Cortana di Android dan iOS.


Cortana untuk Android dan iOS sendiri akan di-nonaktifkan di sejumlah negara, termasuk Inggris, Kanada, dan Australia. Kabarnya, pengguna dari wilayah Jerman, Meksiko, China, dan Spanyol akan turut terkena dampak. Kendati demikian masih belum jelas bagaimana dengan nasib Cortana di perangkat Android dan iOS yang ada di wilayah lain, seperti Amerika Serikat.



Meski belum dapat dipastikan pula apakah Cortana juga akan turut dimatikan secara sepenuhnya di Android dan iOS atau tetap dapat digunakan setelah tanggal 31 Januari 2020 mendatang, Cortana akan turut menghilang dari Android Launcher milik Microsoft setelah akhir Januari tahun depan. Khususnya di negara-negara yang tersebut di atas.


Sebagai informasi, Microsoft pertama kali memperkenalkan Cortana untuk iOS dan Android pada 2015 lalu untuk menghubungkan PC Windows 10 dengan smartphone. Sayangnya, meski melakukan sejumlah perubahan, Cortana tetap tidak dapat bersaing dengan asisten digital pesaingnya, seperti Alexa atau Google Assistant.




Baca juga:



Di sisi lain, beberapa waktu lalu, Microsoft menyalurkan update Windows 10 versi KB4512941. Perbaharuan yang memperbarui OS Build menjadi 18362.329 ini memperbaiki sejumlah masalah, namun sekaligus membawa masalah baru.

Sejumlah pengguna Windows 10 melaporkan penggunaan sumber daya komputer mengalami peningkatan setelah memasang update itu, khususnya oleh asisten digital Cortana.


Proses SearchUI.exe yang digunakan oleh Cortana bisa memakan sumber daya CPU hingga 40 persen, berikut memori di kisaran 100MB hingga 200MB. Dampaknya, kinerja komputer pun bisa berkurang dan baterai cepat habis.

Tidak ada komentar