Oppo Hadirkan Charger Fast Charging untuk Mobil

Inovasi tentu tak boleh berhenti. Termasuk untuk urusan isi-mengisi baterai. Setelah menghadirkan pengisian ulang cepat di perangkat smartphone, Oppo memperluas jangkauan teknologi Super VOOC. Kali ini, teknologi pengisian ulang super cepat andalan milik produsen asal negeri Tiongkok tersebut dihadirkan di car charger alias charger mobil.

Saat ini Super VOOC car charger sudah mulai beredar di India. Perangkat car charger tersebut hadir dengan tekstur carbon fiber dan memiliki warna hitam dengan finishing glossy. Di dalamnya terdapat micro chip pintar yang berfungsi untuk mengatur daya yang masuk, menstabilkan tegangan, dan mengendalikan suhu saat pengisian baterai.


Yang menarik, tidak berbeda dengan charger Super VOOC yang tersedia pada paket pembelian smartphone Oppo, car charger tersebut sanggup menghasilkan daya hampir 50 watt. Dengan demikian, jika dihubungkan dengan smartphone R17 Pro atau Find X Automobili Lamborghini edition, kemampuan pengisian ulang baterainya akan maksimal.

Inovasi ini merupakan lanjutan dari teknologi Super VOOC yang sama yang dihadirkan pada perangkat powerbank di November tahun 2018 lalu. Sebagai informasi, powerbank Oppo tersebut dihadirkan khusus dengan tema salah satu karakter populer di game Pokemon, yakni Pikachu.

Baca juga:

Powerbank tersebut memang hanya berkapasitas 10.000mAh. Namun Oppo melengkapinya dengan input berupa USB Type-C dan output berupa USB 3.0. Saat diluncurkan di kampung halamannya, vendor tersebut membanderolnya di harga 199 yuan atau sekitar Rp426 ribuan.

Seperti diketahui, Super VOOC menjadi salah satu teknologi fast charging tercepat yang ada saat ini. Teknologi tersebut mampu memasok daya 50W (10V 5A), memungkinkan pengisian daya perangkat yang mendukung hingga 40% hanya dalam 10 menit saja.

Akan tetapi, kemampuan Super VOOC tidak hanya terbatas pada kemampuan mengisi baterai dengan cepat. Yang sangat menarik, teknologi tersebut diklaim mampu menjaga suhu perangkat agar tetap dingin dan aman, bahkan saat diisi ulang sekalipun.


Hal tersebut dimungkinkan karena Super VOOC menggunakan tegangan rendah 5V dengan algoritma pulse-charge. Teknologi ini secara dinamis mengatur arus untuk mengisi baterai perangkat dalam waktu sesingkat mungkin. Algoritma pulse-charge sendiri merupakan kesatuan yang tidak dapat dipisahkan mulai dari baterai yang sudah dikustomisasi, adaptor baru, kabel dan konektor.

Tidak ada komentar